HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Analisis Stilistika, Ilmu tentang Penggunaan Bahasa dan Gaya Bahasa

Stylistics secara etimologis berkaitan dengan style (bahasa Inggris). Style artinya gaya, sedangkan stylistics dapat diterjemahkan sebagai ilmu tentang gaya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata stilistika berarti ilmu tentang penggunaan bahasa dan gaya bahasa di dalam karya sastra.

Mengenai stilistika Nurgiyantoro (mengutip pendapat Leech & Short, 1981) menyarankan pada pengertian studi tentang stile, yaitu kajian terhadap wujud performasi atau penampilan kebahasaan, khususnya yang terdapat di dalam karya sastra. Lebih lanjut Nurgiyantoro mengatakan kajian ini dimaksudkan untuk menerangkan sesuatu yaitu hubungan bahasa dengan fungsi estetis dan maknanya.

Dalam kajian stilistika terdapat dua macam pendekatan, yaitu: pertama dimulai dengan analisis sistematis linguistik karya sastra, dan dilanjutkan dengan interpretasi tentang ciri-ciri dan tujuan estetis karya sastra tersebut sebagai “makna total”. Di sini gaya akan muncul sebagai sistem linguistik yang khas.

Kedua, mempelajari sejumlah ciri khas yang membedakan sistem satu dengan yang lain, metode yang dipakai menggunakan metode pengkontrasan. Aplikasinya di dalam penelitian, kajian stilistik genetis dengan pendekatan pertama lebih sering digunakan oleh para peneliti karya sastra. Alasannya, lazimnya stilistika karya sastra merupakan kekhasan pribadi yang unik sehingga stilistika tidak mudah digeneralisasi. Selain itu, alasan lainnya adalah bahwa kajian stilistika dapat lebih fokus terhadap pemberdayaan bentuk-bentuk kebahasaan dalam karya sastra tertentu. Dengan demikian diharapkan hasil kajian stilistika karya sastra diharapkan dapat lebih mendalam.

Incoming search terms:

Leave a Reply