HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Definisi Akuntansi Menurut Para Ahli

Akuntansi  Definisi Akuntansi Menurut Para Ahli

Akuntansi

Akuntansi~ Hampir keseluruhan kegiatan keuangan yang dilakukan dalam bentuk jasa maupun barang tentu dibutuhkan suatu perhitungan dengan tujuan mengetahui kegiatan yang dilakukan tersebut mengalami laba atau rugi, keluar masuknya uang dengan tertib, dan apakah manajemen keuangan sudah berjalan dengan baik.

Dalam hal ini dibutuhkan sebuah ilmu yang dapat membantu dalam penyelesaian perhitungan tadi. Ilmu tersebut sering disebut dengan akuntansi.

Banyak orang yang berasumsi bahwa ilmu akuntansi hanya sekedar ilmu perhitungan padahal akuntansi pun dapat dijadikan sebagai acuan perencanaan untuk kegiatan yang membutuhkan akuntansi seperti perdagangan.

Oleh sebab itu dalam pembahasan artikel kali ini kami IDtesis yang merupakan Jasa Pembuatan Disertasi, Tesis, Skripsi akan menyajikan beberapa definisi mengenai akuntansi.

Pada umumnya akuntansi merupakan seni dan ilmu untuk mengatur serta mengukur kinerja dari uang. Akan tetapi akuntansi memiliki pengertian khusus sebagai pengukuran, penjabaran, atau pemberian informasi menganai kondisi keuangan suatu perusahaan atau organisasi tertentu kepada pihak-pihak yang membutuhkan.

Pengertian Akuntansi sudah banyak sekali dibicarakan oleh para ahli akuntansi yang mendefinisikan pengertian dari akuntansi dengan pendapatnya masing-masing yang berbeda, namun  maksud dari mereka semua itu adalah sama.

Salah satunya ialah Pengertian Akuntansi sudah banyak sekali dibicarakan oleh para ahli akuntansi yang mendefinisikan pengertian dari akuntansi dengan pendapatnya masing-masing yang berbeda, namun  maksud dari mereka semua itu adalah sama.

Salah satunya ialah American Accounting Association ( AAA ) mendefinisikan akuntansi sebagai :

Proses mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut .

Hal tersebut disusul dengan penjabaran Suparwoto L mengenai akuntansi yaitu suatu sistem yang diperguakan untuk mengukur serta mengelolah segala transaksi yang ada pada kegiatan yang berhubungan dengan pencatatan yang nantinya akan dijadikan informasi oleh pihak intern maupun ektern.

Dari pengertian di atas dapat di simpulkan bahwa akuntansi merupakan sarana dan ilmu yang membantu kita dalam berbagai kegiatan keuangan dan sebagai penyedia informasi yang kualitatif dan logis.

Dalam akuntansi tentu saja mempunyai berbagi tahapan yang digunakan untuk melakukan kegiatan tersebut. Tahapan tersebut disebut dengan siklus akuntansi. Adapun siklus akuntansi meliputi :

  1. Tahap pencatatan
  2. Tahap pengiktisaran
  3. Tahap pelaporan

Tahap pencatatan dilakuakan dengan tahap awal yaitu pencatatan awal dokumen transaksi, pencatatan jurnal, pemindahan akun ke buku besar, dan pencatatan dalam neraca saldo.

Demikian pembahasan mengenai Definisi Akuntansi menurut para ahli dan beserta Siklus Akuntansi yang dapat kami sajkan, semoga artikel ini dapat menjadi bahan refrensi untuk anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply