HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Definisi Pendidikan Menurut Para Ahli

Pendidikan Definisi Pendidikan Menurut Para Ahli

Pendidikan

Pendidikan ~ Didalam kehidupan pendidikan merupakan faktor utama yang menentukan kualitas setiap individu dalam berinteraksi maupun bersosialisasi.

Pentingnya pendidikan juga terasa ketika kita sedang diantara sekian banyak orang yang memiliki intelek yang luar biasa namun kita hanya memiliki kemampuan intelek atau pengetahuan di bawah rata-rata.

Dengan menyadari pentingnya pendidikan akan lebih mendorong tiap individu untuk lebih memperhatikan proses pendidikan yang sedang ditempuhnya.

Pada umumnya pendidikan merupakan usaha sadar terncara untuk melakukan kegiatan belajar yang dilakukan tiap-tiap individu untuk mengembangkan potensinya.

Dengan adanya pengertian dari pendidikan tersebut, mendorong para ahli memaparkannya dengan hal yang sama namun tak serupa. Akan tetapi pendapat yang diutarakan oleh para ahli tersebut masih memiliki pembahasan serta konteks yang sama.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional 2002 mendefinisikan pendidikan sebagai :

Suatu proses pengubahan sikap dan tatalaku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan, proses, cara, perbuatan mendidik.

Hal tersebut disusul dengan pendapat dari Ibnu Muqaffa yang mendefinisikan pendidikan kedalam suatu kebutuhan yang harus didapat oleh tiap-tiap individu untuk mengembangkan potensinya baik secara rohani maupun jasmani.

Sedangkan hal lain juga diungkapkan oleh John Dewey yang mengemukakan bahwaa pendidikan merupakan suatu upaya untuk menjembatani peserta didik dalam proses pendewasaan untuk menghasilkan kesinambungan sosial.

Tujuan dari pendidikan itu sendiri ialah mencerdaskan kehidupan bangsa. Selain itu pendidikan juga dianggap satu-satunya sarana peningkatan kualitas hidup.

Al Ghozali sendiri menyatakan bahwa tujuan dari pendidikan ialah mendekatkan diri dari Allah sebagai jalan memperoleh pengetahuan.  Ilmu itu sendiri tidak dapat diperoleh menusia kecuali melalaui pengajaran.

Tujuan dari pendidikan itu sendiri ialah mencerdaskan kehidupan bangsa. Selain itu pendidikan juga dianggap satu-satunya sarana peningkatan kualitas hidup.

Al Ghozali sendiri menyatakan bahwa tujuan dari pendidikan ialah mendekatkan diri dari Allah sebagai jalan memperoleh pengetahuan.  Ilmu itu sendiri tidak dapat diperoleh menusia kecuali melalaui pengajaran. Selanjutnya Al Ghozali juga merumuskan bahwa tujuan pendidikan ada dua yaitu :

  1. Tujuan jangka panjang
  2. Tujuan Jangka Pendek
Incoming search terms:

Leave a Reply