HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengaruh Pelatihan terhadap Kompetensi Bidan dalam Pemasangan IUD di Kabupaten Sragen

Judul Skripsi : Pengaruh Pelatihan terhadap Kompetensi Bidan dalam Pemasangan IUD di Kabupaten Sragen

 

A. Latar Belakang

Dalam rangka meningkatkan kompetensi bidan (pengetahuan, sikap dan kertampilan) dalam pemasangan IUD, BKKBN bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen dan Pusat Pelatihan Klinik Primer (P2KP) Kabupaten Sragen melaksanakan pelatihan bagi bidan dalam pemasangan IUD. Setelah pelatihan ini nantinya diharapkan bidan mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam pemasangan IUD sesuai dengan kompetensi yang seharusnya.

Berdasarkan uraian diatas maka penulis tertarik untuk meneliti “Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi Bidan dalam Pemasangan IUD di Kabupaten Sragen.”

 

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang tersebut maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut “Apakah ada pengaruh pelatihan terhadap kompetensi bidan dalam pemasangan IUD di Kabupaten Sragen“?

 

C. Tinjauan Pustaka

Pengertian Pelatihan

Pelatihan merupakan suatu proses pembelajaran terhadap pengetahuan dan keterampilan tertentu serta sikap agar peserta semakin terampil dan mampu melaksanakan tanggung jawabnya dengan semakin baik, sesuai dengan standar (Tanjung, 2003). Pelatihan berbasis kompetensi adalah pelatihan yang mengacu pada kompetensi yang akan dicapai dan diperlukan oleh peserta didik, sehingga isi / materi pelatihan yang akan dilatihkan merupakan bahan pelatihan yang diperlukan untuk mencapai kompeten (Umaedi, 2002).

 

Metode Pelatihan Berdasarkan Kompetensi

Menurut Depkes (2000), metode pelatihan yang dapat dipakai untuk dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap salah satunya adalah pelatihan berdasarkan kompetensi atau biasa disebut dengan Competency Based Training (CBT). Pelatihan berdasarkan kompetensi (PBK) adalah pelatihan yang mengacu pada suatu teknik/prosedur yang sebelumnya sudah disepakati. Pelatihan dikatakan berhasil jika keterampilan standar yang dimaksud dialihkan oleh para pelatih kepada semua peserta pelatihan. Filosofi yang mendasari diselenggarakannya pelatihan berdasarkan kompetensi adalah pendekatan andragogi, humanistik, peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap profesional secara standar.

 

Pengertian Bidan

Menurut ICM (International Confederation of Midwives) (1992) bidan adalah seseorang yang telah menyelesaikan Program Pendidikan Bidan yang diakui oleh Negara serta memperoleh kualifikasi dan diberi ijin untuk menjalankan praktek kebidanan di negeri itu. Dia harus mampu memberikan supervisi, asuhan dan memberikan nasihat yang dibutuhkan kepada wanita selama masa hamil, persalinan maupun pascapersalinan,memimpin persalinan atas tanggung jawabnya sendiri serta asuhan pada bayi baru lahir dan anak (Sofyan, 2003).

 

Pengertian AKDR / IUD

AKDR adalah alat kontrasepsi yang dipasang di dalam rahim (Hartanto, 2004). Di mana AKDR terdiri dari bermacam-macam bentuk, terdiri dari plastik (polietiline), ada yang di lilit tembaga (Cu), ada pula yang tidak. Tetapi ada pula yang di lilit tembaga bercampur perak (Ag). Selain itu ada pula yang batangnya berisi hormon progesterone.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Sragen selama bulan maret sampai dengan juli 2011 metode yang dipergunakan pra eksperimen dengan rancangan penelitian one group pretest posttest design.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh bidan yang berada di 26 puskesmas wilayah Kabupaten Sragen sejumlah 458 0rang.

Sampel sejumlah 82 orang yang diambil dengan dengan teknik multistage random sampling.

Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pelatihan pemasangan IUD dan yang menjadi variabel terikatnya adalah kompetensi bidan yang meliputi aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan bidan dalam pemasangan IUD.

Cara pengumpulan data dengan observasi dan membagikan kuesioner kepada responden dan hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji statistik Paired Sample T Test.

 

E. Kesimpulan

1. Pelatihan memberikan pengaruh efektif terhadap peningkatan kompetensi pada aspek pengetahuan bidan dalam pemasangan IUD.

2. Pelatihan memberikan pengaruh terhadap peningkatan kompetensi pada aspek sikap bidan dalam pemasangan IUD.

3. Pelatihan memberikan pengaruh terhadap peningkatan kompetensi pada aspek keterampilan bidan dalam pemasangan IUD .

 

Leave a Reply