HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Judul Tesis : Pengaruh Latihan Jump Shoot Dari Sisi Kanan dan Kiri

Judul Tesis : Pengaruh Latihan Jump Shoot Dari Sisi Kanan dan Kiri Pada Posisi 150 terhadap Hasil Tembakan pada Siswa Putra Ekstrakurikuler Bola Basket SMAN 1 Bawang Banjarnegara Tahun Ajaran 2004/2005

 

A. Latar Belakang

Seorang pemain yang baik harus mengetahui kapan waktu dan posisi yang tepat untuk melakukan shooting dalam permainan, sehingga shooting yang dilakukan akan mendapat angka. Oleh karena itu setiap pemain harus mengetahui apakah ia dalam posisi yang menguntungkan untuk melakukan shooting atau apakah ia harus mengoperkan bola yang ia kuasai kepada teman yang dalam posisi menguntungkan. Keputusan itu harus diambil dengan segera bila regu ingin menjadi juara. Karena pada dasarnya tujuan dari permainan bola basket adalah memasukkan bola kedalam ring basket lawan sebanyak mungkin, dengan memperhatikan teknik dasar dalam permainan bola basket.

Jump Shoot adalah tembakan yang sangat penting penggunaannya dalam bola basket. Apabila seorang pemain melakukan tembakan jump shoot dengan baik maka ia merupakan ancaman yang berbahaya bagi lawan-lawannya untuk mencetak gol setiap saat, apabila ia menguasai bola, sebab pemain itu dapat melakukan tembakan jump shoot dari situasi apapun, misalnya selagi ia melakukan dribble, dan menerima umpan dalam keadaan diam dan bergerak (M. Sajoto, 1985: 22).

Penggolongan jump shoot sisi kanan dan sisi kiri posisi 150 termasuk pada daerah dan jenis tembakan, seperti yang dikemukakan M. Sajoto “Di daerah ini dikerjakan tembakan-tembakan tolak tangan satu, tembakan tolak tangan dua, jump shoot dan hook shoot” (1985:24). Selama pengamatan di lapangan tembakan jump shoot merupakan tembakan yang sulit dibendung lawan, karena bola baru dilepaskan saat loncatan mencapai titik tertinggi.

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah ada perbedaan pengaruh latihan jump shoot dari sisi kanan dan kiri pada posisi 150 terhadap hasil tembakan pada siswa putra ekstrakurikuler bola basket SMA N I Bawang Banjarnegara tahun ajaran 2004/2005?
  2. Manakah yang lebih baik antara latihan jump shoot dari sisi kanan dan ki ri posisi 150 terhadap hasil tembakan pada siswa putra ekstrakurikuler bola basket SMA N I Bawang Banjarnegara tahun ajaran 2004/2005?

C. Landasan Teori

Permainan Bola Basket

Bola basket merupakan olahraga permainan yang menggunakan bola besar, dimainkan dengan tangan. Bola boleh dioper (dilempar), boleh dipantulkan ke lantai baik di tempat atau sambil berjalan dan tujuannya adalah memasukkan bola ke ring lawan (Imam Sodikun, 1992:8).

Dasar- dasar permainan Bola Basket

Gerakan yang efektif dan efisien dalam permainan bola basket adalah merupakan suatu tujuan dalam penguasaan teknik dasar yang baik. Adapun beberapa teknik dasar yang perlu diketahui dalam permainan bola basket adalah sebagai berikut: (a) Passing (teknik melempar dan menangkap bola); (b) Dribling (teknik menggiring bola); (c) Shooting (teknik menembak); (d) Ball handling (penguasaan bola); (d) Rebounding (teknik merayah bola); (e) Intercept (teknik memotong arah passing bola); (f) Steals (teknik merebut bola); (g) Foot work (teknik pergerakan kaki) (Pengurus Daerah Perbasi Jawa Tengah, 1991:68).

Pengertian tembakan dalam permainan bola basket

Tembakan atau shooting merupakan teknik dasar terpenting yang harus dikuasai dengan baik oleh pera pemain bola basket. Dalam bukunya Wooden mengatakan bahwa “Jika anda tidak dapat memasukkan bola atau tembakan melalui ring, anda tidak akan memenangkan pertandingan melawan tim-tim lain”(1979:94).

D. Metode Penelitian

Instrumen yang digunakan adalah tes tembakan jump shoot dari sisi kanan dan kiri posisi 150 pada jarak 15 feet. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik statistik dengan rumus t-test short method dengan derajat kebebasan (db) N-1 yaitu 14, dengan taraf signifikansi 5%.

E. Kesimpulan

  1. Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara hasil latihan jump shoot dari sisi kanan dengan hasil latihan jump shoot dari sisi kiri.
  2. Latihan jump shoot dari sisi kanan lebih baik dibandingkan latihan jump shoot dari sisi kiri posisi 15o.

 

Contoh Tesis Pendidikan

  1. Pengaruh Latihan Jump Shoot Dari Sisi Kanan dan Kiri Pada Posisi 150 terhadap Hasil Tembakan pada Siswa Putra Ekstrakurikuler Bola Basket SMAN 1 Bawang Banjarnegara Tahun Ajaran 2004/2005
  2. Pengaruh Latihan Loncat Katak dan loncat Naik Turun Bangku terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok pada Siswa Putra Kelas v SD Negeri Kalirejo 01 kec. Ungaran kab. Semarang Tahun pelajaran 2004/2005
  3. Pengaruh Latihan Naik Turun Bangku Tumpuan Satu Kaki Bergantian dengan dua kaki terhadap hasil Lompat Jauh Gaya Jongkok pada Siswa Putra Kelas V, VI SD Kalisidi 03 Ungaran Tahun Pelajaran 2004/2005
  4. Pengaruh Latihan Senam Ayo Bersatu terhadap Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Puteri Kelas IV Sekolah Dasar Gayamsari 01 Semarang Tahun Ajaran 2004/2005
  5. Pengaruh Latihan Shuttle Run Dan Three Corner Drill Terhadap Kelincahan Bagi Atlet Hockey Putra Klub Putra Mandiri Mijen Kota Semarang Tahun 2005

Leave a Reply