HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengaruh Penggunaan Media LCD Proyektor dgn Aplikasi Ispring Free 6.0 dan Media Cetak

Judul Skripsi : Pengaruh Penggunaan Media LCD Proyektor dengan Aplikasi Ispring Free 6.0 dan Media Cetak terhadap Prestasi Belajar IPS Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar (Studi Penelitian Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Kecamatan Paranggupito Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013)

 

A. Latar Belakang

Paradigma yang perlu dibangun saat ini adalah Guru bertindak sebagai fasilitator,bukan sebagai satu-satunya sumber belajar dikelas . Oleh karena itu dengan bantuan media pembelajaran yang modern dapat di upayakan proses pembelajaran dikelas lebih menarik dan selanjutnya akan mengarah pada pembelajaran berbasis siswa sehingga siswa akan terbiasa memecahkan persoalan bangsa ini dengan alat penunjang dan media pembelajaran yang cocok.

Berdasarkan uraian tersebut diatas maka penulis sebagai Guru SD dalam menyampaikan pelajaran IPS tertarik untuk mengadakan penelitian yang dengan judul ; “ Pengaruh penggunaan media LCD Proyektor dengan aplikasi ispring free 6.0 dan media cetak terhadap prestasi belajar IPS ditinjau dari motivasi belajar siswa SD“ (Studi penelitian pada siswa kelas VI Sekolah Dasar di Kecamatan Paranggupito Semester I Tahun 2012/2013) .Peneliti memilih Sekolah di wilayah tersebut sebagai tempat penelitian, karena secara kebetulan ditugaskan oleh pemerintah daerah di wilayah Kecamatan Paranggupito sebagai Guru Kelas di SDN II Ketos Paranggupito sehingga dapat memudahkan perolehan data.

 

B. Rumusan Masalah

Sebagai uraian latar belakang yang telah dikemukakan di atas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:

  1. Apakah terdapat perbedaan pengaruh penggunaan media LCD Proyektor dengan aplikasi ispring free 6.0 dan media cetak terhadap prestasi belajar IPS?
  2. Apakah terdapat perbedaan pengaruh antara motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap prestasi belajar IPS?
  3. Apakah terdapat interaksi pengaruh antara penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS?

 

C. Kajian Teoritis

Definisi LCD Proyektor Aplikasi ispring free 6.0

Dalam pembelajaran bahwa dengan menggunakan LCD Proyektor, informasi yang akan disampaikan dapat diproyeksikan ke layar, sehingga informasi berupa tulisan, gambar, audio video, bagan dan lain-lain akan menjadi lebih menarik dilihat oleh siswa. Penggunaan proyektor ini lebih menguntungkan, karena idera pendengaran dan penglihatan akan samasama diaktifkan melalui sebuah media pembelajaran yang telah disiapkan.

Media Cetak

Media cetak saat ini memiliki kontribusi yang besar dalam proses pembelajaran. Salah satu alas an media cetak masih menjadi media utama di sekolah adalah karena lebih mudah diperoleh dan lebih standar. Media cetak bisa berupa media gambar , gambar merupakan media yang paling umum dipakai karena merupakan bahasa yang umum dan dapat dimengerti.

Pengertian Buku Teks

Menutut Basuki dan Farida Mukti (1992:5), mengemukakan pengertian buku teks sebagai berikut “ Bukub teks adalah media pelajaran yang umumnya digunakan di sekolahsekolah pada saat ini, yang menggunakan urutan kegiatan pembelajaran, uraian, contoh dan latihan”.

Motivasi Belajar

Motivasi dalam belajar adalah faktor yang penting karena hal tersebut merupakan keadaan yang mendorong keadaan siswa untuk melakukan belajar. Persoalan mengenai motivasi dalam belajar adalah bagaimana cara mengatur agar motivasi dapat ditingkatkan. Demikian pula dalam kegiatan belajar mengajar sorang anak didik akan berhasil jika mempunyai motivasi untuk belajar.

Pengertian IPS

IPS yang juga dikenal dengan nama social studies adalah kajian mengenai manusia dengan segala aspeknya dalam sistem kehidupan bermasyarakat. IPS mengkaji bagaimana hubungan manusia dengan sesamanya di lingkungan sendiri, dengan tetangga yang dekat sampai jauh. IPS juga mengkaji bagaimana manusia bergerak dan memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan demikian, IPS mengkaji tentang keseluruhan kegiatan manusia. Kompleksitas kehidupan yang akan dihadapi siswa nantinya bukan hanya akibat tuntutan perkembangan ilmu dan teknologi saja, melainkan juga kompleksitas kemajemukan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, IPS mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang berhubungan dengan manusia dan juga tindakan-tindakan empatik yang melahirkan pengetahuan tersebut.

 

D. Metode Penelitian

Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen denan faktorial 2 x 2.

Populasi dan penelitian adalah siswa kelas 6 Sekolah Dasar di Kecamatan Paranggupito Kabupaten Wonogiri.

Teknik pengambilan sampling menggunakan teknik Purposive sample.

Dalam penelitian ini satu kelas pembelajaran dengan mengunakan LCD Proyektor sebagai kelas eksperimen dengan aplikasi ispring free 6.0 dan satu kelas dengan mengunakan Media pembelajaran media cetak sebagai kelas control.

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik Analisis Varians ( ANAVA) dua jalur.

 

E. Kesimpulan

1. Terdapat perbedaan pengaruh antara penggunaan media pembelajaran LCD Proyektor dengan alpikasi Ispring Free 6.0 dengan media pembelajaran Media Cetak terhadap prestasi belajar IPS. Media pembelajaran LCD Proyektor dengan alpikasi Ispring Free 6.0 menghasilkan prestasi belajar biologi yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Media Cetak. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata prestasi belajar IPS antara media pembelajaran LCD Proyektor dengan alpikasi Ispring Free 6.0 dengan Media Cetak. Dapat disimpulkan bahwa hasil uji prestasi belajar IPS yang diajar dengan media pembelajaran LCD Proyektor dengan alpikasi Ispring Free 6.0 lebih baik daripada Menggunakan Media Cetak.

2. Terdapat perbedaan pengaruh antara siswa yang motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah terhadap prestasi belajar IPS. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan ratarata antara motivasi belajar tinggi dan rendah. Dapat disimpulkan bahwa skor prestasi belajar mata pelajaran IPS yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah.

3. Terdapat interaksi pengaruh antara media pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian diperoleh hitung F = 18.942. Adapun tabel F = diketahui sebesar 3,09. Karena hitung F > tabel F , maka hipotesis nol ditolak. Hal ini berarti terdapat interaksi antara pengaruh penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS.

Leave a Reply