HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Kerjasama Bilateral Indonesia Dan Eropa Barat

Kerjasama Bilateral  Kerjasama Bilateral Indonesia Dan Eropa Barat

Kerjasama Bilateral

Kerjasama Bilateral

Pada dasarnya suatu negara dapat digambarkan persis dengan makhluk sosial. Yah dengan kata lain suatu negara memiliki kebutuhan yang tak mampu dipenuhi oleh badan-badan yang ada dinegara tersebut sehingga membutuhkan suatu bantuan dari negara lain untuk memenuhi kebutuhan tersebut dan sifatnya saling menguntungkan satu sama lainnya.

Dari dasar kebutuhan dan rasa saling membutuhkan untuk memenuhi kebutuhan dilaksanakan atau disepakasti sebuah kerja sama yang pada adsarnya akan emmbawa dampak positif dari kedua beah pihak. Misalnya saja pada keja sama bilateral yang dilakuakn Indonesia dan Jepang dalam bidang investasi.

Pengertian Kerjasama Bilateral

Hubungan bilateral merupakan suatu hubungan diplomatis yang dilakukan oleh satu Negara dengan negara lainnya dimana letak atau posisi negara yang menjadi partner kerjasam berada pada benua yang berbeda dengan satu negara tersebut. Misalnya saja Indonesia melakukan kerjasama dengan Eropa (Jerman, Perancis, Belanda).

Hubungan yang dilakukan berdasarkan pemenuhan kebutuhan atau kepentingan nasional. Sehingga sifat kerja sama yang dilakukan memiliki kerangka politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif berdasarkan prinsip saling menghormati.

Pola hubungan yang terjalin juga berdasarkan ketentuan yang berlaku pada politik luar negeri. Pada pelaksanaan hubungan bilateral dengan Eropa Barat yang merupakan negara yang sangat memperikan dampak positif terhadap NKRI.  Dampak potif tersebut dapat dilihat bahwa Eropa Barat merupakan sumber dan pasaran Ekspor dan Impor yang ada di dunia.

Dalam hubungan bilateral yang terjalin antara Indonesia dan Eropa Barat, diupayakan untuk melakukan peningkatan kedalam berbagai sketor staregi yang diplomatis. Hal tersebut dapat diwujudkan, melalui:

  1. Forum Konsultasi Bilateral
  2. Promosi perdagangan, investasi, dan pariwisata
  3. Pemeliharaan kontak sosial-budaya melalui pertukaran misi-misi kebudayaan secara timbal-balik

Demikian artikel yang berjudul Kerjasama Bilateral Indonesia Dan Eropa Barat. Semoga artikel ini mampu memberi wawasan tambahan dalam bidang Hubungan Internasional.

Incoming search terms:

Leave a Reply