HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Contoh Tesis Analisis Strategi Digital Tahun 2020

CONTOH TESIS NO.1 ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK BATIK PADA PT. DANAR HADI SURAKARTA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pemasaran digital yang diterapkan oleh PT Batik Danar Hadi Kota Surakarta, 2) pasar digital dalam bidang penjualan PT Batik Danar Hadi Surakarta, dan 3) mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada menggunakan analisis SWOT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-deskriptif kekuatan penelitian yang didasarkan pada deskripsi deskriptif kekuatan penelitian yang didasarkan pada deskripsi-analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT BatikDanar Hadi Surakarta mempraktikkan strategi pemasaran digital (pemasaran online) melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, dan jaringan internet lainnya yang terhubung dengan jangkauan konsumen yang lebih luas sejak 2015. PTBatikDanarHadirbekerja sama denganZalora, pasar untukmedia onlineyangdapat diakses secara global. Aplikasi pemasaran digital oleh PT Batik Danar Hadican meningkatkan penjualan. Hal ini karena konsumen lebih banyak, lebih dekat, dapat memeriksa kesetaraan dan reputasi produk, dan dapat make transaksi secara online.

BAB I

Era baru digital marketing telah masuk ke dalam  praktik kehidupan masyarakat modern. Pasar-pasar baru  dan  produsen-produsen baru  telah tercipta dengan menggunakan internet. Pemanfaatan internet  membuat jaringan masyarakat dunia tersatukan dalam apa yang disebut satu kampong global. Dengan pengguna yang makin luas dan global meliputi berbagai bangsa di  seluruh dunia, setiap masyarakat  telah menjadi obyek pasar bagi para produsen sekaligus menjadi pelaku pasar itu sendiri.

Teknik Analisis

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-deskriptif kekuatan penelitian yang didasarkan pada deskripsi deskriptif kekuatan penelitian yang didasarkan pada deskripsi-analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis SWOT.

CONTOH TESIS NO.2 ANALISIS STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MEMBANTU PENJUALAN LIVING SPACE DAN EFO STORE

Abstrak

Berdasarkan hasil dari penelitian Living Space dan Efo Store melibatkan peran digital mulai dari segmentasi, targeting, positiong pasar, marketing mix, serta digital marketing dalam hampir seluruh kegiatan pemasaran dan penjualan Living Space dan Efo Store. Living Space dan Efo Store memasarkan produknya secara online dengan melakukan optimalisasi digital marketing tools secara terintegrasi. Dalam penggunaan media digital sangat membantu Living Space dan Efo Store dalam menjalankan fungsi pemasaran secara efesien dan efektif.

BAB I

Dengan munculnya internet, perkembangan pemasaran menuju level baru, pemasaran melalui internet ini dinamakan sebagai digital marketing. Penelitian ini membahas mengenai strategi digital marketing yang dilakukan oleh Living Space dan Efo Store. Living Space dan Efo Store merupakan perusahaan fashion ecommerce yang meraih sukses dalam meraup penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana analisis strategi digital marketing Living Space dan Efo Store yang berpusat pada media sosial Instagram.

Teknik Analisis

Pada penelitian ini penulis menggunakan metode analisa STP (Segmenting. Targeting, Positioning), analisa Marketing Mix (Product, Price, Place, Promotion) dan Digital Marketing

CONTOH TESIS NO.3 PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA CV. RATATIA INDONESIA RUMBAI DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM

Abstrak

Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran pada usaha CV.Ratatia Indonesia Rumbai maka didapat hasil dari beberapa Indikator yang sudah dilakukan oleh pihak pengusaha Rattan diantaranya : Website, Optimasi mesin pencarai, pemasaran afiliasi, kemitraan, hubungan jejaring sosial, dan manajemen hubungan sudah dilakukan namun Indikator Email pemasaran belum. Dan untuk memperkuat penerapan Digital Marketing hasil penyebaran angket didapat bahwa dari segi tanggapan ia tentang layanan yang diberikan bagus sebanyak 72 orang atau 75%, dan yang memiliki jawaban tertinggi Ia tentang barang yang dipasarkan secara Online memiliki kualitas yang sama dengan aslinya yang diberikan sebanyak 75 orang atau 78,1%, dan yang memiliki jawaban tertinggi Ia tentang promosi yang dilakukan oleh pihak CV. Ratatia Indonesia ini menarik yang diberikan sebanyak 71 orang atau 73,9%, Namun, perbandingan harga dari tempat lain lebih mahal yaitu sebanyak 70 orang atau 72,9%,

