HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Definisi Kebudayaan Menurut Para Ahli

Kebudayaan Definisi Kebudayaan Menurut Para Ahli

Kebudayaan

Kebudayaan ~Tahukah anda bahwa manusia dalam kesehariannya tidak akan lepas dari kebudayaan, karena manusia adalah pencipta dan pengguna kebudayaan itu sendiri.

Manusia hidup karena adanya kebudayaan, sementara itu kebudayaan akan terus hidup dan berkembang manakala manusia mau melestarikan kebudayaan dan bukan merusaknya.

Dengan demikian manusia dan kebudayaan tidak dapat dipisahkan satu sama lain, karena dalam kehidupannya tidak mungkin tidak berurusan dengan hasil-hasil kebudayaan, setiap hari manusia melihat dan menggunakan kebudayaan, bahkan kadang kala disadari atau tidak manusia merusak kebudayaan.

Akan tetapi sudah jelaskah anda apa sebenarnya makna, pengertian atau definisi dari kebudayaan itu sendiri ? sebagai solusi,konsultasi, dan refrensi IDtesis yang merupakan Jasa Pembuatan Disertasi, Tesis, Skripsi dalam artikel kali ini akan membahas secara jelas tentang kebudayaan mulai dari pengeritian, definisi para ahli dan perwujudan kebudayaan itu sendiri.

Kebudayaan yang apad dasarnya berasal dari kata budidaya yang berarti kata jamak dari kata budi dan daya yang memiliki arti cinta, karsa, dan rasa. Kata budaya sebenarnya berasal dari bahasa sansekerta buddayah yaitu bentuk jamak dari kata buddhi yang berarti budi atau akal.

Hal serupa juga diluntarkan oleh Edward B. Taylor ia mengungkapkan bahwa kebudayaan merupakan keseluruhan dari pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adapt istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat oleh seseorang sebagai anggota masyarakat.

Akan tetapi hal berbeda juga diungkapkan oleh Dr. K. Kupper ia beranggapan bahwa budaya merupakan sisitem yang berbentuk kedalam gagasan yang nantinya akan digunakan sebagai pedoman bagi manusia untuk bersikap serta perperilaku.

lain lagi Bounded et.al, ia menjelaskan bahwa kebudayaan merupakan sesuatu yang terbentuk oleh pengembangan dan transmisi dari kepercayaan manusia melalui simbol-simbol tertentu, misalnya simbol bahasa sebagai rangkaian simbol yang digunakan untuk mengalihkan keyakinan budaya diantara para anggota suatu masyarakat. Pesan-pesan tentang kebudayaan yang di harapkan dapat di temukan di dalam media, pemerintahan, intitusi agama, sistem pendidikan dan semacam itu.

R. Seokmono seorang arkeolog berpendapat bahwa kebudayaan merupakan hasil usaha manusia, baik berupa benda ataupun hanya berupa buah pikiran dan dalam penghidupan.

Hal ini dibarengi dengan Koentjaraningrat yang mengemukakan bahwa kebudayaan itu dibagi kedalam beberapa bagian atau kelompok diantaranya :

  1. Berwujud ide-ide serta gagasan yang berisi norma-norma
  2. Wujud aktivitas kebudayaan
  3. Berwujud benda-benda yang dihasilkan oleh manusia

Semoga artikel yang berisi definisi kebudayaan dan perwujudan yang di paparkan oleh para ahli yang yang kami sajikan ini dapat menambah wawasan anda sebagai refrensi.

Incoming search terms:

Leave a Reply