HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Definisi Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Kewirausahaan Definisi Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Kewirausahaan

Kewirausahaan~Dalam kegiatan sehari-hari tanpa sadar sesorang telah melakukan suatu usaha, mulai dari usaha mengatur dirinya sendiri, atau bahakan melakukan suatu usaha dengan tujuan memenuhi kebutuhan ekonomi.

Dalam melakukan usaha dengan tujuan memenuhi kebutuhan tersebut sering kali disebut kewirausahaan. Kewirausahaan adalah suatu sikap, jiwa dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain.

Menurut Geoffrey G. Meredith seseorang karakteristik kewirausahaan, sebagai berikut :

  1. Percaya diri dan optimis
  2. Berorientasi pada tugas dan hasil
  3. Berani mengambil resiko dan mempunyai tantangan
  4. Kepemimpinan
  5. Keorsinilan
  1. Berorientasi masa depan

Setelah kita mengetahui beberapa karakteristik yang telah di paparkan oleh Geoffrey G. Meredith, ternyata banyak di antara kita yang masih awan dengan definisi kewirausahaan itu sendiri.

Dalam menyikapi hal ini IDtesis yang merupakan Jasa Pembuatan Disertasi, Tesis, Skripsi akan menyajikan beberapa definisi dari Kewirausahaan menurut para ahli, meliputi :

1. Menurut Peter F Drucker, kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different) .

2. Menurut Arif F. Hadipranata, wirausaha adalah sosok pengambil risiko yang diperlukan untuk mengatur dan mengelola bisnis serta menerima keuntungan financial ataupun non uang.

3. Thomas W Zimmerer Kewirausahaan adalah penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi orang setiap hari.

4. Kathleen mengemukakan bahwa wirausaha adalah orang yang mengatur, menjalankan, dan menanggung risiko bagi pekerjaan-pekerjaan yang dilakukannya dalam dunia usaha.

5. Andrew J Dubrin adalah seseorang yang mendirikan dan menjalankan sebuah usaha yang inovatif (Entrepreneurship is a person who founds and operates an innovative business).

6. Soeharto Prawiro mengungkapkan bahwa kewirausahaan adalah suatu nilai yang diperlukan untuk memulai suatu usaha (start-up phase) dan perkembangan usaha (venture growth).

7. Acmad Sanusi menjelaskan bahwa kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan dasar sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis.

8. Jean Baptista Say eorang wirausahawan adalah agen yang menyatukan berbagai alat-alat produksi dan menemukan nilai dari produksinya.

9. Frank Knight mengungkapkan, wirausahawan mencoba untuk memprediksi dan menyikapi perubahan pasar. Definisi ini menekankan pada peranan wirausahawan dalam menghadapi ketidakpastian pada dinamika pasar. Seorang worausahawan disyaratkan untuk melaksanakan fungsi-fungsi manajerial mendasar seperti pengarahan dan pengawasan.

Seiring berjalanya waktu, kewirausahaan semakin berkembang, maka lahirlah berbagai macam teori tentang kewirausahaan, salah satu teori kewirausahaan yang terkenal ialah teori Neo Klasik

Teori ini memandang perusahaan sebagai sebuah istilah teknologis, dimana manajemen (individu-individu) hanya mengetahui biaya dan penerimaan perusahaan dan sekedar melakukan kalkulasi matematis untuk menentukan nilai optimal dari variabel keputusan.

Jadi pendekatan neoklasik tidak cukup mampu untuk menjelaskan isu mengenai kewirausahaan. Dalam teori ini kemandirian sangat tidak terlihat, wajar saja, karena ini memang pada masa lampau dimana belum begitu urgen masalah kemandirian, namun cukup bisa menjadi teori awal untuk melahirkan teori-teori berikutnya.

Demikian artikel yang berisi tentang definisi, karakteristik, serta teori kewirausaan yang IDtesis sajikan semoga bermanfaat sebagai refrensi dan menambah pengetahuan anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply