HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Pengaruh Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Guru, Kreativitas Belajar Dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA

Pengaruh Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Guru, Kreativitas Belajar Dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA

Tesis Pendidikan Matematika ~ Prestasi belajar siswa sebagai tolak ukur pencapaian tujuan kurikuler di SMA Negeri I Gemolong  Sragen menunjukkan adanya perbedaan antara siswa yang satu dengan siswa yang lain. Perbedaan ini ditentukan oleh siswa itu sendiri dan keberhasilan dalam proses belajar mengajar yaitu interaksi antara guru dengan siswa dimana hasil belajar siswa dipengaruhi oleh karakteristik individu dan kualitas pengajaran karakteristik individu yang mempengaruhi hasil belajar siswa merupakan faktor yang bersumber dari luar diri siswa yang berkaitan dengan  kualitas dari komponen-komponen pengajaran.

Komponen-komponen pengajaran yang berhubungan langsung dengan proses belajar mengajar adalah guru, kurikulum, metode dan sarana dan prasarana. Sebagai salah satu komponen pengajaran, guru mempunyai peran yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan siswa, maka guru diharapkan selalu berusaha meningkatkan kemampuan profesionalnya sehingga semua siswa dapat menunjukkan prestasi belajar secara optimal melalui guru yang berkompetisi.

Secara normal prestasi belajar siswa berada di bawah rata-rata kelas, di atas rata-rata kelas dan berada di antara keduanya. Hal yang demikian juga dialami oleh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Gemolong Sragen. Agar tujuan pengajaran tercapai secara optimal, yaitu seluruh siswa dapat menunjukkan prestasi belajar sesuai dengan yang diharapkan, guru harus berusaha dengan kemampuan profesionalnya untuk memaksimalkan kemampuan belajar siswa dan meminimalkan bahkan menghilangkan prestasi belajar siswa yang berada di bawah rata-rata kelas. Salah satu diantaraya dengan menanam, membangun serta mengembangkan daya kreativitas siswa dalam belajar untuk mencapai prestasi belajar yang optimal.

Berdasar latar belakang masalah di atas, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul : ”PENGARUH PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI GURU, KREATIVITAS BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X DI SMA”

Identifikasi Masalah Penelitian Tindakan Kelas

Dari latar belakang masalah yang telah diuraikan, terdapat beberapa masalah antara lain:

  1. Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar matematika, diantaranya persepsi siswa terhadap kompetensi guru, kreativitas belajar dan kemandirian belajar siswa. Namun banyak pihak (pelaku maupun sekitarnya/lingkungan) kurang memperhatikan hal tersebut sehingga pencapaian hasil belajar kurang optimal.
  2. Adanya perbedaan persepsi siswa terhadap kompetensi guru  kemungkinan menyebabkan perbedaan prestasi belajar matematika siswa.
  3. Siswa kurang menyadari pentingnya kreativitas dalam belajar, baik dalam mengerjakan tugas ataupun dalam menyelesaikan setiap persoalan yang dapat mengakibatkan kekurangaktifan siswa dalam proses belajar mengajar sehingga prestasi belajar matematikanya kurang optimal.
  4. Siswa kurang menyadari pentingnya kemandirian dalam belajar, baik kemandirian yang muncul dari dalam diri siswa ataupun dari luar yang memerlukan dorongan orangtua atau guru dalam menyelesaikan setiap persoalan yang dapat mengakibatkan proses belajar mengajar kurang optimal sehingga prestasi belajar matematikanyapun kurang optimal.
 

Perumusan Masalah

Agar masalah dalam penelitian ini dapat dijawab dengan baik, maka masalah harus dirumuskan dengan jelas. Masalah adalah setiap kesulitan yang menggerakkan manusia untuk memecahkan masalah, masalah harus dapat dirasakan  sebagai tantangan yang mesti dilalui (tentang jalan mengatasinya) apabila kita akan berjalan terus, masalah menampakkan diri sebagai rintangan.

Dari pengertian di atas, bahwa seorang peneliti dihadapkan pada permasalahan yang harus dikaji dan dijawab. Masalah yang penulis rumuskan adalah:

  1. Apakah ada pengaruh antara persepsi siswa terhadap kompetensi guru matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA?
  2. Apakah ada pengaruh antara kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA ?
  3. Apakah ada pengaruh antara kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA?
  4. Apakah ada interaksi antara persepsi siswa terhadap kompetensi guru dan kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA?
  5. Apakah ada interaksi antara  persepsi siswa terhadap kompetensi guru dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA?
  6. Apakah ada interaksi antara kreativitas belajar dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA?
  7. Apakah ada interaksi antara persepsi siswa terhadap kompetensi guru, kreativitas belajar dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA?
Artikel terkait yang bertemakan Skripsi Pendidikan Matematika dan Tesis Pendidikan Matematika adalah sebagai berikut:

 
Tags: , , , , ,
Leave a Reply

Current day month ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632