HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis dengan Aksara Jawa

Judul Skripsi : Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis dengan Aksara Jawa Siswa Kelas XA SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012

A. Latar Belakang Masalah

Penggunaan media yang dutarakan di atas tak lain hanya untuk menunjang keberhasilan bahasa Jawa yang terus dinamis dengan perkembangan jaman. Pola pengajaran menulis dengan aksara Jawa dari yang sifatnya konvensional menuju kreatif inovatif sebagai upaya memperbarui kondisi yang terus berubah. Sumarlam (2007: 92) menyatakan bahwa Bahasa Jawa akan tetap lestari apa bila mampu untuk tetap berfungsi didalam situasi yang terus berubah. Agar kelestarian tersebut tetap terjaga dalam pembelajaran siwa harus difasilitasi semudah mungkin untuk memahami dan menulis dengan menggunakan aksara Jawa.

Mengingat pentingnya pengajaran menulis dengan aksara Jawa, di sekolah, maka perlu dilakukan penelitian untuk memecahkan masalah ini sehingga diharapkan siswa benar-benar memahami dan berpotensi menulis dengan menggunakan aksara Jawa. Siswa diharapkan mampu menuangkan hasil pemikiran/gagasan/ide argumentatif dalam majalah dinding atau media massa sebagai tujuan maksimal sebagai bekal hidup. Dengan cara demikian aksara Jawa akan tetap eksis bersama para penuturnya.

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis dengan aksara Jawa ?
  2. Apakah penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan aksara Jawa ?

C. Landasan Teori

Kemampuan Menulis

Menurut Furneaux (1999: 57),”writing is essentially a social act: you usually write to communicate with an audience. Which has expatiation about the tex type (orgence) you produce.” Dapat diartikan menulis secara esensial merupakan sebuah kegiatan sosial; dalam proses menulis ini penulis berkomunikasi dengan pembaca yang mempunyai harapan-harapan jenis teks yang dihasilkan oleh penulis.

Kualitas Proses Pembelajaran Menulis Aksara Jawa

Belajar dan mengajar adalah dua konsep yang hampir tidak dapat dipisahkan satu sama lainya, terutama dalam praktiknya di sekolah-sekolah.  Bahkan apa bila keduanya telah digerakan secara sadar tujuan rangkaian interaksi belajar mengajar akan segera terjadi. Belajar dipandang sebagai proses penambahan pengetahuan. Bahkan pandangan ini mungkin sampai sekarang masih berlaku bagi sebagian orang di negeri ini. Akibatnya mengajarpun dipandang sebagai proses menyampaikan pengetahuan atau keterampilan dari seorang guru kepada siswanya.

Kemampuan Menulis Aksara Jawa

Dalam penelitian ini yang dimaksud dengan pembelajaran menulis dengan menggunkan aksara Jawa adalah menulis gagasan/ide berbahasa Jawa yang disajikan dengan tulisan atau aksara Jawa. Tulisan aksara Jawa sebagai salah satu standar kompetensi dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi muatan lokal mata pelajaran bahasa Jawa SMA, siswa kelas X diharapkan mampu menulis sederhana beraksara Jawa kurang lebih 10 kalimat (2 alinea).

 

Metode Mind Mapping

Peta pikiran atau disebut dengan mind mapping merupakan salah satu metode belajar yang dikembangkan oleh Tony Buzan tahun 1970-an yang didasarkan pada cara kerja otak. Disebut metode karena peta pikiran ini berupa urutan langkah-langkah yang sistematis. Otak mengingat informasi dalam bentuk gambar, simbol, bentuk-bentuk, suara musik, dan perasaan.

 

D. Metodelogi Penelitian

Pendekatan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), merupakan sebuah penelitian yang diterapkan di dalam kelas sebagai sarana untuk meneliti, mengevaluasi, dan menyempurnakan pengelolaan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus.

Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, obsevasi serta refleksi. Hasil refleksi digunakan sebagai acuan dasar untuk menyusun rencana tindakan selanjutnya, sehingga diperoleh data peningkatan. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Bahasa Jawa bersama siswa kelas XA SMA Negeri 4 Surakarta. Data dan sumber data penelitian ini adalah informan atau narasumber, peristiwa, dokumen dan arsip. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, pengamatan, wawancara, kajian dokumen, dan tes.

Uji validitas data menggunakan triangulasi dan review informan kunci. Dalam kaitannya dengan trianggulasi sumber data, mengutamakan pengecekan informasi dari informan dengan informan lain. Review informan kunci sebagai sarana mengkonfirmasikan data, sehingga ada kesepakatan pokok antara informan dan peneliti tentang data. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis kritis dan analisis komparatif.

Teknik analisis kritis untuk mengungkap kelemahan dan kelebihan siswa serta guru dalam proses belajar mengajar. Sedangkan Teknik komparatif memadukan hasil penelitian siklus pertama dan kedua, siklus kedua dan ketiga.

E. Kesimpulan

1. Penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis dengan aksara Jawa. Peningkatan kualitas proses tersebut dapat dilihat pada porsentase pelaksanaan pembelajaran menulis dengan aksara Jawa, yang awalnya 60,4 %, siklus I 67,9 % , siklus II 81,8 %, siklus III kualitasnya mencapai 94,2 %. Berikut ini peningkatan proses dari hasil penerapan metode mind mapping pada pembelajaran menulis dengaan aksara Jawa disetiap siklusnya adalah sebagai berikut:

  • Peningkatan keaktifan menulis siswa pada survai awal sebesar 59,3 %, siklus I 62,5 %, siklus II 81 %, untuk siklus III 90 %
  • Peningkatan perhatian pada saat survai awal yang dilakukan peneliti hanya 62,5 %, siklus I 75 %, siklus II 84 %, dan siklus III mencapai posisi ideal 100 %.

2. Dengan menerapkan metode mind mapping dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis dengan aksara Jawa pada siswa kelas XA SMA Negeri 4 Surakarta. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan nilai rata-rata menulis siswa pada setiap siklusnya, yaitu saat dilakukan survai awal hanya mencapai 62,4 %, siklus I sebesar 68,2 %, siklus II sebesar 77,2 % dan siklus III sebesar 80 %.

Incoming search terms:

Leave a Reply