HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Evaluasi Penerimaan Retribusi Pelayanan Persampahan/ Kebersihan di Kota Surakarta Tahun 2004-2008

Tesis Retribusi Pelayanan Persampahan – Judul Lengkap Evaluasi Penerimaan Retribusi Pelayanan Persampahan/ Kebersihan di Kota Surakarta Tahun 2004-2008

pelayananpersampahan Evaluasi Penerimaan Retribusi Pelayanan Persampahan/ Kebersihan di Kota Surakarta Tahun 2004 2008

A. Latar Belakang

Retribusi Pelayanan Persampahan/ Kebersihan adalah satu jenis retribusi yang berperan dalam menopang tegaknya pelaksanaan otonomi daerah di Kota Surakarta. Pada tahun 2006 pemungutan retribusi sampah Surakarta terdapat suatu masalah. Hambatan yang paling mendasar adalah masalah kepatuhan Wajib Retribusi dalam membayar retribusi terutang yang masih kurang bayar. Realisasi penerimaan menunjukkan jumlah sebesar Rp 2.300.847.100 sedangkan target yang dianggarkan menunjukkan jumlah sebesar Rp 2.300.000.000 dengan prosentase 100,04 %. Saat ini, Pemerintah Pusat memberikan hak kepada Pemerintah Daerah untuk mengatur dan mengelola potensi daerah masing-masing. Pemerintah Daerah diberikan wewenang untuk merancang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang dapat dijadikan alat dalam melakukan otonomi daerah, penyusunannya harus terarah sesuai sasaran agar bermanfaat bagi masyarakat daerah tersebut.

Penyelenggaraan otonomi daerah yang sedang berlangsung mendorong pemerintah daerah melakukan upaya peningkatan potensi daerahnya. Hal ini sesuai dengan pengertian otonomi daerah menurut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 yaitu kewenangan adalah otonomi untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Sumber penerimaan Pendapatan Asli Daerah yang utama adalah Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Retribusi Pelayanan Persampahan/ Kebersihan ini bersistem Official Assesment System yang berarti bahwa sistem pemungutan yang diberikan wewenang kepada Pemerintah untuk menentukan besarnya retribusi yang terutang. Oleh karena itu, peluang masyarakat untuk berbuat curang relatif kecil. Dengan sistem yang berlaku Pemerintah Kota bisa mengoptimalkan penerimaan pemungutan retribusi persampahan/ kebersihan. Sisi positif yang dapat diambil yaitu dengan adanya pelayanan yang optimal dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar retribusi untuk mendapatkan suasana kota yang bersih, nyaman, dan indah.

Penelitian sebelumnya yang membahas tentang retribusi Pelayanan Persampahan/ Kebersihan, antara lain:

  • Evaluasi Penerimaan Retribusi Pelayanan Persampahan/ Kebersihan Tahun 2002 – 2004 (Sapto Bagus Satriawan, 2004).

Dalam penelitian tersebut membahas tentangi Pencapaian/ Penerimaan RPP/K terhadap ketetapan Retribusi Pelayanan Persampahan/ Kebersihan atau potensi yang ada dan perkembangan penerimaan Retribusi Pelayanan Persampahan/ Kebersihan dari Tahun ketahun. Sedangkan, dalam penelitian ini membahas tentang kontribusi yang dihasilkan untuk Pendapatan Asli Daerah dan Efektivitas penerimaan Retribusi Pelayanan Persampahan/ Kebersihan tahun 2004-2008.

Pemungutan dengan Production Sharing sebagai sarana peningkatan pendapatan Asli Daerah Kota Surakarta (Fitria Ayu Yunita, 2006). Dalam penelitian tersebut membahas tentang Sistem pemungutan RPP/K dengan Production Sharing sudah sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2001 mengenai sistem pemungutan Retribusi Pelayanan Persampahan/ Kebersihan sebelum dan sesudah Retribusi Pelayanan Persampahan/ Kebersihan. Sedangkan, dalam penelitian ini membahas tentang kontribusi yang dihasilkan untuk Pendapatan Asli Daerah dan Efektivitas penerimaan Retribusi Pelayanan Persampahan/ Kebersihan tahun 2004-2008.

  • Analisis Penerapan Production Sharing Pada Retribusi Pelayanan

Persampahan dan Kebersihan kategori rumah tangga serta kontribusinya terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Surakarta (Yunita Charolina setyawati, 2006) Dalam penelitian tersebut membahas tentang besarnya realisasi penerimaan Retribusi Pelayanan Persampahan/ Kebersihan terhadap 16 peningkatan pendapatan Asli Daerah di Kota Surakarta dan prosedur pelaksanaan Production Sharing pada RPP/K sektor Rumah tangga. Sedangkan, dalam penelitian ini membahas tentang Efektivitas penerimaan Retribusi Pelayanan Persampahan/ Kebersihan tahun 2004-2008.

  • Optimalisasi Penerimaan Retribusi Pelayanan Persampahan/ Kebersihan Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kota Surakarta (Citra Puspita Sari, 2007)

Dalam penelitian tersebut membahas tentang Pertumbuhan Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan di Kota Surakarta Tahun 2004-2006. Sedangkan, dalam penelitian ini membahas tentang Efektivitas penerimaan Retribusi Pelayanan Persampahan/ Kebersihan tahun 2004-2008. Berkaitan dengan hal tersebut, penulis melakukan penelitian tentang Pemungutan Retribusi Pelayanan Persampahan/ Kebersihan ke dalam Tugas Akhir yang berjudul “EVALUASI PENERIMAAN RETRIBUSI PELAYANAN PERSAMPAHAN/ KEBERSIHAN DI KOTA SURAKARTA TAHUN 2004-2008”.

Tag : Tesis Retribusi Pelayanan Persampahan

Untuk mendapatkan daftar lengkap contoh skripsi ekonomi lengkap / tesis ekonomi lengkap, dalam format PDF, Ms Word, dan Hardcopy, silahkan memilih salah satu link yang tersedia berikut :

Contoh Tesis

Contoh Skripsi

Tags: , , , , , , , , ,
Leave a Reply

Current day month ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632