HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Kendala SMA dalam Implementasi Dana Rintisan Sekolah Internasional

Kendala dan Upaya SMA dalam Implementasi Dana Rintisan Sekolah Internasional

Secara umum pelaksanaan implementasi dana RSBI di SMA N 1 Surakarta tahun 2010/2011 sudah berjalan dengan baik, penggunaan dana RSBI sudah dapat dirasakan oleh warga sekolah terutama bagi guru dan siswa yang berhubungan langsung dengan proses belajar mengajar. Implementasi dana RSBI di SMA N 1 Surakarta yang berjalan dengan baik masih ada kendala yang dihadapi. Kendala yang dihadapi oleh pihak SMA N 1 Surakarta dalam pengelolaan dana RSBI yaitu dikarenakan dana RSBI sampai di sekolah pada bulan yang hampir mendekati berakhirnya masa anggaran, yaitu dana biasa datang pada bulan Oktober dan November padahal bulan Desember harus sudah menyerahkan laporan pertanggungjawaban kepada pemerintah. Hal tersebut yang menjadikan kendala bagi pihak pengelola RSBI dan semua lini kerja yang berkaitan dengan penggunaan dana RSBI.

Dana RSBI yang diberikan oleh pemerintah kepada Sekolah Menengah Atas dimaksudkan untuk meningkatkan mutu sekolah yang bisa meningkatkan prestasi belajar siswa dalam menyiapkan lulusan SMA yang bertaraf internasional. Dana RSBI dari pemerintah yang sampai di sekolah sebaiknya tidak mepet pada waktu hampir berakhirnya masa anggaran supaya pihak sekolah bisa mengimplementasikan dana sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat pada waktu work shop. Upaya SMA N 1 Surakarta dalam menghadapi masalah implementasi dana RSBI yaitu:

  • Sekolah menggunakan dana komite terlebih dahulu untuk realisasi dana RSBI, apabila dana RSBI cair baru mengembalikan dana komite.
  • Sekolah mengadakan iuran bulanan dan sumbangan dari pihak luar untuk tambahan dana.
  • Berkomitmen membuat laporan pertanggungjawaban setelah kegiatan/realisasi dana.

Leave a Reply

×
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?