HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Dana Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional

Pembiayaan program R-SMA BI masih menekankan pada subsidi dari pemerintah, baik pusat maupun daerah, dengan penerapan system block grant. Oleh karena itu penyelenggaraan program R-SMA BI harus menyiapkan komponen-komponen berikut:

  1. Profil sekolah secara lengkap, akurat, dan faktual, serta mutakhir.
  2. Rencana stratejik Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) atau School ?Development and Investment Plant (SDIP) yang terukur pencapaian ?indikatornya.
  3. Rencana tahunan (action plan) yang sudah signifikan jelas tahapan-tahapan ?pencapaian targetnya.
  4. Sistem manajemen administrasi dan keuangan sudah menerapkan asas ?akuntabel, berbasis kinerja, dan transparan.
  5. Pola pemantauan, pengawasan, dan pelaporan menggunakan mekanisme yang efisien, efektif, dan ekonomis (Panduan Penyelanggaraan Program Rintisan SMA Bertaraf Internasional (R-SMA BI), 2009)

Berdasarkan hal di atas, maka biaya dapat diperoleh dengan sistem block grant yang relevan dengan rencana kinerja tahunan yang sudah disusun oleh sekolah pelaksana program R-SMA BI. Komponen biaya dapat dialokasikan sebagai berikut:

  1. Biaya dari pemerintah pusat digunakan untuk pembenahan dan inovasi proses dan perangkat pembelajaran, peningkatan mutu SDM, manajemen sarana penunjang Proses Belajar Mengajar (PBM), maupun untuk biaya subsidi para peserta didik yang kurang mampu.
  2. Biaya dari pemerintah provinsi digunakan untuk biaya investasi pengadaan dan perawatan sarana, prasarana, dan fasilitas pendukung pembelajaran, kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan, peningkatan kualifikasi guru ke S2/S3.
  3. Biaya pemerintah kabupaten atau kota digunakan untuk biaya perawatan sarana dan prasarana dan pemenuhan penjamin mutu.
  4. Biaya dari masyarakat (orang tua murid/komite) digunakan untuk biaya operasional sekolah seperti untuk honorarium, transportasi, alat tulis kantor, kegiatan kesiswaan, kultur sekolah, perawatan sarana dan prasarana, sarana kegiatan penunjang PBM; peningkatan kualifikasi dan kualitas para guru dan tenaga penunjang.
  5. Biaya dari instansi terkait atau sumber lain untuk peningkatan mutu SDM, pembenahan PBM, investasi, dan pembenahan lingkungan sekolah (Panduan Penyelanggaraan Program Rintisan SMA Bertaraf Internasional)

Artikel terkait yang bertemakan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional ~ RSBI sebagai berikut:

Leave a Reply