BAB I

Penelitian ini dilakukan pada CV.Ratatia Indonesia Rumbai, yang melatar belakangi penelitian ini adalah bahwa semakin berkembangnya zaman, maka teknologi semakin maju yang awalnya jual beli bertatap muka sekarang bisa melalui situs Online. Salah satunya yaitu pada usaha CV.Ratatia Indonesia Rumbai ini, dimana CV ini begerak dibidang pengolahan rottan dengan model lebih modern dan kekinian, karena sekarang masyarakat sibuk dengan gadget. Maka diperlukan strategi pemasaran dikenal dengan Digital Marketing. Namun, berdasarkan jumlah penjualan tidak meningkat malah mengalami fruktuaktif, maka dirumuskan masalah bagaimana penerapan Digital Marketing sebagai strategi pemasaran pada usaha CV.Ratatia Indonesia Rumbai. Dan tinjuan Ekonomi Islam terhadap penerapan Digital Marketing sebagai strategi pemasaran pada usaha CV.Ratatia Indonesia Rumbai.

Teknik Analisis

Analisis yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif kualitatif yaitu analisis data dengan mengklarifikasikan datadata berdasarkan persamaan jenis dari data tersebut, kemudian diuraikan antara satu data dengan data yang lainnya sedemikian rupa sehingga diperoleh gambaran umum yang utuh tentang masalah yang diteliti.

CONTOH TESIS NO.4 ANALISIS STRATEGI E-MARKETING PADA E-COMMERCE HIJUP

Abstrak

Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance Performance Analysis (IPA). Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 8 atribut yang ada pada kuadran I yang akan menjadi prioritas utama, dimana atribut tersebut memiliki tingkat kepentingan yang relatif tinggi tetapi kenyataannya masih belum sesuai dengan harapan konsumen. Dan, Atribut yang terdapat pada kuadran IV yang dimana atribut tersebut menjadi berlebihan ada 13 atribut. Atribut-atribut tersebut dinilai oleh rata-rata konsumen Hijup sudah baik dilakukan pelayanannya dikarenakan memiliki kepuasan yang relatif tinggi. Hasil akhir rata-rata skor e-SERVQUAL dari seluruh atribut e-marketing Hijup sebesar minus 0,09.

BAB I

Pengguna internet di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 27,91 juta dalam waktu 2 tahun (2017-2018). Hal ini berdasarkan data riset kerja dari APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), yang menunjukan bahwa mencapai 171,17 juta jiwa penetrasi pengguna internet di Indonesia hingga akhir tahun 2018 dan pada tahun 2017 sebesar 143,26 juta jiwa. Berdasarkan total populasi penduduk di Indonesia 264,16 juta orang, sekitar 64,8% pengguna internet di Indonesia.

Teknik Analisis

Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance Performance Analysis (IPA).

CONTOH TESIS NO.5 Analisis Strategi Bisnis E-commerce Perusahaan Startup Digital di Ijadfarm Surabaya

Abstrak

Berangkat dari masalah di atas, perumusan masalah yang dirumuskan yaitu bagaimana analisis strategi bisnis e-commerce perusahaan startup digital di Ijadfarm Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam menganalisis, menjelaskan dan menyimpulkan penelitian yaitu menggunakan deskriptif kualitatif dengan meneliti bahan pustaka dan melakukan wawancara langsung.

BAB I

Indonesia adalah negara agraris. Pertanian memiliki kedudukan penting bagi masyarakat khususnya sebagai salah satu penggerak ekonomi nasional. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah tenaga kerja yang bekerja pada sector pertanian tercatat sebanyak 39,68 juta orang (31,86 %) dari jumah penduduk bekerja yaitu 124,54 juta orang.1 Data tersebut menunjukkan bahwa banyaknya penduduk yang bekerja di sektor pertanian dapat berpotensi dan berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi nasional khususnya pada penyediaan pangan bagi penduduk Indonesia. Menurut undang-undang No 16 Tahun 2006, kedudukan sector pertanian yang dimaksud mencakup tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan peternakan.

Teknik Analisis

Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif analisis yaitu berangkat dari gambaran tentang gejala dalam masyarakat, yang berisi fakta.

