HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Definisi Pengetahuan Menurut Para Ahli

Pengetahuan  Definisi Pengetahuan Menurut Para Ahli

Pengetahuan

Pengetahuan~ Dalam diri kita telah di anugrahi sebuah pemikiran yang lahir atau pemikiran yang muncul dari dalam jiwa, pemikiran tersebut seringkali muncul disebabkan oleh hasil dari proses mencari tahu

Dari yang tadinya tidak tahu menjadi tahu, dari tidak dapat menjadi dapat. Dalam proses mencari tahu ini mencakup berbagai metode dan konsep-konsep, baik melalui proses pendidikan maupun melalui pengalaman. Proses tersebut seringkali disebut dengan pengetahuan.

Fungsi dari pengetahuan sendiri sangat beragam, mulai dari fungsi untuk mengontrol diri, fungsi prediksi, fungsi pengembangan, dan fungsi deskriptif. Dari ulasan di atas ternyata masih banyak orang yang  belum pham mengenai arti pengetahuan sendiri.

Oleh sebab itu dalam artikel kali ini IDtesis akan kembali menyajikan beberapa definisi dari pengetahuan menurut para ahli yang akan menambah wawasan dan dapat dijadikan sebagai bahan refrensi untuk anda.

Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikan pengetahuan sebagai :

Pengetahuan berarti segala sesuatu yg diketahui; kepandaian: atau segala sesuatu yg diketahui berkenaan dengan hal (mata pelajaran).

Selain itu Pudjawidjana mengartikan pengetahuan sebagai suatu reaksi yang ada pada manusia dengan segala rangsangan yang terjadi pada alat indranya untuk melakukan pengindraan jauh pada objek tertentu.

Notoatmodjo berpendapat sedikit berbeda. Ia berpendapat bahwasannya pengetahuan merupakan hasil dari daya tahunya setelah orang tersebut melakukan pengindraan jauh.

Sedangkan menurut Onny S. Prijono pengetahuan didapat dari suatu nilai yang membiasakan orang tersebut mengembangkan rasa ingin tahunya.

Dari pengertian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa pengetahuan merupakan sesuatu yang didapatkan dari hasil daya tahu yang nantinya dapat berbentuk sebuah informasi. Proses dari daya tahu tersebut seperti melihat, mendengar, merasakan, dan berfikir yang menjadi dasar manusia dan bersikap dan bertindak.

Pengetahuan sendiri juga memilki berbagai jenis dan macam. Adapun macam-macam dari pengetahuan dapat dikelompokkan menjadi :

  1. Theoritical Knowledge
  2. Practical Knowledge

Theoritical Knowledge merupakan pengetahuan yang di dapat dari prosuder yang telah ditentukan. Dari prosedur itu biasanya termuat beberapa visi, moto, dan juga misi dari lingkungan yang telah ditempati.

Demikian artikel yang berisi tentang Definisi Pengetahuan, Fungsi Pengetahuan, Serta Pengelompokan Pengetahuan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah wawasan dan dapat dijadikan sebagai refrensi untuk anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply