HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Definisi Perencanaan Menurut Para Ahli

Perencanaan Definisi Perencanaan Menurut Para Ahli

Perencanaan

Perencanaan~ Saat kita akan melakukan suatu kegiatan yang melibatkan banyak pihak tentu saja kita telah membuat kesepakatan satu sama lain. Setelah sebuah kesepakatan telah terbentuk, tahap berikutnya ialah pembicaraan seputar bagaimana bentuk kegiatan tersebut.

Pembicaraan seputar kegiatan tersebut biasanya disebut dengan perencanaan. Perencanaan merupakan model, bentuk, dan tujuan dari suatu kegiatan atau organisasi yang telah disepakati satu sama lainnya.

Fungsi perencanaan baiasanya sebagai proses yang dinilai mampu menghasilkan suatu keputusan yang berhubungan apa yang telah diinginkan dan mengendalikan hasil akhir untuk membandingkan rencana yang dibuat.

Keguaan dari pembuatan perencanaan sendiri meliputi keefisiensian serta keefektivitasan pelaksanaan rencana yang telah dibuat dalam suatu kegiatan perusahaan atau pengevaluasian sebuah penyimpangan yang terjadi.

Namun dalam hal ini definisi dari perencanaan itu sendiri masih belum memiliki pengertian yang dianggap universal. Oleh karenanya banyak para ahli menuangkan idenya dengan mendefinisikan perencanaan tersebut. Meskipun pendapat itu berbeda namun masih memiliki arti yang sama.

Berikut ini IDtesis yang merupakan Jasa Pembuatan Disertasi, Tesis, Skripsi akan menyajikan beberapa definisi dari perencanaan menurut para ahli .

Kusmiadi mendefinisikan perencanaan kedalam sebuah proses yang dilakukan untuk penunjang tercapainya suatu tujuan yang telah ditetapkan.

Sedangkan Soekartawi ia beranggapan bahwa perencanaan dibuat sebagai alternatif untuk pengalkasian sumber daya yang ada dalam perusahaan atau lingkungan yang ada.

Kedua hal tersebut sedikit berbeda dengan pendapat Abdulrachman yang menungkapkan bahwa perencanaan merupakan pemikiran yang sifatnya rasional digunakan untuk menentukan serta pelaksanaan kegiatan yang ada.

Dari definisi yang ada, dapat ditarik kesimpulan bahwa perencanaan merupakan sesuatu yang digunakan untuk mencapai tujuan yang telh ditetapkan dan dianggap sebagi proses awal dari seluruh kegiatan yang ada.

Sehingga dapat diketahui maksud dari perencanaan itu sendiri memilki manfaat yang sangat beragam. Manfaat tersebut antara lain :

  1. Pelaksanaan kegiatan menjadi efektif
  2. Mencegah terjadinya penyimpangan-penyimpangan
  3. mengidentifikasikan hambatan yang ada
  4. menghindari pertumbuhan yang tidak terkontrol

Dengan ini IDtesis telah menyajikan artikel yang berisi Definisi Perencanaan, Fungsi Perencanaan, Serta Manfaat Perencanaan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai refrensi anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply