HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Definisi Pembelajaran Menurut Para Ahli

Pembelajaran Definisi Pembelajaran Menurut Para Ahli

Pembelajaran

Pembelajaran~ Dalam kegiatan belajar tidak kata Istilah keterlambatan berdasarkan umur. Belajar suatu proses pemahaman secara spesifik terhadap sesuatu hal. Belajar juga merupakan media yang paling memiliki nilai tinggi ketika sesorang menginginkan hal lebih untuk pengetahuannya sendiri.

Akan tetapi tahukah anda selama ini banyak orang yang berasumsi bahwa belajar merupakan hal yang sangat membosankan, dan mengahabiskan banyak waktu. Dari hal ini banyak penelitian melakukan survei terhadap beberapa anak mengenai belajar, dan kagetnya hampir 80 % beranggapan bahwa belajar adalah kegiatan yang menyita waktu bermain.

Padahal belajar dapat dilakukan dengan baik dengan metode tertuntu agar proses belajar dapat berjalan dengan baik. Metode belajar sambil bermain saat ini biasanya banyak di terapkan pada anak-anak yang usianya dini. Dengan adanya metode ini diharapkan dapat memacu motivasi anak untuk rajin belajar.

Dalam belajar harus terdapat penyediaan sistem lingkungan yang mengakibatkan terjadinya proses belajar pada diri siswa atau yang lebih dikenal dengan pembelajaran.

Setelah kita mengungkap secara singkat fenomena belajar di atas, ternyata banyak pihak yang sulit untuk mendefinisikan apa sesungguhnya arti kata belajar ataupun pembelajaran itu sendiri.

Oleh karenanya, IDtesis yang merupakan Jasa Pembuatan Disertasi, Tesis, Skripsi akan menyajikan beberapa definisi mengenai belajar dan definisi dari pembelajaran.

Menurut Gagne (1984) belajar merupakan kegiatan yang kompleks, yang kemudian didefinisikan sebagai suatu proses dimana suatu organisme berubah perilakunya akhir.

Belajar merupakan usaha sadar serta terencana yang dilakuakn tiap-tiap individu dengan tujuan memperoleh pengetahuan dan mengembangkan potensi dirinya. Dalam kegiatan belajar tentu saja memiliki tahapan-tahapan yang dapat disebut dengan fase belajar. Adapun fase belajar meliputi :

  1. Persiapan belajar
  2. Petunjuk belajar
  3. Alih belajar

Dalam persiapan belajar perlua adanya suatu penekanan bahwa belajar merupakan hal terpenting dalam kehidupan, sehingga dalam belajar haruslah memperhatikan dengan baik apa yang telah disampaikan.

Dari memperhatikan apa yang telah disamapaikan tadi bertujuan agar segala harapan serta tujun mampu terlaksana dengan baik. Dari belajar pula kita mampu menyerap segala informasi yang ada.

Setelah mendfinisikan belajar tentu saja hal yang terfikir selanjutnya ialah pembelajaran. Pembelajaran merupakan upaya untuk mengoptimalkan pertumbuhan serta pengembangan yang terjadi pada peserta didik.

Dalam proses pmbelajaran perilaku siswa akan mengalami perkembangan atau perubahan yang baik pula. Oleh sebab itu dalam melakukan pembelajaran tentu saja dibutuhkan suasana yang kondusif.

Banyaknya pengertian tidak membuat para ahli begitu saja menerima pengertian tersebut. Dari mereka juga banyak pengertian bermunculan. Dasar-dasar pemikiran sudah tidak lagi monoton.

Corey  menyatakan bahwa pembelajaran adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus.

Sedangkan Munif Chatib beranggapan bahwa pembelajaran adalah proses transfer ilmu dua arah, antara guru sebagai pemberi informasi dan siswa sebagai penerima informasi.

Sehingga dari beberapa definisi yang ada juga dapat diketahui bahwa pembelajaran memiliki ciri-ciri yang sanag spesifik antara lain :

  1. Adanya unsur guru Adanya unsur siswa
  2. Adanya aktivitas guru dan siswa
  3. Adanya interaksi antar guru – siswa
  4. Bertujuan kearah perubahan tingkah laku siswa
  5. Proses dan hasilnya terencana/terprogram

Yang menjadi kunci dalam rangka menentukan tujuan pembelajaran adalah kebutuhan siswa, mata ajaran, dan guru itu sendiri. berdasarkan kebutuhan siswa dapat ditetapkan apa yang hendak dicapai dan dikembangkan dan diapresiasikan.

Berdasarkan mata ajaran yang ada dalam petunjuk kurikulum dapat ditentukan hasil-hasil pendidikan yang diinginkan. guru sendiri adalah sumber utama tujuan bagi para siswa dan dia harus mampu menulis dan memilih tujuan pendidikan yang bermakna dan dapat diukur.

Demikian artikel yang berisi mengenai refrensi Definisi Belajar, Pembelajaran, Fase-Fase Belajar, Ciri-Ciri Pembelajaran, Dan Tujuan Dari Pembelajaran Itu Sendiri, semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

Leave a Reply