HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengembangan Aspek Program Pendidikan Sekolah Bertaraf Internasional

Aspek-aspek yang harus dikembangkan dalam Sekolah Bertaraf Internasional antara lain :

1) Standar Kompetensi Lulusan di Sekolah Bertaraf Internasional

Pengembangan dapat dilakukan dengan cara antaran lain: menambah jumlah Standar Kompetensi Lulusan dari yang telah ada dalam Permendiknas Nomor 23 tahun 2005, mengembangkan SKL yang telah ada dan mengadopsi SKL dari luar negeri.

2)  Standar Isi (Kurikulum)di Sekolah Bertaraf Internasional

Kurikulum dikembangkan dengan mengadopsi dan mengadaptasi dari kurikulum sekolah-sekolah negara maju, sehingga dihasilkan kurikulum berlaku di sekolah yang bersangkutan sebagai RSBI.

3)  Standar Proses (Proses Belajar Mengajar)

Sebagai Rintisan SBI, ciri utama PBM adalah menggunakan media komunikasi pembelajaran bilingual untuk mata pelajaran tertentu dan penguasaan ICT. Untuk pengembangannya diperkaya dengan model proses pembelajaran sekolah unggul dari negara tertentu yang mempunyai keunggulan di bidang pendidikan.

4)  Tenaga Pendidik dan Kependidikan

Kepala sekolah, guru dan karyawan diharuskan berkomunikasi dalam bahasa asing (Bahasa Inggris). Strategi yang dapat ditempuh untuk mencapai kondisi itu antara lain melalui studi lanjut, kursus dan pelatihan dan magang di sekolah.

5)  Fasilitas Pendidikan di Sekolah Bertaraf Internasional

Fasilitas pokok yang harus dimiliki SBI diatur dalam PP No 19 Tahun 2005 Bab VII pasal 42 tentang standar sarana dan prasarana. Sedangkan standar yang perlu dicapai yaitu bahwa sekolah harus memiliki ruang kelas yang memadai 24 siswa per kelas, dilengkapi dengan perangkat ICT, perpustakaan yang memadai, laboratoriun IPA dan bahasa, ruang komputer, kantin, auditorium, sport activities, pusat belajar dan riset guru, penunjang administrasi sekolah, unit kesehatan dan toilet.

6)  Pembiayaan

Pembiayaan SBI harus dijamin sekurang-kurangnya terdiri atas biaya investasi, biaya operasional, dan biaya personal. pembiayaan tersebut didasarkan pada Standar pemnbiayaan dalam IKKM. Selain itu, berdasarkan juga pada pencapaian IKKT, yaitu menerapkan model pembiayaan yang efisien untuk mencapai target IKKT tersebut.

7)  Pengelolaan

Mutu pengelolaan dijamin dengan pengelolaan yang menerapkan manajemen berbasis sekolah. Keberhasilan tersebut ditandai dengan pencapain IKKM, yaitu Standar Pembiayaan.untuk pengembangannta tettu saja pencapaian IKKT.

8)  Penilaian Sekolah Bertaraf Internasional

Penilain dilakukan untuk mengendalikan mutu pendidikan sebagai bentuk akuntabilitas kinerja pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan. untuk pengembangan standar penilaian dilakukan dengan memperkaya penilaian kinerja pendidikan dengan model penilaian sekolah unggul negara- negara maju.

Artikel terkait yang bertemakan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional ~ RSBI sebagai berikut:

Incoming search terms:

Leave a Reply