HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pembelajaran Blok Sistem Perkemihan Metode Problem Based Learning

Contoh Tesis– Analisis Pembelajaran Blok Sistem Perkemihan  Dengan Metode Problem Based Learning  Pada Kurikulum Berbasis Kompetensi  Di Akademi Kesehatan Rustida 

Tes Klinik Asuhan Pembelajaran Blok Sistem Perkemihan Metode Problem Based Learning

 

A.  Latar Belakang Masalah

Kurikulum merupakan perangkat pendidikan yang dinamis, oleh karena itu kurikulum juga harus peka dan sekaligus mampu merespon beragam perubahan dan beragam tuntutan  stakeholders  yang menginginkan adanya peningkatan kualitas pendidikan. Negara-negara berkembang dan negara maju di hampir seluruh dunia sekarang ini tengah berupaya meningkatkan kualitas pendidikannya dengan mengembangkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Dengan adanya kecenderungan globalisasi dan keinginan untuk menyesuaikan tuntutan kebutuhan serta aspirasi bangsa Indonesia di masa depan akan membawa implikasi terhadap perubahan-perubahan kebijakan, khususnya dalam bidang pendidikan. Untuk itu upaya peningkatan mutu pendidikan harus dilakukan secara menyeluruh yang mencakup pengembangan dimensi manusia Indonesia seutuhnya, yakni aspek-aspek moral, akhlaq, budi pekerti, pengetahuan, keterampilan, seni, olah raga, dan perilaku.

Pengembangan aspek-aspek tersebut bermuara pada peningkatan dan pengembangan kecakapan hidup (life skill) yang diwujudkan melalui pencapaian kompetensi peserta didik untuk bertahan hidup, menyesuaikan diri, dan berhasil di masa datang. dengan demikian peserta didik memiliki ketangguhan, kemandirian, dan jati diri yang dikembangkan melalui pembelajaran dan atau pelatihan yang dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan. Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) telah berjalan sejak tahun 2001 pada beberapa sekolah yang dijadikan mini pilot. Impelementasi KBK merupakan salah satu bagian penting untuk mendapatkan masukan dalam rangka penyempurnan KBK baik dari aspek keterbacaan, keluasan, kedalaman, dan keterlaksanaannya di Lapangan (Depdiknas, 2003).

B.  Rumusan Masalah

Pada penelitian ini rumusan masalahnya adalah:

  1. Bagaimana implementasi pembelajaran Kurikulum Berbasis Kompetensi dengan Model Pembelajaran  Problem Based Learning pada mata kuliah blok system perkemihan?
  2. Bagaimana hasil yang dicapai pada implementasi kurikulum berbasis kompetensi dengan pembelajaran  Problem Based Learning  pada mata kuliah blok system perkemihan?
  3. Bagaimana hambatan-hambatan yang dialami dalam pelaksanaan pembelajaran dengan metode  Problem Based Learning pada mata kuliah Blok system perkemihan di Akademi Kesehatan Rustida Program studi D III Keperawatan?

C.  Hasil Penelitian

Data penelitian menunjukkan bahwa metode pbl seven jumps yang diterapkan mampu memicu motivasi belajar mahasiswa 70%. Beberapa hambatan yang dihadapi selama implementasi pembelajaran problem based learning di Akademi Kesehatan Rustida Banyuwangi adalah waktu, sarana dan prasarana, jumlah tutor serta pengalaman yang masih di rasakan kurang.

Leave a Reply