CONTOH TESIS NO.6 ANALISIS STRATEGI PROMOSI MELALUI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK ONLINE SHOP DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Miandsha Shop, Bandar Lampung)

Abstrak

Hasil dari penelitian ini adalah periklanan dengan mengunakan media social instagram, promosi penjualan dengan menggunakan diskon atau penurunan harga, premi atau hadiah, pameran dagang, kupon atau voucher, dan garansi produk. Publisitas dengan bentuk komunitas SFS (shotout for shotout) dan juga promosi silang antara sesama usaha bisnis online shop. Dengan konsep tersebut mampu meningkatkan penjualan Miandsha setiap tahunnya. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh Miandsha Shop juga telah sesuai dengan Ekonomi Islam yaitu sesuai dengan yang Rasullullah ajarkan, sehingga konsumen tidak perlu takut tertipu bertransaksi dengan Miandsha karena basic usaha Miandsha merupakan online shop karena tersedianya store Miandsha di Kedaton, Bandar Lampung sebagai pendukungnya. selain itu pelaksanaan penjualan Miandsha pun telah sesuai dengan konsep Ekonomi Islam seperti jujur dan menghindari promosi yang palsu, tidak menyembunyikan kecacatan barang dan menepati janji konsep ini dengan berbekal prinsip Rasullulah yaitu Shiddiq, Amanah, Fathanah dan tabliqh dalam konsep penerapan bisnisnya.

BAB I

Pada saat ini semakin berkembangnya pesatnya persaingan bisnis yang memanfaatkan teknologi sebagai pemanfaatan pemasaran bisnis salah satunya adalah media sosial instagram. Istagram saat ini merupakan media sosial yang paling banyak digunakan ke-4 di Indonesia setelah youtube, facebook dan WhatsApp. Dengan menggunakan instagram sebagai media promosi akan meminimalisir penggunaan biaya, waktu dan tenaga yang dihabiskan oleh penjual. Menurut Griffin & Ebert promosi merupakan bagian dari marketing mix yaitu periklanan, promosi penjualan, pemasaran langsung dan publisitas dan humas yang harus dijalankan untuk meningkatkan penjualan dalam suatu perusahaan. Tujuan promosi adalah Penyampaian informasi, memposisikan produk, membujuk konsumen untuk menyukai produk, meningkatkan dan mengendalikan volume penjualan, serta dapat mempengaruhi keputusan belanja konsumen. Jika strategi promosi ini dilakukan dengan baik maka akan berdampak baik pada keberlangsungan usaha online shop karena potensi yang ada cukup banyak sehingga mampu menambah kemandirian ekonomi pelaku usaha yang berusaha untuk mengenalkan produknya melakukan kegiatan penjualan online shop melalui pemanfaatan media sosial instagram. Sehingga dengan alasan tersebut maka diperlukannya adanya penelitian tentang strategi promosi melalui pemanfaatan media sosial instagram dalam meningkatkan penjualan produk online shop ditinjau dari perspektif Ekonomi Islam.

Metode Penelitian

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Populasi yang digunakan adalah 6 pengelola Miandsha dan sampel untuk melihat tanggapan konsumen berjumlah 47 orang dengan indikator responden yang melakukan pembelian 1 bulan terakhir.

 

CONTOH TESIS NO.7 Analisis strategi digital marketing dalam membantu penjualan Geoff Max di Bandung

Abstrak

Perusahaan Geoff Max merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang fashion e-commerce yang sukses dalam meraup penjualan dengan pemanfaatan strategi digital marketing. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana analisis strategi digital marketing Geoff Max yang berfokus pada media sosial khususnya Instagram dan bagaimana analisis SWOT digital marketing dapat membantu meningkatkan penjualan Geoff Max. Dalam penelitian ini penulis menggunakan paradigma deskriptif kualitatif. Pengambilan data didapat dari wawancara narasumber selaku bagian dari staff marketing Geoff Max yaitu Jimam Panglima dan beberapa responden yang sudah pernah membeli produk Geoff Max secara online. Selain melakukan wawancara, penulis juga melakukan observasi pada media sosial, marketplace, dan instant messanger lainnya yang mendukung penulisan skripsi ini.

BAB I

Perubahan perilaku konsumen mengharuskan perusahaan untuk memikirkan kembali strategi pemasaran mereka dalam domain digital. Saat ini, sebagian besar penelitian terkait lebih difokuskan pada pelanggan daripada pada perusahaan. Untuk mengatasi kekurangan ini, penelitian ini mengadopsi perspektif perusahaan untuk memfasilitasi pemahaman tentang pemasaran digital dan penggunaan media sosial serta manfaat dan penghambatnya. Perkembangan pemasaran kini menuju level baru seiring dengan munculnya internet, pemasaran melalui internet ini dinamakan sebagai digital marketing. Keterlibatan pemasaran digital perusahaan dapat dikategorikan menurut manfaat yang dirasakan dan penggunaan pemasaran digital. Untuk meningkatkan keterlibatan pemasaran digital, perusahaan harus fokus pada interaksi berbasis hubungan dengan pelanggan mereka.

Teknik Analisis

Pada penelitian ini penulis menggunakan metode Analisa STP (segmenting, targeting, dan positioning), Analisa marketing Mix (product, price, place, promotion), strategi Digital marketing, dan analisa SWOT beserta matriks SWOT yang dihasilkan. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara keseluruhan strategi yang digunakan oleh Geoff Max sudah cukup efektif. Dengan Analisa SWOT, Geoff Max sudah mencapai target pasar dengan baik dan konsisten terhadap konsep dan ide yang dihasilkan. Geoff Max juga sudah berhasil memanfaatkan digital marketing dalam memudahkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen pasar. Saran bagi perusahaan adalah terus mempertahankan ide dan konsep yang sudah dilakukan, lebih mengedukasi konsumen dalam menggunakan tools, serta mempertahankan kualitas mutu produk sepatu Geoff Max agar dapat bersaing dengan brand luar negri.

CONTOH TESIS NO.8 PENGARUH STRATEGI PROMOSI MELALUI SOCIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GARSKIN YANG DIMEDIASI WORD OF MOUTH MARKETING (Studi pada Konsumen Produk Garskin Merek SayHello di Kota Yogyakarta)

Abstrak

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif strategi promosi melalui social media terhadap keputusan pembelian produk garskin merek SayHello di Kota Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dari t hitung sebesar 8,664 dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,792, (2) Terdapat pengaruh positif strategi promosi melalui social media terhadap word of mouth marketing pada produk garskin merek SayHello di Kota Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dari t hitung sebesar 4,395 dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,395, (3) Terdapat pengaruh positif word of mouth marketing terhadap keputusan pembelian produk garskin merek SayHello di Kota Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dari t hitung sebesar 4,821 dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,440 (4) Terdapat pengaruh strategi promosi melalui social media terhadap keputusan pembelian yang dimediasi word of mouth marketing pada produk garskin merek SayHello di Kota Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dari koefisisen mediasi sebesar 0,0906 bernilai positif dan memiliki siginifikansi sebesar 0,0217, lebih kecil dari 0,05.

BAB I

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh strategi promosi melalui social media terhadap keputusan pembelian produk garskin merek SayHello di Kota Yogyakarta, (2) Pengaruh strategi promosi melalui social media terhadap word of mouth marketing produk garskin merek SayHello di Kota Yogyakarta, (3) Pengaruh word of mouth marketing terhadap keputusan pembelian produk garskin merek SayHello di Kota Yogyakarta, dan (4) Pengaruh strategi promosi melalui social media yang dimediasi word of mouth marketing terhadap keputusan pembelian produk garskin merek SayHello di Kota Yogyakarta.

Teknik Analisis

Desain penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen produk garskin merek SayHello di Kota Yogyakarta yang membeli dari bulan November 2013 sampai dengan Januari 2014. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 145. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah uji regresi, path analysis (analisis jalur), dan uji sobel.

CONTOH TESIS NO.9 ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA UMKM PABRIK ROTI ALFARIS BAKERY MEDAN

Abstrak

Penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif, dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang tepat digunakan oleh sebuah perusahaan. Dengan menggunakan analisis SWOT, penelitian ini dilakukan perusahaan yang menggeluti dibidang usaha industri roti yaitu pada UMKM Pabrik roti Alfaris Bakery Medan. Data yang diperoleh dari hasil data primer, data sekunder. Beberapa metode pengujian yang merupakan langkah-langkah dari uji analisis SWOT, diantaranya yaitu dengan menggunakan Matriks IFAS, Matrik EFAS, serta Diagram SWOT. Nilai hasil dari uji matrik IFAS (2,76) digunakan sebagai sumbuh X (horizontal) pada diagram SWOT dan nilai hasil uji matriks EFAS (2,80) digunakan sebagai sumbuh Y (vertikal) pada diagram SWOT. Hasil SWOT menerangkan bahwa perusahaan berada pada daerah I, dimana pada daerah tersebut menggambarkan bahwa faktor-faktor internal perusahaan dalam keadaan kuat. Hasil analisis SWOT yang digambarkan dengan menggunakan diagram SWOT menunjukkan kondisi perusahaan berada pada Kuadran I, dimana hal tersebut berarti bahwa UMKM Pabrik roti Alfaris Bakery Medan berada posisi Growth (berkembang) dan strategi yang dapat dilakukan yaitu strategi pengembangan pasar dan strategi pengembangan produk. Dengan demikian, strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh UMKM Pabrik roti Alfaris Bakery Medan adalah Strategi Agresif, yaitu perusahaan harus mampu mengembangkan kekuatan yang ada dan meningkatkan serta mempertahankan peluang yang ada.

BAB I

Setiap hari UMKM Pabrik roti Alfaris Bakery Medan mempunyai beberapa jenis roti atau produk yang ditawarkan kepada konsumen antara lain : roti manis,roti moca, roti melon, roti kelapa, roti kacang hijau, roti lemon, roti tabur, roti nenas, roti coklat, roti coklat tabur, roti sangul, roti tawar ,roti strawberry, roti pisang, donat panggang ,donat bulat, donat cucuk,donat gulung cucuk, donat gulung kacang, roti melet,dan roti kacang hitam. Sasaran konsumen adalah dari anak-anak sampai orang dewasa. Produk ini dipasarkan didaerah sekitar medan denggan menggunakan becak dayung maupun becak bermotor.

Teknik Analisis

Beberapa metode pengujian yang merupakan langkah-langkah dari uji analisis SWOT, diantaranya yaitu dengan menggunakan Matriks IFAS, Matrik EFAS, serta Diagram SWOT. Nilai hasil dari uji matrik IFAS (2,76) digunakan sebagai sumbuh X (horizontal) pada diagram SWOT dan nilai hasil uji matriks EFAS (2,80) digunakan sebagai sumbuh Y (vertikal) pada diagram SWOT.

CONTOH TESIS NO.10 STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBELAJARAN DIGITAL MAHASISWA JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN PADA MARKETPLACE

Abstrak

Hasil pengembangan produk pembelajaran digital oleh mahasiswa Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan (KTP) belum bisa dimanfaatkan sebagai modal dalam berwirausaha. Mahasiswa dapat berwirausaha melalui produk tersebut dengan cara menjual pada marketplace yang khusus menjual produk digital seperti Ratakan dan Idaff. Dengan memanfaatkan produk digital untuk berwirausaha, mahasiswa tidak hanya mendapatkan nilai lebih dalam mata kuliah namun juga mendapatkan keuntungan secara finansial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peluang berwirausaha produk pembelajaran digital pada marketplace, serta pemanfaatan produk pembelajaran digital untuk berwirausaha. Produk pembelajaran digital mahasiswa jurusan KTP perpeluang untuk dipasarkan pada matketplace Ratakan dan Idaff. Dari hasil penelitian diketahui bahwa produk yang dikembangkan oleh mahasiswa jurusan KTP berpeluang untuk dijual pada marketplace Ratakan dan Idaff karena produk yang dikembangkan oleh mahasiwa memenuhi kriteria produk yang akan dijual. Mahasiswa mampu memanfaatkan produk pembelajaran digital untuk didesiminasikan (distribusi) dalam bidang ilmu Teknologi Pendidikan khususnya dalam diseminasi media pembelajaran.

BAB I

Produk pembelajaran digital yang dibuat oleh mahasiswa sudah diuji oleh ahli produk pembelajaran digital. Jadi, untuk dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran sudah baik. Akan tetapi, produk pembelajaran yang dibuat oleh mahasiswa jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan hanya dibuat, dikumpulkan pada dosen, dinilai, dan disimpan dilaptop masing-masing mahasiswa. Padahal produk pembelajaran tersebut dapat digunakan untuk modal berwirausaha. Salah satu cara untuk menggunakan produk pembelajaran digital, yaitu dipasarkan melalui marketplace produk digital. Mengingat salah satu tujuan dari jurusan Kurikulum dan Teknologi pendidikan, yaitu menghasilkan mahasiswa yang dapat teraktualisasikan bakat dan minat mereka dalam bidang akademik, seni-budaya, keorganisasian, kewirausahaan dan lainnya melalui berbagai aktivitas kemahasiswaan, dengan hal tersebut mahasiswa dapat memanfaatkan produk pembelajaran digital yang sudah dibuat untuk modal berwirausaha, tidak hanya dibuat dan dinilai.

Teknik Analisis

Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kualitatif. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dan teknik keabsahan menggunakan triangulasi data.

CONTOH TESIS NO.11  ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK TRADISIONAL TAPIS LAMPUNG MELALUI MEDIA DIGITAL DILIHAT DARI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus di Penjahit Bintang 38B Batanghari, Lampung Timur)

Abstrak

Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan adalah produk tradisional tapis Lampung dikembangkan melalui inovasi dan kreatifitas sehingga memiliki fungsi yang lebih luas dan pemasaran yang digunakan di media digital adalah Facebook, Instagram, Shoppe, Tokopedia, dan Whatsapp semua media digital yang digunakan saling berkaitan sehingga memudahkan pemasaran secara luas dalam waktu yang singkat. Namun perkembangan pemasaran melalui media digital belum cukup konsisten karena nama akun yang digunakan untuk pemasaran di media digital masih berbeda-beda sehingga strategi pemasaran yang diterapkan belum optimal.

BAB I

Bangsa Indonesia yang memiliki aneka ragam corak, bentuk dan sifat kebudayaan daerah yang memiliki berbagai potensi bagi pengembangan nilai-nilai budaya yang beraneka ragam baik jumlahnya maupun keanekaragamannya merupakan sumber kekayaan bangsa pada saat ini yang dipengaruhi dengan perkembangan teknologi media digital. Mudahnya media digital diakses oleh seluruh elemen masyarakat di manapun dan kapanpun karena pada saat ini media digital sebagai sarana pemasaran yang paling mudah dan efisien. Masyarakat adat Lampung merupakan salah satu dari begitu banyaknya kekayaaan suku dan budaya di Indonesia. Salah satu kebudayaan yang patut dilestarikan oleh masyarakat Lampung yaitu tapis.

Teknik Analisis

Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yaitu sumber dari tertulis atau ungkapan dan tingkah laku yang di observasi dari manusia. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena data yang digunakan berupa uraian-uraian dan keterangan dari kegiatan wawancara yang dilakukan peneliti.

CONTOH TESIS NO.12 ANALISIS STRATEGI DIGITAL MARKETING CV. SATRIA MARTIAL ARTS INDONESIA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK SATRIA MARTIAL ARTS

Abstrak

Berdasarkan hasil penelitian, Satria Martial Arts melibatkan peran digital marketing mulai dari penentuan marketing mix perusahaan, dalam hampir seluruh kegiatan pemasaran dan penjualan produk Satria Martial Arts. Satria Martial Arts memasarkan produknya melalui offline store dan juga secara online dengan melakukan optimalisasi digital marketing tools secara terintegrasi. Penggunaan digital marketing membantu Satria Martial Arts dalam menjalankan fungsi pemasaran secara efektif dan efesien serta dalam membantu meningkatkan loyalitas dan penjualan produk Satria Martial Arts.

BAB I

Satria Martial Arts adalah supplier dan produsen peralatan olahraga dan perlengkapan beladiri untuk berbagai macam komunitas seni bela diri. Awalnya hanya khusus menyediakan peralatan Taekwondo, Karate dan Silat namun kini berkembang menjadi seni bela diri lain dan olahraga umum untuk penyediaan peralatan dan perlengkapan latihan, untuk memenuhi kebutuhan perlengkapan beladiri di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi digital marketing yang dilakukan oleh Satria Martial Arts.

Teknik Analisis

Dalam penelitian ini penulis menggunakan paradigma deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta melakukan observasi pada website resmi www.satria-martialarts.com, Instagram, Marketplace, Email dan media lainnya yang mendukung penulisan Tugas Akhir ini. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode analisis AISAS ( Attention, Interest, Search, Action, Share ).

CONTOH TESIS NO.13 STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL PT. TRIPVISTO NUSANTARA JAYA

Abstrak

Tujuan    penelitian    ini    adalah    mengetahui    strategi    komunikasi pemasaran digitalyang dilakukan oleh Tripvsto. Dalam  penelitian  ini peneliti menganalisis perencanaan komunikasi pemasaran  digital  melalui 4 Steps  of Public  Relationsdimulai  dengan  menganalisa  perilaku  konsumen  dengan model  AISAS,  setelah  itu  dikaitan  dengan  komponen  dantipe  hybrid  dari Digital Marketing, serta Viral Marketingdalam usaha menciptakan efek viral.Metode  penelitian  yang  digunakan  adalah  Studi  Kasus.  Pendekatan  yang dilakukan adalahdeskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui secara detil  mengenai  Strategi  Komunikasi  Pemasaran Digitalyang  dilakukan  oleh Tripvisto.  Teknik  pengumpulan  data  dilakukan  melalui  wawancara  secara langsung dan studi kepustakaan.

BAB I

Perkembangan  terbaru  internet  di  Indonesia  beberapa  tahun terakhir  ini  adalah  munculnya  trend  social  media  atau  jejaring  sosial dan  chat  app.  Berbagai  jejaring  sosial  dan  chat  app  yang  populer  di Indonesia  diantaranya  Facebook,  Twitter,  Instagram,  Google+,  Path, BBM,  Line, Whatsapp.Menurut  data  laporan  Kementrian  Komunikasi dan  Informastika  Republik  Indonesia,  pada  tahun  2013  terdapat  63 juta pengguna aktif jejaring sosial dan chat app di Indonesia. Dengan persentasi  jumlah  pengguna  di  Indonesia  pada  untuk  masing-masing situs jejaring sosial yaitu Facebook 33 juta pengguna, Twitter 19,5 juta pengguna,  Google+  3,4  juta   pengguna,  path  17  ribu  pengguna, Instagram 1 juta pengguna, BBM 30 juta pengguna,Whatsapp 10 juta pengguna,  LINE  7  juta  pengguna  .

Teknik Analisis

Hasil   penelitian   yang   diperoleh   oleh   peneliti   mengenai   Strategi Komunikasi  Pemasaran Digital PT.  Tripvisto  Nusantara  Jaya  adalah digital marketing  yang  telah  dilakukan  Tripvisto  sudah  cukup  optimal  dan  berjalan dengan  baik,  yaitu  dengan  menjalankan  tiga  komponen Digital  Marketingyaitu Paid, Owned, dan Earned Media lalu  menerapkan tipe tiga Hybird dari ketiga  komponen  yang  dikembangkan  oleh  Handi  Irawan.  Hal  tersebut dimaksimalkan    dengan    penggunaan teknik    SEO (Search    Engine Optimization) dan  SEM (Search Engine  Marketing) untuk  memudahkan pencarian   terkait   tripvisto. Hal   tersebut   terbukti   dengan   peningkatan pengunjung  ke  website,  peningkatan  followers  disetiap  sosial  media  hingga peningkatan transaksi.

CONTOH TESIS NO.14 Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts

Abstrak

Perkembangan komunikasi pemasaran saat ini tidak hanya dilakukan secara konvensional saja.Pemasar kini juga memanfaatkan  media  baru  seperti  Internet  sebagai  alternatif  untuk  melakukan  pendekatan  kepada  calon konsumen.Pemasaran  Digital  adalah  suatu  kegiatan  pemasaran  yang  menggunakan  internet  dan  teknologi informasi  untuk  memperluas  dan  meningkatkan  fungsi  marketing  tradisional.  Media  sosial  dengan  segala kelebihannya   dapat   membantu   dalam   proses   komunikasi   pemasaran.   Dalam menjalankan   komunikasi pemasaran,  perusahaan  harus  memiliki  strategi  supaya  segala  rencana  yang  ditentukan  sebelumnya  dapat tercapai.  Strategi  yang  baik  akan  memberikan  keuntungan  bagi  perusahaan  sebagai  terwujudnya  tujuan  dari perusahaan tersebut. Penelitian ini membahas tentang strategi pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Dino Donuts.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif  kualitatif.  Selain  itu,  penelitian  ini  juga  menggunakan  teknik  wawancara  mendalam  dengan  nara sumber,  studi  literatur  dan  dokumentasi.  Berdasarkan  hasil  penelitian  dan  pembahasan,  diketahui  bahwa perencanaan   pemanfaatan   Instagram   yang   Dino   Donuts   lakukan   adalah   dengan   menganalisis   masalah, menganalisis  khalayak,  menentukan  tujuan,  pemilihan  media  dan  saluran  komunikasi,  dan  mengembangkan rencana atau kegiatan untuk pencapaian tujuan. Pelaksanaan pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran  digital  yang  dilakukan  oleh  Dino  Donuts  adalah  dengan  memanfaatkan  fitur  foto  dan  video, comment,caption, location,  hashtag,  taggingserta Instagram  ads untuk social  media  maintenance,  juga followersdan likeuntuk social  media  endorsement.Evaluasi  pemanfaatan  Instagram  adalah  hasil penjualan yang meningkat dan berhasil membuka cabang toko dan gerai yang tersebar di Bandung, Jakarta, Bekasi dan Bogor.

BAB I

Komunikasi pemasaran membantu pelaku bisnis untuk memberikan pengetahuan  kepada  calon  konsumen  seperti apa  produk  yang  akan  dipilih,  bagaimana cara  mendapatkan,  manfaat  apa  yang  akan didapatkan,   dan   semua   informasi   terkait produk  atau  jasayang  ditawarkan.  Menurut Kotler  dan  Keller  (2008:172),  komunikasi pemasaran   ialah   sebuah   sarana   di   mana pelaku usaha berusaha untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan   konsumen   secara   langsung maupun   tidak   langsung   mengenai   produk dan   merek   yang dijual.

Teknik Analisis

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif  kualitatif.  Selain  itu,  penelitian  ini  juga  menggunakan  teknik  wawancara  mendalam  dengan  nara sumber,  studi  literatur  dan  dokumentasi.

CONTOH TESIS NO.15 Implementasi Digital MarketingTerhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri

Abstrak

Perkembangan   teknologi      informasi      yang      berkembang      sangat   pesat      berpengaruh      bagi   masyarakat  dalam  mendukung  berbagai  kegiatan  bisnis  baik  besar  maupun  kecil  agar  dapat  dikenal  secara global. Dampak yang paling nyata adalah selain dikenal juga dapat meningkatkan volume penjualan dan   profit. Digital  Marketingadalah  salah  satu  media  pemasaran  yang  sangat  besar  memberikan  pengaruh. Dengan   menggunakan   digital    marketingdalam    hal    ini    adalah  media  sosial,    Para  pengrajin  patung  pahatan asal  Cipacing  Bandung  memasarkan    hasil    indutri    rumahan    berupa    kerajinan    tangan  dari  sebongkah kayu yang tidak terpakai dipahat menjadi patung-patung yang unik.Awalnya kegiatan ini hanya sebagai pengisi waktu  luang,  tetapi  saat  ini  justru    menjadi    kegiatan    utama sebagai    penambah    perputaran    ekonomi   dalam  rumah  tangga.  Dahulu  kegiatan  penjualan     hasil     industri     ini    secara    konvesional    maupun   tradisional,      mereka      membuat      produk      hanya   berdasarkan      pesanan.      Tetapi      setelah      mengenal   adanya  media  sosial    sebagian  warga  cipacing  ini    sudah    mulai  menerima    banyak    pesanan,    sehingga   volume      penjualan      semakin      meningkat     pesat     dibandingkan      saaat     penjualan   dengan   cara   lama. Digital  marketingdipandang  sebagai  media  yang  paling  baik  sebagai  sarana  promosi yang    paling    efektif   dan    efisien serta mampu meningkatkan    volume penjualan yang signifikan.

BAB I

Perkembangan  teknologi  informasi  sangat   berkembang  pesat,   berbagai      kegiatan  bisnis  kecil sampai  besar  memanfaatkan perkembangan ini    untuk    menjalankan    usahanya.    Banyaknya   competitormenjadi    pertimbangan    bagi    para   pengusaha  untuk  masuk   dalam  persaingan    yang   sangat  ketat.  Strategi  pemasaran  dan  media  yang   tepat   digunakan   untuk   bisa   meraih   pasar      yang   dituju sehingga volume penjualan selalu   meningkat    dan    profit. Digital Marketing adalah   salah    satu    media pemasaran  yang saat  ini sedang banyak diminati oleh  masyarakat untuk    medukung   berbagai  kegiatan  yang  dilakukan.  Mereka    sedikit   demi sedikit mulai meninggalkan model   pemasaran konvesional/tradisional beralih ke   pemasaran  modern  yaitu digital  marketing.  Dengan digital marketing komunikasi dan transaksi dapat  dilakukan  setiap  waktu/real  time dan    bisa mengglobal     atau     mendunia.     Dengan     jumlah pengguna social media  berbasis  chat  ini yang banyak dan  semakin    hari semakin bertambah membuka peluang bagi UKM untuk mengembangkan      pasarnya dalam   genggaman smartphone.

Teknik Analisis

Analisis  Data,  Data  yang  diperoleh  dianalisis menggunakan    statistik    deskriptif    dan    analisis   kualitatif serta ditampilkan    dalam bentuk table.

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Leave a Reply

Open chat
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?