HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Bimbingan Coaching dan Motivasi terhadap Kompetensi Melakukan Pemasangan Endotrakeal Tube

Judul Skripsi : Pengaruh Metode Bimbingan Coaching dan Motivasi terhadap Kompetensi Melakukan Pemasangan Endotrakeal Tube pada Mahasiswa Stikes Surya Global Yogyakarta

 

A. Latar Belakang

Pelayanan kesehatan untuk mewujudkan tujuan pembangunan dapat ditempuh melalui beberapa cara diantaranya melalui jalur pendidikan kesehatan (Azwar, 1998). Kualitas tenaga kesehatan ditentukan oleh kualitas lulusan pendidikan kesehatan khususnya keperawatan dimana perawat merupakan salah satu unsur tenaga kesehatan memiliki peranan penting.

Pendidikan tinggi keperawatan merupakan pendidikan yang bersifat akademik professional, dimana peserta didik selain dituntut untuk memiliki kemampuan intelektual yang tinggi, namun harus memiliki sikap dan keterampilan yang tinggi pula. Untuk itu peserta didik harus benar-benar digembleng dengan menggunakan sistem pendidikan yang baik pula.

 

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan data yang telah diuraikan pada latar belakang, maka rumusan masalahnya adalah :

  1. Apakah ada perbedaan pengaruh antara metode coaching dan demonstrasi terhadap kompetensi melakukan ETT pada mahasiswa Stikes Surya Global Yogyakarta ?
  2. Apakah ada perbedaan pengaruh motivasi belajar tinggi dan rendah terhadap kompetensi melakukan ETT pada mahasiswa Stikes Surya Global Yogyakarta ?
  3. Apakah ada interaksi antara metode dan motivasi terhadap kompetensi melakukan ETT pada mahasiswa Stikes Surya Global Yogyakarta ?

 

C. Kajian Teori

Pengertian bimbingan Coaching

Coaching adalah bimbingan intensif melalui perorangan dan praktik yang diikuti dengan pemberian umpan balik.(Depkes RI,2006).Dalam proses coaching,fasilitator melaksanakan hal-hal sebagai berikut;menjelasakan ketrampilan dan interaksi yang akan dilakukan kepada peserta yang dibimbing,memeragakan ketrampilan dengan cara yang sistematis,efektif,dengan menggunakan alat bantu,mengamati secara seksama simulasi ulang oleh peserta pada tatanan seperti kondisi nyata.

 

Pemasangan Endotrakeal Tube

Pemasangan pipa endotrakeal atau disebut endotrakeal tube adalah pemasangan tube/pipa pada klien untuk menjamin terpeliharanya jalan nafas dan sebaiknya dilakukan sesegera mungkin oleh penolong yang terlatih.(Modul Gawat Darurat EMS Jakarta 2008 hal:42)

 

Pengertian Kompetensi

Kompetensi adalah keterampilan yang diperlukan seseorang yang ditunjukkan oleh kemampuannya untuk dengan konsisten memberikan tingkat kinerja yang memadai atau tinggi dalam suatu fungsi pekerjaan spesifik (Syafei, 2009 cit www.bkn.go.id). Menurut Boyatzis,1982 (cit www.bkn.go.id), kompetensi didefinisikan sebagai kemampuan yang dimiliki seseorang yang nampak pada sikapnya yang sesuai dengan kebutuhan kerja dalam parameter lingkungan organisasi dan memberikan hasil yang diinginkan. Sedangkan menurut Rotwell(cit www.bkn.go.id), kompetensi adalah suatu area pengetahuan atau keterampilan yang memiliki nilai kritis pada hasil produksi. Kompetensi adalah kemampuan internal seseorang dalam melaksanakan pekerjaannya; kemampuan yang mungkin diekspresikan secara luas dalam tata urutan perilaku dalam melaksanakan pekerjaannya.

 

Definisi Motivasi

Motivasi adalah daya pendorong yang mengakibatkan seseorang anggota organisasi mau dan rela untuk mengerahkan kemampuan dalam bentuk keahlian atau keterampilan, tenaga, dan waktunya untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya dan menunaikan kewajibannya, dalam rangka pencapaian tujuan dan berbagai sasaran organisasi yang telah ditentukan sebelumnya (Siagian cit Sardiman 2007 hal:73)

 

D. Metodelogi Penelitian

Experimen semu (quasi experiment) dengan rancangan menggunakan desain faktorial 2×2 dengan uji persyaratan.

Populasi dalam penelitian ini adalahmahasiswa keperawatan semester VII dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling.

Adapun tahapannya: Mahasiswa semester VII terdiri dari VII kelas yaitu A,B,C,D.Dari 4 kelas tersebut secara random diproses kemudian 2 kelas untuk kelompok eksperimen dan kelas untuk pembanding (demonstrasi).Sedangkan 1 kelas digunakan sebagai uji coba instrument. Hasil penelitian dianalisis dengan uji statistik ANOVA DUA JALAN, dengan pengolahan menggunkan komputer program SPSS.

 

E. Kesimpulan

1. Ada pengaruh antara metode Coaching terhadap Kompetensi melakukan pemasangan pipa Endotrakeal tube dengan nilai 122,136 dengan nilai signifikansi 0.000, bila nilai signifikansi ini dibandingkan dengan nila alpha 5% atau 0,05 maka akan diperoleh hasil P < 0,05 yang berati adanya pengaruh yang signifikan dalam hal ini berati Ha di terima Ho ditolak.

2. Ada pengaruh antara motivasi terhadap kompetensi melakukan pemasangan pipa Endotrakeal Tube dengan nilai motivasi terhadap kompetensi, dari uji yang dilakukan diperoleh hasil nilai F rasio adalah 28,533 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. biola nilai signifikansi 0,000 dibandingkan dengan alpha 0,05 maka diperoleh hasil P<0,05 sehingga Ha diterima artinya ada pengaruh motivasi terhadap kompetensi mahasiswa.

3. Ada interaksi antara Coaching dan motivasi terhadap kompetensi melakukan pemasangan pipa Endotrakeal Tube dengan nilai diperoleh hasil 16,557 dengan nilai signifikansi 0,000, bila nilai signifikansi dibandingkan dengan nilai alpha 0,05 maka P < 0,05 sehingga Ha diterima sedangkan Ho ditolak hal ini berarti bahwa bahwa metode dan motivasi mempengaruhi kompetensi mahasiswa.

Leave a Reply