HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Definisi Struktur Sosial Menurut Para Ahli

Struktur Sosial Definisi Struktur Sosial Menurut Para Ahli

Struktur Sosial

Struktur Sosial~ Manusia merupakan makhluk sosial yang artinya saling membutuhkan satu sama lain dan saling bergantungan. Contohnya dalam kegiatan organisasi yang diikuti oleh seseorang, satu sama lain akan saling membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan tugas yang didapatkan.

Dalam kegiatan organisasi sendiri terdapat kepengurusan yang bertujuan memperlancar kegiatan organisasi sendiri. Contoh organisasi yang umum ialah OSIS, dalam organisasi ini juga memiliki kepengurusan yang biasanya disebut dengan pengurus OSIS.

Dalam kepengurusan osis, kita dapat menjumpai ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, serta seksi-seksi. Kepengurusan osis itu merupakan salah satu bentuk sederhana adanya struktur sosial di dalam masyarakat.

Dalam pengertian ini strukrur sosial dapat diartikan sebagai suatu pola yang mengatur setiap perilaku yang ada pada kelompok sosial.

Dalam interaksi sosial istilah struktur sosial juga kerap sekali mendapat hubungan yang erat. Sehingga struktur sosial diartikan sebagai sifat-sifat atau perilaku individu untuk bersikap satu sama lainnya.

Namun meskipun sudah ada pengertian secara umum yang sering diketahui oleh banyak orang, ada beberapa pendapat para ahli yang mendefinisikan struktur sosial secara berbeda tapi masih dalam artian yang sama.

Oleh karenanya IDtesis yang merupakan Jasa Pembuatan Disertasi, Tesis, Skripsi akan memberikan wawasan mengenai definisi dari struktur sosial yang dapat dijadikan sebagai refrensi untuk anda.

Abdul Syani berpendapat bahwa struktur sosial merupakan bagian dari kehidupan sosial. Tatanan yang ada dari kehidupan sosial merupakan unsur pokok dari kehidupan. Misalnya saja seperti kelompok sosial, kebudayaan, lembaga sosial, stratifikasi sosial, kekuasaan, dan wewenang.

Setelah struktur sosial yang berkembang secara pesat, hal ini juga tidak dapat dilepaskan dari masyarakat modern. Adapun ciri-ciri struktur sosial dan budaya masyarakat modern adalah sbegaia berikut ini:

  1. Hubungan sosial terjadi karena kepentingan pribadi
  2. Hubungan tidak saling mempengaruhi
  3. Ilmu pengetahuan dan kepercayaan sangat kuat
  4. Stratifikasi sosial berdasarkan keahlian
  5. Pendidikan formal relatif tinggi
  6. Hukum yang berlaku sudah tertulis
  7. Perekonomian menggunakan uang sebagai alat pembayaran

Demikian artikel yang berisi tentang definisi Struktur Sosial Dan Ciri-Ciri Struktur Sosial yang dapat disajikan oleh IDtesis, semoga dapat bermanfaat.

Incoming search terms:

Leave a Reply