HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Buzz Diskusi terhadap Hasil Belajar

Judul Tesis : Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Buzz Diskusi terhadap Hasil Belajar pada Mata Kuliah Askeb I Tanda Bahaya Kehamilan Trimester I Akademi Kebidanan Mitra Husada Karanganyar

 

A. Latar Belakang

Para peneliti telah menemukan bukti-bukti bahwa ketika guru mampu menggunakan prosedur umpan balik yang efektif ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar maupun hasil belajar siswanya. Bahkan, hasil studi yang dilakukan Bellon, Bellon, dan Blank menunjukkan bahwa dibandingkan dengan berbagai perilaku mengajar lainnya, pemberian umpan balik akademik ternyata lebih berkorelasi dengan prestasi belajar maupun hasil belajar siswa. Ketika umpan balik dan prosedur korektif digunakan secara tepat ternyata sebagian besar siswa dapat meningkatkan prestasi belajar dan hasil belajarnya hingga di atas 20% (Agus, 2011 ).

Salah satu metode pembelajaran dengan penerapan konstruktivisme adalah metode buzz diskusi, Metode buzz diskusi adalah diskusi yang terdiri atas 4 – 5 orang.Tempat diatur agar peserta didik dapat berhadapan muka dan bertukar pikiran dengan mudah. Diskusi ini diadakan ditengah atau akhir pelajaran dengan maksud menajamkan kerangka bahan pelajaran, memperjelas bahan pelajaran atau menjawab pertanyaan – pertanyaan. Metode buzz diskusi memiliki kelebihan di banding metode ceramah antara lain memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyalurkan kemampuannya, membantu siswa belajar berfikir kritis, mengembangkan motivasi untuk belajar lebih lanjut ( Hasibuan, 2009 : 20 ).

 

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka pokok masalah yang ingin penulis pecahkan sebagai berikut :

“Apakah ada pengaruh belajar penggunaan buzz diskusi terhadap hasil belajar tentang tanda bahaya kehamilan trimester 1 pada mata kuliah ASKEB I ? “

 

C. Landasan Teori

Pengertian Metode Diskusi

Diskusi adalah suatu cara penyajian bahan pelajaran dimana pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik (kelompok – kelompok siswa) untuk mendapatkan perbincangan ilmiah guna mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan atau menyusun berbagai alternatif pemecahan atas suatu masalah (Hasibuan, 2009 : 20 ).

Pengertian Buzz Diskusi

Menurut J.J Hasibuan tahun 2009 dalam bukunya proses belajar mengajar menyebutkan : satu kelompok besar dibagi menjadi beberapa kelompok kecil terdiri atas 4 – 5 orang.tempat diatur agar siswa dapat berhadapan muka dan bertukar pikiran dengan mudah. Diskusi diadakan ditengah pelajaran atau diakhir dengan maksud menajamkan kerangka bahan pelajaran, memperjelas bahan pelajaran atau menjawab pertanyaan – pertanyaan.

Pengertian Hasil Belajar

Hasil belajar merupakan hal yang dapat dipandang dari dua sisi yaitu sisi siswa dan dari sisi guru. Dari sisi siswa, hasil belajar merupakan tingkat perkembangan mental yang lebih baik bila dibandingkan pada saat sebelum belajar ( Indra Munawar, 2009 ). Menurut Sudjana kemampuan-kemampuan yang dimiliki seorang siswa setelah ia menerima perlakukan dari pengajar (guru) (Adesanjaya, 2011 ).

 

D. Metode Penelitian

Desain penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu (quasy experiment), Rancangan ini mengungkapkan hubungan sebab akibat dengan cara melibatkan kelompok kontrol dan kelompok eksperimental dengan pendekatan Nonequivalent Control Group Design.

Tempat penelitian dilaksanakan di Akademi Kebidanan Mitra Husada Karanganyar pada bulan Juli 2011.

Sampel penelitian ini menggunakan tehnik pengambilan sampel menggunakan tehnik simple random sampling yaitu pengambilan sampel dari populasi itu. Perhitungan besar sampel dengan jumlah populasi sebanyak 110 orang.

Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah independent samples t test.

 

E. Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan pada penggunaan metode pembelajaran buzz diskusi dalam meningkatkan hasil belajar tentang tanda bahaya kehamilan pada mata kuliah ASKEB I Akademi Kebidanan Mitra Husada Karanganyar.

Incoming search terms:

Leave a Reply