HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pendekatan Perhitungan Pendapatan Nasional (National Income/NI)

National Income (NI)  Pendekatan Perhitungan Pendapatan Nasional (National Income/NI)

National Income (NI)

National Income (NI)  ~ NNP pada harga pasar dikurangi pajak tidak langsung neto (pajak tidak langsung dikurangi subsidi). (Lihat juga NNP, GNP dan GDP) .Pendapatan Nasional adalah pendapatan yang diterima oleh suatu negara selama satu tahun yang diukur dengan nilai uang.

Ada tiga pendekatan yang dilakukan pada pendapatan nasionl. Adapun pendekatan yang dilakukan meliputi

  1. Production Approach
  2. Expenditure Approach
  3. Income Approach

Dalam pendekatan Production Approach dibahas mnegenai nilai barang dan jasa yang diproduksi disuatu negara dan biasanya formula yang dipakai meliputi:

Y = ?P.Q

Keterangan :

Y : Pendapatan Nasional (GDP)

Q:Jumlah barang

P: Harga barang

Selain itu pada pendekatan Jumlah pengeluaran secaranasional untuk membeli barang dan jasa yang di dihasilkan dalam satu tahun dengan cara menjumlahkan Pengeluaran RTK,RTP, RTG, RTLN. Pada pendekatan tersebut menggunakan formula :

Y = C + I + G + (X – M)

Keterangan :

Y : Pendapatan Nasional (GNP)

C :Pengeluaran RTK/konsumsi

I : Pengeluaran RTP/investasi

G :Gouverment Expenditure

X :Ekspor

M :Import

Perhitungannya disebut Gross National Product (GNP).

Dalam pendapatan nasional juga dikenal pula beberapa konsep yang menjadi dasar penerapan serta perhitungan pendapatan nasional.

Salah satunya ialah Produk Domestik Bruto (GDP) dalam konsep ini lebih menekankan pada jumlah produk yang ada dalam barang dan jasa yang dihasilkan oleh unit-unit  dalam suatu wilayah negara selama satu periode. Dalam perhitungan yang ada pada GDP juga mementingkan hasil produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan tertentu.

Selain itu juga ada Produk Nasional Bruto (GNP) dalam perhitungan pendapatan nasional ini juga lebih menekankan pada modal serta depresiasi. Replacement penggantian barang modal/penyusutan bagi peralatan produski yang dipakai dalam proses produksi umumnya bersifat taksiran sehingga mungkin saja kurang tepat dan dapat menimbulkan kesalahan meskipun relatif kecil.

Sedangkan kosep dari Pendapatan yang siap dibelanjakan (DI) merupakan suatu pendapatan yang telah disiapkan serta dimanfaatkan untuk membeli barang dan jasa sebagai alat untuk investasi.

Demikian artikel yang berjudul Pendekatan Perhitungan Pendapatan Nasional (National Income/NI). Semoga artikel ini daat bermanfaat untu Anda

Leave a Reply

×
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?