HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Pemantauan Pertumbuhan Menurut Ahli Gizi

Pemantauan Pertumbuhan Pengertian Pemantauan Pertumbuhan Menurut Ahli Gizi

Pemantauan Pertumbuhan

Pemantauan Pertumbuhan ~ Ketika pada usia tertentu tentu seorang ibu akan membawa bayinya untuk mengunjungi tempat pelayanan kesehatan dengan tujuan penimbangan berat badan untuk bayinya. Hal tersebut memang biasa dilakukan oleh sebagian ibu sebagai pemantauan pertumbuhan.

Berbicara masalah pemantauan pertumbuhan, tahukah anda apa maksud dari dua kata tersebut ? Yah banyak ternyata dari kita semua belum mengetahui dengan jelas apa sebenarnya pemantauan pertumbuhan itu. Ada pula yang menganggap bahwa pemantauan pertumbuhan hanya sekedar penimbangan badan.

Pemantauan pertumbuhan merupakan suatu kegiatan yang dilaksankan dengan rutin berupa aktivitas penimbangan berat badan. Berat badan yang telah ada tadi dibuat sebuah titik kedalam KMS sehingga dapat dihubungkan dengan garis pertumbuhan anak. Tujuan dari kegiatan tersebut tidak lain ilah untuk mengetahui sejak dini prtumbuhan yang dialami oleh anak normal atau tidak.

Dari identifikasi pemantauan pertumbuhan akan dilakukan berbagai upaya untuk menindaklanjuti jika terdapat beberapa kedala yang menyebabkan pertumbuhan anak terhambat.

Pertumbuhan yang ada tentu saja juga dipengaruhi oleh gizi yang ada. Dengan kata lain jika asupan gizi yang dikonsumsi sempurna maka kondisi serta pertumbuhan akan mengalami proses yang optimal. Sebaliknya bayi yang mengalami pertumbuhan yang tidak sesuai jelas saja gizi yang ada pada tubuhnya dapat dinyatakan kurang.

Pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak sangatlah diperlukan. Maka, pada pembahasan ini akan dibahas mengenai cara penilaian status gizi anak. Selain itu, juga akan dibahas mengenai penjelasan dan klasifikasi gizi buruk serta bagaimana penatalaksanaan pada kasus gizi buruk.

Sebagai upaya untuk penceghan gizi buruk sudah sejak dini digalakkan berbagai upaya yang dapat meminimalisir terjadinya gizi buruk. Salah satu upaya tersebut ialah dengan pemantauan pertumbuhan. Dengan KMS pertumbuhan balita akan dapat terpantau dengan optimal.

Demikian artikel yang berjudul Pengertian Pemantauan Pertumbuhan Menurut Ahli Gizi. Semoga artikel yang kami sajikan mampu memberikan wawasan yang luas untuk Anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply