HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Desain Komunikasi Visual Sarana Pembelajaran Bahasa Mandarin pada Anak

Desain Komunikasi Visual Sarana Pembelajaran Bahasa Mandarin Terhadap Anak (Studi Kasus di SD Marsudirini Surakarta)

ABSTRAKSI

Pengantar karya Tugas Akhir ini berjudul “Desain Komunikasi Visual Sarana Pembelajaran Bahasa Mandarin Terhadap Anak ( Studi Kasus di SD Marsudirini Surakarta ). Adapun Permasalahan yang dikaji adalah :

  1. Bagaimana cara merancang animasi interaktif melalui media Audio Visual sebagai sarana pembelajaran Bahasa Mandarin untuk anak ?
  2. Bagaimana cara merancang desain visual sebagai sarana pendukung pembelajaran Bahasa Mandarin untuk anak ?

Tujuan dari perancangan sarana pembelajaran bahasa Mandarin ini adalah untuk merancang animasi interaktif melalui media audio visual sebagai sarana pembelajaran Bahasa Mandarin untuk anak dan merancang desain visual sebagai sarana pendukung pembelajaran Bahasa Mandarin untuk anak. Bahasa Mandarin merupakan bahasa asing yang saat ini sedang berkembang pesat di Indonesia. Bahasa Mandarin sudah dianggap sebagai bahasa asing yang sangat berguna bagi masyarakat Indonesia.

Pembelajaran Bahasa Mandarin sudah dimulai di sekolah-sekolah ataupun lembaga pendidikan di Surakarta. Salah satunya adalah SD. Marsudirini. Pembelajaran Bahasa Mandarin dimulai dari kelas 3-6 SD. Namun, ada beberapa kesulitan dalam penyampaian materi Bahasa Mandarin. Kurangnya sarana pembelajaran menjadi kendala utama bagi para guru. Oleh karena itu, perancangan sarana belajar Bahasa Mandarin dirasa perlu untuk memajukan proses pembelajaran di SD. Marsudirini. Sarana pembelajaran itu terdiri dari media audio visual dan media cetak.

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Setiap perilaku kehidupan manusia, sebuah interaksi antara satu dengan yang lainnya dimulai dengan adanya suatu komunikasi. Bahasa merupakan alat komunikasi utama bagi manusia. Bahasa berguna sebagai sarana menjalin hubungan antar manusia. Bahasa menjadi sarana komunikasi baik di bidang eonomi, sosial, budaya, politik, maupun bidang-bidang lain dalam kehidupan manusia. Era globalisasi membuat bangsa Indonesia terus melakukan perkembangan di bidang bahasa. Kerja sama dengan negara asing mengharuskan masyarakat Indonesia mampu berbicara dengan bahasa lain. Bahasa asing menjadi peran penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia masa kini. Bahasa Mandarin merupakan bahasa yang mulai dikenal masyarakat dan sering digunakan selain bahasa Inggris. Banyaknya penduduk peranakan Cina di Indonesia membuat bahasa Mandarin berkembang pesat, bahkan penduduk Indonesia asli ingin turut serta mempelajari bahasa tersebut. Hal ini dapat dilihat dengan adanya lembaga-lembaga pendidikan di luar sekolah, yang menawarkan pembelajaran bahasa Mandarin. Banyak sekolah menyajikan kurikulum bahasa Mandarin sebagai muatan lokal bagi anak didiknya. Selain itu, perguruan tinggi juga membuka program studi bahasa Mandarin, meskipun hanya pada tingkat D3 ( diploma tiga ) saja.

Salah satu lembaga pendidikan yang memasukkan bahasa Mandarin ke dalam kurikulum belajar mengajar adalah Sekolah Dasar Marsudirini. SD. Marsudirini merupakan sekolah swasta yang cukup terkemuka di Solo. Pelajaran bahasa Mandarin diperkenalkan kepada siswa kelas 3 sampai dengan kelas 6. Banyaknya siswa peranakan Cina menjadi salah satu alasan adanya pelajaran bahasa Mandarin. Namun, alasan utama adalah penambahan materi bahasa asing yang nantinya dapat berguna bagi masa depan para siswa. Proses pembelajaran bahasa Mandarin di SD. Marsudirini mengalami berbagai hambatan dalam proses belajar mengajar. Hambatan itu terdapat pada metode pembelajaran yang sulit. Para siswa agak sulit menerima materi yang disampaikan oleh guru. Kesulitan itu disebabkan karena tidak adanya sarana belajar yang dapat dipahami oleh para murid dengan mudah. Berbeda dengan bahasa Inggris, sarana pembelajaran bahasa Inggris dapat diperoleh dengan mudah. Para siswa pun dapat memahaminya dengan mudah. Bahasa Mandarin merupakan bahasa yang rumit, sehingga butuh pemahaman penuh dari tingkatan dasar hingga tingkatan yang sukar. Keterbatasan sarana inilah yang mendorong penulis untuk merancang sarana belajar bahasa Mandarin, yang nantinya dapat membantu proses belajar mengajar di SD. Marsudirini.

Berdasarkan latar belakang di atas dan mengingat potensi yang diharapkan dapat berguna bagi orang lain, dalam penelitian ini menitikberatkan pada permasalahan yang ada, yang sekaligus menjadi judul penelitian, yaitu “DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SARANA PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN TERHADAP ANAK-ANAK ” ( Studi kasus Sekolah Dasar Marsudirini, Surakarta ).

Untuk mendapatkan daftar lengkap contoh skripsi komunikasi lengkap / tesis komunikasi lengkap, dalam format PDF, Ms Word, dan Hardcopy, silahkan memilih salah satu link yang tersedia berikut :

Contoh Tesis

Contoh Skripsi

Leave a Reply