HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Definisi Kemampuan Menurut Para Ahli

Kemampuan Definisi Kemampuan Menurut Para Ahli

Kemampuan

Definisi Kemampuan Menurut Para Ahli~ Semua makhluk hidup yang ada di dunia ini dilahirkan tidak hanya dengan tangan kosong. Makhluk hidup yang dianggap paling sempurna ialah manusia.

Manusia merupakan sumber daya yang sangat memliki akal di atas rata-rata dibandingkan dengan makhluk hidup lainnya. Selain akal manusia dibekali kemampuan yang nantinya akan berpengaruh terhadap dirinya sendiri.

Dalam penjabaran singkat di atas kali ini kami IDtesis akan memberikan wawasan mengenai definisi kemampuan menurut para ahli yang nantinya akan bisa anda jadikan refrensi dalam kegiatan anda bahkan pola pikir anda.

Sumber daya manusia merupakan satu satunya sumber daya yang mampu menunjang segala pencapaian visi dan misi yang ada dalam suatu organisasi. Tentu saja hal tersebut dibuktikan serta diperkuat dengan kemampuan yang dimiliki tiap-tiap manusia.

Sumber daya manusia satu dengan yang lainnya tidak dapat disamakan kemampuannya. Dengan melihat ada manusia yang memilki kemampuan di atas rata-rata ada manusia yang memiliki kemampuan di bawah rata-rata.

Menurut Sofo kemampuan sangat dibutuhkan dalam lingkungan kerja dan merujuk pada tingkat pengetahuan, keahlian, dan sikap dalam penerapan yang sifatnya konsisten sesuai standart kerja.

Sebenarnya tanpa kita sadari, ada tiga komponen penting dalam diri manusia yang tidak tampak secara langsung.

Komponen tersebut dapat berupa kemampuan ketrampilan serta etos kerja. Tanpa kertiga komponen tersebut sumber daya akan mengalami kemunduran yang drastis.

Jika di simak ketiga komponen yang tidak kelihatan tersebut memang berada dalam diri manusia, tersimpan dalam  bentuk kemampuan insani operasional.

Lowler dan Porter mendefinisikan kemampuan sebagai suatu karakteristik yang ada seperti integritasi, skill, yang merupakan satu kesatuan potensi yang dimiliki sumber daya manusia.

Selalin itu UU Mendiknas No. 45 Tahun 2002 menyatakan bahwa :

Kemampuan dinyatakan sebagai seperangkat tindakan cerdas penuh tanggung jawab yang dimiliki seseorang sebagai syarat untuk dianggap mampu oleh masyarakat dalam melaksanakan tugas-tugas di bidang pekerjaan tertentu.

Sehingga dari beberapa definisi yang ada di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan merupakan potensi yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan sesuatu hal tersebut.

Manusia yang telah digolongkan sebagai makhluk psikologi, memiliki 6 dasar kemampuan. Enam dasar kemampuan tersebut meliputi :

  1. Kemampuan berpikir persepsional-rasional.
  2. Kemampuan berpikir kreatif-imajinatif.
  3. Kemampuan berpikir kritikal-argumentatif.
  4. Kemampuan memilih sejumlah pilihan yang tersedia.
  5. Kemampuan berkehendak secara bebas.
  6. Kemampuan untuk merasakan

Sedangkan kemampuan sejati merupaakan kemampuan yang hadir karena ada dorongan kuat dari dalam diri. Hal ini dinyatakan dalam Kepmenpan RI No. 25/2002 :

Kemampuan sejati adalah kekuatan yang dapat mendorong terwujudnya sinergi kemampuan konstruktif seluruh potensi yang ada dalam diri manusia berupa kekuatan fisik, akal pikiran, jiwa, hati nurani (spiritualitas) dan etika sosial di lingkungannya untuk mewujudkan hasil karya terbaik dan bermanfaat.

Incoming search terms:

Leave a Reply