HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Pendidikan: Jump Shoot dri Sisi Kanan dan Kiri pd Posisi 150 trhdp Hasil Tembakan

Judul Skripsi: Pengaruh Latihan Jump Shoot dari Sisi Kanan dan Kiri pada Posisi 150 terhadap Hasil Tembakan pada Siswa Putra Ekstrakurikuler Bola Basket SMA N 1 Bawang Banjarnegara Tahun Ajaran 2004/2005

 

A. Latar Belakang

Bentuk tembakan jump shoot dari sisi kanan dan sisi kiri mempunyai hasil tembakan yang berbeda, apabila jump shoot dilakukan dari sisi kanan pada posisi 150 berarti tangan yang berperan untuk melepas bola adalah tangan kanan yang berarti posisinya lebih dekat dengan ring dan sebaliknya apabila kita melakukan jump shoot dari sisi kiri pada posisi 150 berarti tangan kanan yang berperan melepas bola posisinya lebih jauh dari ring dan keduanya mempunyai arah tembakan yang berbeda.

Teknik jump shoot yang pertama harus dilakukan adalah penguasaan teknik dasar dari teori di atas, mengingat jump shoot dari posisi 150 adalah arah tembakan yang tidak bisa menggunakan bantuan pantulan papan basket. Berdasarkan uraian di atas maka penulis bermaksud mengadakan penelitian dengan judul: “Pengaruh Latihan Jump Shoot dari Sisi Kanan dan Kiri pada Posisi 150 terhadap hasil tembakan pada Siswa Putra Ekstrakurikuler Bola Basket SMAN I Bawang Banjarnegara Tahun Ajaran 2004/2005″.

 

B. Perumusan

  1. Apakah ada perbedaan pengaruh latihan jump shoot dari sisi kanan dan kiri pada posisi 150 terhadap hasil tembakan pada siswa putra ekstrakurikuler bola basket SMA N I Bawang Banjarnegara tahun ajaran 2004/2005?
  2. Manakah yang lebih baik antara latihan jump shoot dari sisi kanan dan ki ri posisi 150 terhadap hasil tembakan pada siswa putra ekstrakurikuler bola basket SMA N I Bawang Banjarnegara tahun ajaran 2004/2005?

 

C. Landasan Teori

Permainan Bola Basket

Bola basket merupakan olahraga permainan yang menggunakan bola besar, dimainkan dengan tangan. Bola boleh dioper (dilempar), boleh dipantulkan ke lantai baik di tempat atau sambil berjalan dan tujuannya adalah memasukkan bola ke ring lawan (Imam Sodikun, 1992:8).

Dasar- dasar permainan bola basket

Gerakan yang efektif dan efisien dalam permainan bola basket adalah merupakan suatu tujuan dalam penguasaan teknik dasar yang baik. Adapun beberapa teknik dasar yang perlu diketahui dalam permainan bola basket adalah sebagai berikut:

(a) Passing (teknik melempar dan menangkap bola);

(b) Dribling (teknik menggiring bola);

(c) Shooting (teknik menembak);

(d) Ball handling (penguasaan bola);

(e) Rebounding (teknik merayah bola);

(f) Intercept (teknik memotong arah passing bola);

(g) Steals (teknik merebut bola);

(h) Foot work (teknik pergerakan kaki) (Pengurus Daerah Perbasi Jawa Tengah, 1991:68).

Pengertian Tembakan dalam Permainan Bola Basket

Tembakan atau shooting merupakan teknik dasar terpenting yang harus dikuasai dengan baik oleh pera pemain bola basket. Dalam bukunya Wooden mengatakan bahwa “Jika anda tidak dapat memasukkan bola atau tembakan melalui ring, anda tidak akan memenangkan pertandingan melawan tim-tim lain”(1979:94).

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra ekstrakurikuler bola basket SMA N I Bawang Banjarnegara tahun ajaran 2004/2005 yang berjumlah 30 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan teknik total sampling

 

E. Kesimpulan

  1. Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara hasil latihan jump shoot dari sisi kanan dengan hasil latihan jump shoot dari sisi kiri.
  2. Latihan jump shoot dari sisi kanan lebih baik dibandingkan latihan jump shoot dari sisi kiri posisi 15o.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Pengaruh Latihan Awalan 9 Dan 11 Langkah terhadap Hasil Lompat Jauh Gaya Jongkok pada Siswa Putri Sd
  2. Pengaruh Latihan Jump Shoot dari Sisi Kanan Dan Kiri pada Posisi 150 terhadap Hasil Tembakan
  3. Pengaruh Latihan Loncat Katak dan Loncat Naik Turun Bangku terhadap Kemampuan Lompat Jauh
  4. Pengaruh Latihan Naik Turun Bangku Tumpuan Satu Kaki Bergantian dengan Dua Kaki Terhadap Hasil Lompat Jauh Gaya Jongkok pada Siswa Putra Kelas V, Vi Sd Kalisidi 03 Ungaran Tahun Pelajaran 2004/2005
  5. Pengaruh Latihan Senam Ayo Bersatu terhadap Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Puteri

 

Leave a Reply