HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Model Kooperatif Tipe Picture And Picture untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi

Judul Tesis : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi

 

A. Latar Belakang Masalah

Pembentukan kualitas sumber daya manusia, yaitu manusia yang mampu menghadapi berbagai perubahan dan kemajuan serta berbagai dampak negatifnya sangat diperlukan saat ini. Pendidikan merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam proses tersebut. Lembaga pendidikan formal diharapkan untuk senantiasa meningkatkan kualitas output (keluaran) dan mampu memberi bekal kepada anak didik untuk menghadapi perubahan dan kemajuan zaman. Dalam hal ini, guru dituntut untuk lebih profesional, inovatif, perspektif, dan proaktif dalam melaksanakan tugas pembelajaran.

Tujuan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah penguasaan kompetensi komunikatif siswa, yaitu agar peserta didik dapat saling berkomunikasi, berbagai pengalaman belajar dari yang lain untuk meningkatkan kemampuan intelektualnya (Diknas, 2003:6). Untuk mencapai tujuan tersebut siswa diupayakan untuk menguasai empat keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis bagi siswa. Hal itu sesuai dengan Kurikukum Tingkat Satuan Pendidkan (KTSP) yang merupakan acuan dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah formal.

B. Perumusan Masalah

  1. Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis puisi siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Gondang tahun ajaran 2011/2012?
  2. Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Gondang tahun ajaran 2011/2012?

 

C. Kajian Teori

Hakikat Kemampuan Menulis Puisi

Pembahasan tentang hakikat menulis diuraikan dalam empat bagian. Keempat bagian terrsebut antara lain :

  • pengertian kemampuan
  • pengertian menulis
  • tujuan menulis
  • menulis kreatif sastra
  • menulis kreatif puisi

Pengertian Menulis

Menulis merupakan sebuah kegiatan menuangkan pikiran, gagasan, dan perasaan seseorang yang diungkapkan dalam bahasa tulis. Selanjutnya Imron Rosidi (2009: 2) mengatakan menulis merupakan kegiatan untuk menyatakan pikiran dan perasaan dalam bentuk tulisan yang diharapkan dapat dipahami pembaca dan berfungsi sebagai alat komunikasi secara tidak langsung. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa menulis merupakan kegiatan seseorang untuk menyampaikan gagasan kepada pembaca dalam bahasa tulis agar bisa dipahami oleh pembaca. Senada dengan pendapat tersebut Lasa (2005: 7) menyatakan bahwa menulis merupakan proses menuangkan gagasan dan pemikiran dengan sistem tertentu dalam bentuk tulisan.

Menulis Kreatif Sastra

Menurut Sarumpaet (dalam Tjahjono Widijanto, 2007: 68) mengemukakan bahwa hakikat penulisan sastra adalah pengungkapan tabir dengan susunan kata yang kaya dengan imajinasi. Menulis kreatif sastra merupakan kegiatan produksi dalam apresiasi sastra yang dimulai dari proses membaca, merespon, menikmati lalu mencipta.

Pengertian Puisi

Menurut McCaulay, Hudson (dalam Aminudin, 2010: 134) mengungkapkan bahwa puisi adalah salah satu cabang sastra yang menggunakan kata-kata sebagai media penyampaian untuk membuahkan ilusi dan imajinasi, seperti halnya lukisan yang menggunakan garis dan warna dalam menggambarkan gagasan pelukisnya.

 

D. Metodelogi Penelitian

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SMP Negeri 2 Gondang, Sragen, dengan subjek siswa kelas VII C. Jumlah siswa 32 anak, dengan rincian 16 laki-laki dan 16 perempuan.

Proses penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus yang meliputi empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, serta tahap analisis dan refleksi.

Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, analisis dokumen dan tes.

Validasi data yang digunakan adalah teknik triangulasi yang didasarkan pada proses tindakan. Analisis data digunakan teknik deskriptif analitis kritiskomparatif dengan mendeskripsikan temuan data dan membandingkannya dengan indikator kinerja yang sudah ditentukan.

 

E. Kesimpulan

Pertama, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis puisi bagi siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Gondang, Kabupaten Sragen. Berdasar hasil pengamatan, kinerja siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture sebesar 34,37% berkategori kurang dan 56,25% berkategori cukup, dan 9,37% berkategori baik. Kemudian mengalami peningkatan menuju perbaikan setelah guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture yaitu tidak ditemukan siswa berkategori kurang. Kinerja siswa berkategori cukup adalah 3,13% sedangkan kinerja siswa berkategori baik adalah 96,87%. Dengan kondisi demikian dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan kinerja siswa. Selain itu, terjadi peningkatan kinerja guru. Sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture, kinerja guru berskor rendah yaitu 57,84 tetapi setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture kinerja guru meningkat yaitu berskor 98,03.

Kedua, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture, dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Gondang, Kabupaten Sragen. Peningkatan kemampuan menulis puisi dapat diketahui dari hasil tes berupa hasil karya siswa berwujud puisi. Sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture, hasil karya siswa berupa puisi tercatat rerata 63,30 jumlah siswa mendapat nilai < 70 berjumlah 19 siswa, siswa mendapat nilai ? 70 berjumlah 13 siswa, ketuntasan klasikal tercatat 40,60%. Setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture yaitu siklus III, hasil karya siswa berupa puisi mencapai rerata 75,10. Tak ada siswa yang mendapat nilai <70, siswa mendapat nilai ? berjumlah 32 siswa. Adapun ketuntasan klasikal adalah 100%. Berdasar skor tersebut maka dapat ditarik simpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi berkenaan dengan keindahan alam melalui model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture.

Leave a Reply