HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Definisi Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Perubahan Sosial Definisi Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Perubahan Sosial

Perubahan Sosial~ Sudah umum bahwa manusia merupakan individu yang tidak dapat dilepaskan dari hubungan manusia lainnya. Dengan kata lain manusia merupakan makhluk sosial yang artinya membutuhkan dan saling bergantungan pada manusia lainnya.

Dari hubungan manusia ini kemudian lahirlah sebuah kelompok sosial, kelompok ini terbentuk atas kesamaan kepentingan antara individu satu dengan individu lainnya.

Namun bukan berarti semua himpunan manusia dapat dikatakan kelompok sosial. Untuk dikatakan kelompok sosial terdapat persyaratan-persyaratan tertentu.

Di dalam kelompok sosial juga telah tersusun sebuah susunan yang membentuk unsur masyarakat. Karena pada dasarnya perubahan merupakan hal yang memang senantiasa terjadi dimanapun.

Perubahan yang ada pada kelompok sosial disebut dengan perubahan sosial. Perubahan sosial sendiri dapat diartikan sebagai perubahan proses dari cara berpikir yang lebih inovatif, serta sikap dalam menjalani kehidupan sehari-hari lebih bervariasi.

Dalam hal ini ternyata para ahli banyak yang berpendapat berbeda namun masih memiliki artian yang sama. Oleh karenanya, dalam artikel ini IDtesis yang merupakan Jasa Pembuatan Disertasi, Tesis, Skripsi akan menyajikan beberapa definisi dari perubahan sosial menurut para ahli.

Prof. Selo Soemardjan yang berperan aktif terhadap kehidupan sosial terutama mengamati gejala sosial berpendapat bahwa perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga masyarakat atau kelompok masyarakat dipengaruhi oleh sebab-sebab tertentu.

Sedangkan menurut William. F. Ogburn yang dimaksud dengan perubahan sosial ialah perubahan yang terjadi pada unsur-unsur kebudayaan baik dari segi meterial ataupun dai segi inmaterial. Keduanya akan saling mempengaruhi satu sama lainnya.

Dari beberapa pengertian di atas dapat di tarik kesimpulan bahwa perubahan sosial merupakan perubahan yang terjadi pada lingkungan masyarakat dengan berbagai sistem yang ada salah satunya ialah sistem stratifikasi sosial, sistem nilai dan norma sosial, proses-proses sosial, struktur sosial, pola sikap dan tindakan sosial warga masyarakat, serta lembaga-lembaga kemasyarakatannya dalam suatu kurun waktu tertentu.

Dalam perubahan tentu saja dipengaruhi oelh beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan tersebut. Adapun faktor-faktor yang melandasi terjadinya perubahan sosial ialah :

  1. Faktor pendorong
  2. Faktor penghambat

Salah satu faktor yang berupa faktor pendorong ialah pendidikan formal yang maju, dari pendidikan tersebut tentu seseorang akan mengalami perubahan cara berfikir serta berperilaku mengingat akan wawasan yang dimilikinya semakin bertambah tentu akan mempengaruhi kualitas taraf hidupnya.

Sedangkan salah satu faktor penghambat berupa kelambatan dalam mengeyam ilmu pengetahuan. Hal tersebut juga bisa dilandaskan oleh beberapa hal salah satunya kurang mengerti akan pentingnya pendidikan sehingga ilmu yang didapat pun sedikit.

Demikian artikel yang berisi tentang Definisi Perubahan Sosial, Kelompok Sosial, Faktor Pendorong Dan Faktor Penghambat Perubahan Sosial yang IDtesis sajikan, semoga dapat bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai refrensi anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply