HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Implementasi Manajemen Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Implementasi Manajemen Sekolah – Sekolah adalah lembaga yang bersifat kompleks dan unik. Bersifat kompleks karena sekolah sebagai organisasi di dalamnya terdapat berbagai dimensi yang satu sama lain saling membutuhkan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan. Sedangkan sifat unik menunjukkan bahwa sekolah sebagai organisasi memiliki ciri­ ciri tertentu yang tidak dimiliki oleh organisasi lain. Ciri ­ ciri yang menempatkan sekolah memiliki karakter tesendiri, dimana proses pembelajaran adalah pembudayaan kehidupan manusia.

Manajemen sekolah secara langsung akan mempengaruhi dan menentukan efektif tidaknya kurikulum, berbagai peralatan belajar, waktu mengajar, dan proses pembelajaran. Dengan demikian , upaya peningkatan kualitas pendidikan harus dimulai dengan pembenahan manajemen sekolah, disamping peningkatan kualitas guru dan pengembangan sumber belajar.

Berdasarkan kenyataan ­ kenyataan tersebut di atas , perlu dilakukan upaya­ upaya perbaikan, salah satunya adalah melalui reorientasi penyelenggaraan pendidikan yang mendasarkan pada pola­ pola dan ilmu manajemen yang tepat. Perubahan pola lama manajemen pendidikan nasional, maka konsekuensi logis bagi manajemen pendidikan di Indonesia yakni perlu dilakukanya penyesuaian­ penyesuaian menuju manajemen masa depan yang mampu membawa misi tercapainya kualitas pembelajaran sekolah.

Keberhasilan sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan ditentukan sekali oleh kepemimpinan kepala sekolah. Untuk mengukur keberhasilan sekolah dan keberhasilan kepala sekolah maka dilakukan Penilaian Kinerja Sekolah (PKS ) yang didalamnya memuat instrumen penilaian kinerja kepala sekolah.

Sementara itu, Undang­ undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang merupakan dasar hukum penyelenggaraan dan reformasi sistem pendidikan nasional. Undang­ undang tersebut memuat visi, misi, fungsi dan tujuan pendidikan nasional , serta strategi pembangunan pendidikan nasional , untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu , relevan dengan kebutuhan masyarakat saat ini , serta berdaya saing dalam kehidupan global.

Madrasah Tsanawiyah Negeri ( MTs N) Manyaran, adalah sebagai salah satu bagian dari sistem pendidikan nasional yang ikut membantu, menciptakan, dan mengolah sumber daya manusia hingga menjadi Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang berkualitas atau tidak berkualitas. Maka perlu dievaluasi sejauh mana keberadaanya diantara kelompok komunitas sekolah yang lain , serta sejauh mana memiliki andil dalam mewujudkan ketercapaian pendidikan nasional.

Sebagai ancangan peneliti dalam melakukan penelitian di MTs Negeri Manyaran, ada beberapa faktor yang menjadi acuan utama didalam mengetahui prestasi dan tingkat kemajuan sekolah, yakni :

  • sumber daya pendidikan yang berupa kesesuaian antara mata pelajaran yang diampu serta tingkat pendidikan para guru pengampu mata pelajaran,
  • perbandingan jumlah guru dengan jumlah siswa dan tenaga kependidikan lainya serta sarana dan prasarana pendidikan yang ikut menunjang kelancaran pembelajaran,
  • data keberhasilan siswa dalam menempuh Ujian Akhir sekolah, yang berupa dokumen nilai Ujian Akhir Sekolah ( UAS ) sebagai tolak ukur tingkat pencapaian kompetensi pendidikan yang telah ditetapkan.

Bertitik tolak dari latar belakang di atas maka peneliti ingin melihat kualitas pembelajaran sekolah kaitanya dengan implementasi manajemen sekolah di Madrasah Tsanawiyah ( MTs) Negeri Manyaran, dengan judul penelitian

Implementasi Manajemen Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MTs Negeri Manyaran.

Leave a Reply

×
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?