HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Metode Role Play terhadap Pencapaian Hasil Ujian Asuhan Kebidanan I dgn Metode Osca

Judul Skripsi : Pengaruh Metode Role Play terhadap Pencapaian Hasil Ujian Asuhan Kebidanan I dengan Metode Osca

 

A. Latar Belakang

Evaluasi yang dilaksanakan di Akademi Kebidanan Estu Utomo Boyolali mengenai pencapaian hasil ujian mata kuliah asuhan kebidanan dimulai sejak tahun akademik 2004/2005 menggunakan metode objective structured clinical assessment (OSCA). Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan dan meningkatkan keberhasilan mahasiswa dalam ujian akhir program dengan metode OSCA yang telah dilaksanakan di institusi pendidikan Diploma III Kebidanan Jawa Tengah sejak tahun 2004.

Beberapa uraian di atas pada dasarnya mengemukakan bahwa metode role play diharapkan bisa mempengaruhi hasil evaluasi ujian asuhan kebidanan I mahasiswa akademi kebidanan. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, penulis mencoba untuk meneliti lebih lanjut apakah metode role play mempengaruhi pencapaian hasil ujian dengan metode OSCA mata kuliah asuhan kebidanan I. Penelitian yang dimaksud diberi judul “Pengaruh Metode Role Play terhadap Pencapaian Hasil Ujian Mata Kuliah Asuhan Kebidanan I dengan Metode OSCA”.

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

“Apakah ada pengaruh metode role play terhadap pencapaian hasil ujian mata kuliah asuhan kebidanan I bahasan pemeriksaan obstetrik dengan metode OSCA mahasiswa Akademi Kebidanan Estu Utomo Boyolali tahun akademik 2008/2009 dengan menganalisis motivasi belajar?”.

 

C. Tinjauan Pustaka

Definisi Role Play

Role play adalah sejenis permainan gerak yang didalamnya ada tujuan, aturan dan sekaligus melibatkan unsur senang (Hadfield, 1986). Dalam role play mahasiswa dikondisikan pada situasi tertentu di luar kelas, meskipun saat itu pembelajaran terjadi di dalam kelas. Selain itu, role play sering kali dimaksudkan sebagai suatu bentuk aktivitas dimana pembelajar membayangkan dirinya seolah-olah berada di luar kelas dan memainkan peran orang lain (Basri, 2000:6).

 

Pengertian Motivasi Belajar

Banyak ahli pendidikan yang memberikan batasan tentang motivasi. Menurut Weiner dalam Reigeluth (1983:389), motivasi diartikan sebagai kerseriusan dan pengarahan tingkah laku. Dengan kata lain berarti pilihan seseorang atau pengalaman/tujuan yang ingin dicapai serta derajat usaha yang dilakukan dalam respek tersebut.

 

Tes atau Uji Kompetensi Model OSCA

Pengertian tes/ uji kompetensi model OSCA adalah salah satu model uji kompetensi yang dilakukan untuk mengukur kompetensi peserta uji. Dilakukan uji pengamatan dan penilaian dalam rangkaian stasi dengan metode : wawancara, pemeriksaan, dan perawatan pada pasien yang mencerminkan beberapa kondisi gangguan kesehatan (Riwanto, 2005:16).

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini merupakan studi eksperimental kuasi dengan rancangan after only with control design.

Populasi sasaran adalah mahasiswa akademi kebidanan.

Sampel dipilih dari mahasiswa Akademi Kebidanan Estu Utomo Boyolali jalur umum semester II tahun 2009.

Sejumlah 47 mahasiswa dari kelas A mendapatkan metode role play, dan 48 mahasiswa dari kelas B mendapatkan metode konvensional.

Variabel hasil yang diteliti adalah pencapaian hasil OSCA asuhan kebidanan I, baik pengetahuan maupun ketrampilan mahasiswa tentang pokok bahasan pemeriksaan obstetrik.

Variabel perancu yang diperhitungkan motivasi belajar. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan check list. Data dianalisis dengan model analisis regresi linier ganda, dengan program SPSS versi 16.

 

E. Kesimpulan

  1. Metode pembelajaran role play mampu menghasilkan nilai pengetahuan Asuhan Kebidanan I mahasiswa yang lebih tinggi daripada metode konvensional (b= 9.55; p= 0.011).
  2. Metode pembelajaran role play mampu menghasilkan nilai ketrampilan Asuhan Kebidanan I mahasiswa yang lebih tinggi daripada metode konvensional (b= 8.20; p= 0.000).

Kesimpulan tentang pengaruh metode pembelajaran role play terhadap pengetahuan dan ketrampilan Asuhan Kebidanan I tersebut dibuat setelah mengontrol pengaruh motivasi mahasiswa.

Incoming search terms:

Leave a Reply