HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Pembelajaran Praktik Klinik Keperawatan Mahasiswa Tingkat II AKPER Kosgoro Mojokerto

Judul Tesis : Pembelajaran Praktik Klinik Keperawatan Mahasiswa Tingkat II Akademi Keperawatan Kosgoro Mojokerto di Rumah Sakit Tipe A

A. Latar Belakang

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Susito dkk (2006), bahwa terdapat hubungan positif signifikan antara manajemen pembelajaran klinik dengan kinerja praktik dengan nilai koefisien korelasi r = 0,452, besarnya koefisien determinan r2 =0,204 atau sumbangan sebesar 20,4 %, yang artinya semakin tinggi manajemen pembelajaran klinik akan meningkatkan kinerja praktik klinik. Hasil tersebut didukung dengan penyebaran distribusi kategori manajemen pembelajaran klinik dalam kelompok sedang 10%, tinggi 67,5 % dan 22,5% katagori sangat tinggi.

Untuk mengantisipasi permasalahan ini, maka perlu dilakukan penataan manajemen pembelajaran klinik antara lain, sebelum dilaksanakan praktik lapangan perlu kejelasan yang didahului dengan MOU kedua belah pihak, diperlukan sarana yang memadai untuk pelaksanan praktik, persiapan juklak atau juknis atau daftar tilik untuk model pembimbing lahan praktik serta pengalaman belajar laboratorium harus dilaksanakan sebelum mahasiswa praktik di suatu lahan klinik, karena pembelajaran laboratorium akan memberi kesempatan pada mahasiswa untuk terampil dalam menerapkan teori yang sudah didapatkan di kelas. Selain itu, pembimbing klinik (dosen) sebaiknya diberi pengetahuan tentang manajemen dalam hal pengaturan kegiatan pembelajaran, sehingga dapat tercapai tujuan pembelajaran secara optimal, serta kegiatan pembelajaran dapat menunjang peningkatan mutu pelayanan.

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana kegiatan perencanaan pembelajaran praktik klinik mahasiswa tingkat II AKPER Kosgoro Mojokerto di RSSA. Malang oleh mahasiswa tingkat II?
  2. Bagaimana proses pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran praktik klinik oleh mahasiswa tingkat II AKPER Kosgoro Mojokerto di RSSA. Malang?
  3. Apa saja hambatan dan cara mengatasi pembelajaran praktik klinik oleh mahasiswa tingkat II AKPER Kosgoro Mojokerto di RSSA. Malang?

C. Tinjauan Pustaka

Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) Keperawatan

Kompetensi adalah seperangkat tindakan cerdas penuh tanggung jawab yang dimiliki seseorang sebagai syarat untuk dianggap mampu oleh masyarakat dalam melaksanakan tugas-tugas dibidang pekerjaan tertentu (SK Mendiknas no.045/U/2002).

Pengalaman Belajar Klinik atau lapangan (PBK)

PBK adalah suatu proses transformasi mahasiswa untuk menjadi seorang perawat professional, yang memberikan kesempatan beradaptasi pada perannya sebagai perawat professional dalam melaksanakan praktik keperawatan professional ditatanan nyata pelayanan kesehatan klinik untuk :

  • Melaksanakan asuhan keperawatan dengan benar
  • Menerapkan pendekatan proses keperawatan
  • Menampilkan sikap atau tingkah laku professional
  • Menampilkan sikap atau tingkah laku profesional

Model Bimbingan Praktik

Upaya menumbuhkan kemampuan professional (intelektual, tehnikal, dan interpersonal) peserta didik melalui upaya integrasi berbagai konsep, teori dan prisnsip keperawatan dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar klien secara komprehensif.

D. Metodologi Penelitian

Penelitian tentang evaluasi praktik klinik dirumah sakit oleh mahasiswa tingkat II Akademi Keperawatan Kosgoro Mojokerto merupakan penelitian diskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Rumah Sakit Saiful Anwar Malang Popinsi Jawa Timur, Hal ini dilakukan dengan alasan karena rumah sakit ini merupakan rumah sakit tipe A (Pendidikan) .

Waktu penelitian bulan Agustus s/d Oktober 2009. Bentuk penelitian ini adalah kualitatif diskriptif yang mengarah pada pendiskripsian secara rinci dan mendalam, baik kondisi maupun proses dan hubungan atau saling keterkaitan mengenai hal-hal pokok yang ditemukan pada sasaran penelitian.Jenis penelitian ini adalah penelitan dasar basic risert.

Tehnik Pengumpulan data dari penelitian ini didapatkan dari : wawancara mendalam (in depth interview), observasi/ pengamatan, dokumentasi. Sampling dalam penelitian kualitatif ialah untuk menjaring sebanyak mungkin informasi dari pelbagai macam sumber dan bangunannya (construction).

Tehnik sampling pada penelitian ini adalah menggunakan tehnik purposive sampling.

Uji keabsahan data meliputi uji kredibilitas data (validitas internal), uji dependabilitas (reliabilitas) data, uji transferabilitas (validitas eksternal/generalisasi), dan uji konfirmabilitas (obyektifitas).

Tehnik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kualitataif metode perbandingan tetap (constant comparative method), mengikuti konsep Glaser dan Strauss.

E. Simpulan

1. Perencanaan pembelajaran praktik klinik keperawatan di Rumah Sakit masih ditemukan kendala diantaranya, system administrasi surat menyurat rumah sakit yang masih panjang alurnya untuk bisa memberikan jawaban kepada pihak institusi dengan cepat,

2. Pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran praktik klinik di rumah sakit tipe A sudah berjalan dengan baik. Namun ditemukan beberapa kendala dalam pelaksanaan pembelajaran, diantaranya berasal dari mahasiswa yaitu kurang aktif dan motivasi, serta kurangnya referensi sehingga terlambat dalam penyusunan laporan pendahuluan. Kendala juga berasal dari pengelola yaitu tidak adanya sanksi yang tegas terhadap mahasiswa atas keterlambatan pengumpulan baik laporan pendahuluan maupun asuhan keperawatan.

3. Ada beberapa hambatan yang dirasakan dalam pembelajaran praktik klinik walaupun secara umum sudah berjalan dengan baik, diantaranya :

  • Kepengurusan ijin praktik klinik yang lama,
  • Jumlah CI yang masih sedikit terutama dari pihak institusi pendidikan sendiri,
  • Tidak semua ruangan memiliki sarana tempat responsi,serta hambatan dari mahasiswa
  • yaitu masih kurangnya penguasaan teori dan keterampilan .

Incoming search terms:

Leave a Reply