HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Kerjasama Regional dan Internasional

Kerjasama Regional dan Internasional  Kerjasama Regional dan Internasional

Kerjasama Regional dan Internasional

Kerjasama Regional dan Internasional ~ Kerjasama dengan kelompok negara pada area tertentu dan lembaga internasional tertentu .Kerja sama regional adalah kerja sama yang dilakukan oleh beberapa negara dalam suatu kawasan atau wilayah. Kerja sama ini biasanya dilakukan karena adanya kepentingan bersama baik dalam bidang politik, ekonomi, dan pertahanan. Contoh kerja sama regional antara lain ASEAN dan Liga Arab.

Kerja sama ekonomi regional dan internasional memungkinkan perdagangan internasional berlangsung dalam suasana persaingan yang sehat dan adil. Dampak kerja sama ekonomi itu antara lain sebagai berikut.
 Memperluas Posisi Perdagangan Suatu Negara
Berhasil perdagangan suatu negara turut ditentukan oleh kemampuan memasarkan produksinya di pasar internasional. Persaingan di tingkat internasional amatlah berat, antara lain karena berbagai aturan dan hambatan perdagangan lainnya. Terhadap masalah hambatan ini, diperlukan kerja sama ekonomi baik tingkat regional maupun internasional.
Membantu Meningkatkan Daya Saing Ekomoni
Perdagangan internasional membuka peluang dan tantangan. Peluang dalam memasarkan produk di luar negeri, tantangan dalam hal persaingan produk impor dengan produk dalam negeri. Terhadap antarnegara yang sehat. Misalnya, harga suatu produk sesuai dengan kualitasnya, atau hak cipta atau suatu produk diakui bersama.
 Kerja sama ekonomi menciptakan persaingan yang sehat dilakukan dengan upaya meningkatkan kemampuan produsen tiap negara menghasilkan produk yang mampu bersaing. Upaya ini mencakup bantuan modla, alih teknologi, dan sejumlah kemudahan dalam hal distribusi. Hasil yang diharapkanadalah kesetaraan daya saing di antara negara-negara yang terlibat perdagangan internasional.
Mengapa kesetaraan daya saing itu penting? Keberhasilan bersaing suatu negara di tingkat regional dan internasional pada gilirannya akan memajukan perekonomian negara yang bersangkutan.bagi negara lain, perekonomian suatu negara yang maju menjadi potensi bagi pemasaran produk-produknya. Alasannya, daya beli penduduk di negara sama ekomoni menyetarakan daya saing pada akhirnya akan menciptakan pasar yang menguntungkan tiap negara yang telibat dalam perdagangan.

Melalui kerj sama ekonomi, dicapai saling pengertian yang akan memperlancar aliran ekspor impor antarnegara. Saling pengertian ini penting, agara tidak ada negara yang merasa dirugikan. Akibatnya, berdasarkan aturan yang disepakati, suatu negara mampu menjual produknya di luar negeri. Sebaiknya, negara tersebut mampun menjual produksnya di luar impor, tanpa khawatir akan mematikan produk buatan dalam negeri.

Persaingan Diselesaikan Dengan Mekanisme Yang Jelas.
Kerja sama ekonomi, baik regional maupun internasional, telah mengantisipasi kemungkinan timbulnya perbedaan pendapat. Untuk itu, telah dipikirkan dan disepakati langkah-langkah yang harus dilakukan apabila muncul konflik. Dalam WTO, misalnya, dijabarkan secara rinci, prosedur penyelesaian sengketa dagang jangka waktu pelaporan, pembentukan panel, kedudukan penggugat dari tergugat, serta siapa yang berhak menjatuhkan putusan.
Incoming search terms:

Leave a Reply