HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Masalah Sertifikasi Guru

Masalah Sertifikasi Guru – Permasalahan guru di Indonesia secara langsung atau tidak langsung berkaitan dengan profesionalisme guru yang masih belum memadai sehingga perlu diselesaikan secara komprehensif baik menyangkut kualilifikasi, kesejahteraan maupun perlindungan bagi guru.

Selain itu, faktor-faktor yang  menyebabkan rendahnya profesionalisme guru antara lain disebabkan oleh masih banyaknya guru yang tidak menekuni profesinya secara utuh karena sebagian guru yang masih melakukan pekerjaan sambilan lainnya menjadikannya tidak memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri. Kemudian belum adanya standar profesional guru sebagaimana tuntutan di negara maju.

Selain itu, kemungkinan rendahnya profesionalisme disebabkan oleh adanya perguruan tinggi swasta yang mencetak guru setengah jadi atau asal jadi, sehingga menyebabkan banyaknya guru yang tidak patuh kepada etika profesinya. Penyebab terakhir ialah karena kurangnya motivasi guru dalam meningkatkan kualitas diri karena guru tidak dituntut untuk meneliti sebagaimana yang diberlakukan pada dosen di perguruan tinggi.

Berdasarkan permasalahan di atas maka dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan profesional guru, pemerintah mengadakan program sertifikasi guru dan uji kompetensi secara berkala yang telah dilaksanakan sejak tahun 2007 (Permendiknas No 18 Tahun 2007 ).

Incoming search terms:

Leave a Reply