HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengembangan Alat Ukur Kepuasan Website UNS Berdasarkan Persepsi Pengguna Internal

ABSTRAK

Hingga saat ini Universitas Sebelas Maret terus berupaya mengembangkan websitenya menjadi lebih baik. Selama ini telah dilakukan empat kali pergantian desain website tetapi pergantian desain website tersebut tidak melalui proses evaluasi yang melibatkan pengguna. Salah satu kesulitan evaluasi yang melibatkan pengguna adalah belum adanya alat yang secara khusus dapat mengukur kepuasan pengguna website. Penelitian ini bertujuan menghasilkan alat ukur kepuasan pengguna website Universitas Sebelas Maret dengan melibatkan pengguna internalnya. Penelitian ini terdiri dari lima tahap. Tahap pertama adalah penelusuran atribut awal dengan studi pustaka bertujuan untuk mendapatkan daftar atribut awal. Tahap kedua adalah identifikasi atribut bertujuan untuk mendapatkan tambahan atribut baru menurut reponden. Tahap ketiga adalah analisis asosiasi bertujuan untuk mendapatkan atribut mana saja yang menurut responden sama penting dengan melakukan uji Cochran sebanyak 15 iterasi menghasilkan 18 atribut. Tahap keempat adalah analisis faktor bertujuan untuk mendapatkan faktor baru dengan metode ekstraksi Pricipal Component Analysis (PCA) dan rotasi Varimax menghasilkan 4 faktor. Keempat faktor tersebut mampu menjelaskan 57,140% variansi data. Tahap kelima adalah ujicoba alat ukur bertujuan untuk mendapatkan skala performance, nilai validitas dan reliabilitas alat ukur kemudian dilanjutkan dengan nilai performance website Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini menghasilkan alat ukur yang tersusun atas 4 dimensi dan 17 atribut. Keempat dimensi tersebut adalah: dimensi Ketersediaan Tautan, Aplikasi, Informasi, dan Tampilan terdiri dari 5 atribut, dimensi Capabilities, Kenyamanan, Ketepatan, dan Fleksibilitas terdiri dari 5 atribut, dimensi Feature dan Penanganan Masalah terdiri dari 3 atribut, dimensi Kesederhanaan, Kemudahan, dan Konsistensi terdiri dari 4 atribut. Alat ukur telah diujicobakan dengan melibatkan 60 responden menunjukkan nilai reliabilitas rerata sebesar 0,70 dan keseluruhan sebesar 0,83. Nilai performance website Universitas Sebelas Maret menunjukkan skor sebesar 3,20 dan termasuk dalam level (buruk).

Kata kunci: Kepuasan, Website Universitas Sebelas Maret, Uji Cochran, PCA, Performance

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Website merupakan salah satu sarana penting bagi sebuah institusi perguruan tinggi. Sarana ini akan membantu dan memudahkan pengguna dalam mencari informasi yang dibutuhkan pengguna tentang informasi perguruan tinggi tersebut. Universitas Sebelas Maret Surakarta saat ini berusaha menjadi Universitas klas dunia ( World Class University ). Dalam mewujudkan tujuan ini, Universitas Sebelas Maret harus memenuhi acuan yang mendasari penentuan peringkat WCU ini. Salah satu acuan yang dapat digunakan adalah Webometric Ranking of World University (WRWU). Tidak sebagaimana halnya THE, QS, dan Shanghai Jia Tong University, ranking Webometrics fokus mengambil faktor “kehidupan” universitas di dunia internet. Termasuk di dalamnya adalah aksesibilitas dan visibilitas situs universitas, publikasi elektronik, keterbukaan akses terhadap hasil-hasil penelitian, konektifitas dengan dunia industri dan aktivitas internasionalnya (Wahono, 2007).

Dengan berbagai upaya Universitas Sebelas Maret telah mengembangkan websitenya. Domain website Universitas Sebelas Maret (uns.ac.id) telah didaftarkan pada tanggal 18 oktober 1998 dan mulai aktif digunakan sekitar tahun 2000. Hingga saat ini Universitas Sebelas Maret terus berupaya mengembangkan websitenya menjadi lebih baik. Selama ini telah dilakukan empat kali pergantian desain website tetapi pergantian desain website tersebut tidak melalui proses evaluasi yang melibatkan pengguna. Salah satu kesulitan evaluasi yang melibatkan pengguna adalah belum adanya alat yang secara khusus dapat mengukur kepuasan pengguna website. Sementara dari penelusuran di internet menunjukkan telah dikembangkan banyak alat ukur tentang usabilitas (kemampupakaian) suatu website dimana salah satu faktor diantaranya adalah kepuasan pengguna.

Penelitian ini bertujuan menghasilkan alat ukur kepuasan pengguna website Universitas Sebelas Maret dengan melibatkan pengguna internalnya. Pengguna internal dilibatkan pada penentuan atribut kriteria penilaian. Penentuan kandidat atribut kepuasan dilakukan dengan studi pustaka dan finalisasi atribut kepuasan dilakukan dengan menggunakan Analisis Asosiasi. Penyusunan dimensi kepuasan akan dikonstruksi dengan metode Analisis Faktor. Analisis Faktor selain digunakan sebagai alat untuk menyusun konstruksi dimensi juga diharapkan mampu meningkatkan validitas konstruknya (Ryu dan Smith- Jackson, 2006).

Leave a Reply

×
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?