HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pembelajaran Praktek Klinik Asuhan Kebidanan

Contoh Tesis– Analisis  Pembelajaran Praktek Klinik Asuhan Kebidanan Universitas Muhammadyah Surabaya

Tes Klinik Asuhan Pembelajaran Praktek Klinik Asuhan Kebidanan

A.  Latar Belakang

Pertumbuhan jumlah insitusi pendidikan dalam bidang kebidanan sangat pesat. Dalam lima tahun terakhir, terdapat 52 universitas di Indonesia yang melaksanakan program pendidikan bidan dan menghasilkan 3000 bidan setiap tahunnya. Pertumbuhan pesat institusi  pendidikan di dorong oleh banyak faktor diantaranya untuk memenuhi kebutuhan tenaga bidan yang masih kurang. Oleh karena itu perkembangan pendidikan bidan berupaya menngkatkan mutu pendidikannya agar dihasilkan mutu lulusan yang dapat dipertanggungjawabkan bagi masyarakat dan profesinya.

Untuk menjaga mutu lulusan pendidikan bidan, organisasi profesi kebidanan telah menyusun Standar Pendidikan Profesi Bidan dan Standar Kompetensi Bidan. Dalam buku standar pendidikan bidan disebutkan bahwa institusi pendidikan bidan harus menjamin tersedianya fasilitas pendidikan klinik bagi mahasiswa yang terdiri atas rumah sakit pendidikan dan sarana pelayanan kesehatan lainnya yang diperlukan. Hal ini menunjukkan peran rumah sakit pendidikan dalam proses pendidikan bidan sangat penting khususnya bagi peserta didik dalam upaya mencapai standar kompetensi bidan. Dengan dikuasainya standar kompetensi oleh seorang bidan maka diharapkan seorang bidan dapat mengerjakan tugas profesinya, serta menggunakan kemampuan yang dimilikinya untuk memecahkan masalah di bidang profesinya.

B.  Rumusan Masalah

Bagaimana gambaran pelaksanaan pembelajaran praktek klinik asuhan kebidanan ditinjau dari segi (1) perencanaan pembelajaran praktek ; (2) proses pembelajaran praktek ; (3) Evaluasi pembelajaran praktik klinik (3) Kendala yang dihadapi dan (4) Pencapaian Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi D III  Kebidanan Universitas Muhammadyah Surabaya ?

C.  Hasil Penelitian

Dari Penelitian ditemukan bahwa ;

(1) Persiapan pembelajaran praktek klinik asuhan kebidanan pada program studi D III Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadyah Surabaya dilakukan beberapa tahap yaitu : (a) Penyusunan silabi praktek klinik (b) Pembuatan MoU (c) pembekalan praktek (d) serah terima mahasiswa praktek. (2) Proses pembelajaran praktek klinik asuhan kebidanan melalui beberapa tahap : a) Penyusunan jadwal berdasarkan silabi, b) penentuan pengajar praktek dari pendidikan dan pembimbing lahan c) strategi dan metode pembelajaran mengunakan metode pre-post conference, bed side teaching dan case study, d) evaluasi belajar yang dilaksanakan dalam bentuk responsi, presentasi kasus dan penilaian psikomotor dengan menggunakan checlist; (3) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran praktik klinik prodi D3 Kebidanan FIK UM Surabaya meliputi : (a) Jadwal Praktek Klinik yang sering berubah (b) Intensitas bimbingan yg belum optimal (c) Perbedaan teori dan praktik di lahan. (4) Pencapaian prestasi belajar mahasiswa ditentukan berdasarkan rekapitulasi nilai praktek klinik pada semester lima. Indikasi nilai C pada beberapa mahasiswa mencerminkan kualitas mahasiswa yang rendah, dan belum mencapai taraf belajar tuntas.

C.  Saran

1.  Perlu diperhatikan oleh pengelola program pembelajaran praktik klinik di pendidikan bahwa perlu diadakan rapat koordinasi secara periodik mengenai :

a.  Koordinasi peningkatan peran pembimbing dalam proses bimbingan di lahan

b.  Koordinasi mengenai penambahan waktu/jam praktik klinik di lahan

Incoming search terms:

Leave a Reply