HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Contoh Tesis– Upaya Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Sistem Pengendali Satu Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipestudent Team Achievement Division ( STAD ) Pada Siswa Kelas XI TITL 1 SMK Negeri 2 Purwodadi Semester 1 Tahun 2010/2011

Pembelajaran SMK Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

A.  Latar Belakang Masalah

SMK Negeri 2 Purwodadi merupakan Unit Sekolah Baru yang berdiri sejak 6 tahun yang lalu terletak dibekas sawah di Kelurahan Danyang. Sebagai sebuah sekolah baru tentunya masyarakat sekitar masih melihat perkembangan dari sekolah tersebut. Memiliki 3 program keahlian yaitu; Listrik, Bangunan dan Otomotif.

Latar belakang sosial orang tua siswa yang terdiri dari buruh tani, bakul pasar, supir dan sebagian kecil PNS. Kondisi semacam ini menyebabkan perkembangan SMK Negeri 2 Purwodadi agak sedikit tersendat karena kebanyakan orang tua hanya pasrah pada sekolah tentang prestasi belajar putra- putrinya. Pemilihan program keahlian yang tidak sesuai dengan keinginan awal siswa sewaktu ingin masuk SMK Negeri 2 Purwodadi juga menjadi faktor pendorong keengganan siswa untuk belajar secara serius.

Kondisi ini terlihat saat guru berdiri di depan kelas saat mengajar, hanya pandangan kosong yang tidak bergairah sering terjadi. Guru mata pelajaran produktif mempunyai beban yang sangat berat sekali, karena disamping mengajar teori juga secara praktik siswa harus mampu menguasainya. Bila ada pertanyaan dilemparkan ke siswa yang ada hanya kelas yang sunyi-senyap sebab siswa tidak dapat menjawab pertanyaan atau tidak ada pertanyaan karena siswa tidak tahu apa yang akan ditanyakan.

B.  Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah tersebut di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah :

  1. Apakah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ,motivasi belajar siswa meningkat ?
  2. Apakah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD,  hasil belajar siswa meningkat ?
  3. Jika dapat mengapa ?

C.   Hasil Penelitian

Hasil penelitian dari ke 3 siklus yang dilaksanakan menunjukkan hasilpeningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dari satu siklus ke siklus berikutnya. Hal ini terlihat pada siklus I motivasi belajar rata-rata kelas sebesar 120,62, siklusII sebesar 127,76 dan siklus III sebesar 129,06, dari keseluruhan siswa denganindikator kinerja minimal 113. Metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapatmeningkatkan     hasil belajar siswa . Hal ini terlihat pada siklus I ketuntasanbelajar klasikal sebesar 64,71%, siklus II sebesar 73,53% dan siklus III sebesar100%, dari keseluruhan siswa dengan mendapat nilai minimal 71.

Incoming search terms:

Leave a Reply