HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Teknologi Penelitian: Pengelolaan Teknologi Informasi dlm Memaksimalkan Nilai Bisnis

Judul Tesis : Analisa Pengelolaan Teknologi Informasi dalam Memaksimalkan Nilai Bisnis pada Perusahaan Multi Finance: Studi Kasus PT. BII Finance Center

 

A. Latar Belakang Penelitian

Salah satu upaya untuk dapat meningkatkan daya saing (competitive advantage) adalah dengan meningkatkan kemampuan perusahaan melalui strategi bisnis tertentu agar dapat mengantisipasi perubahan-perubahan situasi dan kondisi yang dihadapi. Dukungan sistem informasi dan teknologi informasi dapat membantu perusahaan untuk lebih cepat, akurat, dan efisien dalam menganalisa informasi dan perubahanperubahan yang terjadi. Strategi sistem dan teknologi informasi yang sejalan dengan strategi bisnis yang baik, akan menghasilkan teknologi informasi sebagai key enabler dari proses bisnis perusahaan tersebut sehingga dapat menjadikan perusahaan tersebut mempunyai competitive advantage.

Investasi pada Teknologi Informasi (TI) terus meningkat, begitu pula dengan kepercayaan pada sebagian besar perusahaan pada infrastruktur teknologi dan fungsi dari teknologi informasi. Investasi untuk menggunakan teknologi informasi dalam mendukung proses bisnis terus dilakukan. Para top management semakin meningkatkan fokus pada isu pada terdapat nilai pada investasi TI yang telah mereka lakukan.

 

B. Permasalahan

  1. Bagaimana Bii Finance Center mengelola TI-nya hingga dapat memberikan nilai bisnis yang baik?
  2. Faktor-faktor apa yang menjadi permasalahan dalam memaksimalkan investasi TI pada perusahaan PT. Bii Finance Center?
  3. Bagiamana Bii Finance membuat strategi TI selaras dengan strategi bisnis?

 

C. Landasan Teori

Strategi SI/TI

Investasi TI berkembang semakin kompleks, lebih membutuhkan pemikiran strategis, dan lebih besar dalam sisi ruang lingkup. Pada waktu sekarang ini, perhitungan tradisional finansial dan perhitungan akunting tidak mencukupi dalam menghitung nilai bisnis pada investasi yang dilakukan (Intel, 2003). Roger Clark 1994, mengatakan bahwa tujuan utama dari Strategy Information System (SIS) adalah mendukung suatu organisasi dalam mencapai tujuan bisnisnya. Pengertian lain dari terminologi diatas tidak hanya pada sebuah sistem informasi, tetapi juga merupakan kombinasi dari beberapa bagian dari organisasi yang memberikan informasi pada perencanaan strategisnya (Higgins & Vineze 1993).

Kontribusi SI pada Bisnis

Teknologi informasi tidak saja hanya mempunyai potensial untuk mendukung strategi bisnis yang ada, tapi juga dapat membentuk strategi yang baru (Henderson, Venkatraman, dan Oldach 1993). Pada pemikiran tersebut, TI dapat menjadi peluang untuk menjadikan suatu hal berbeda dan mencapai keunggulan kompetitif. Venkatraman mengilustrasikan suatu organisasi TI yang tidak dapat dipisahkan dari bisnis.

IT Governance

IT Governance merupakan subset dari disiplin Corporate Governance yang fokus pada teknologi informasi dan pada pelaksanaan serta manajemen resikonya. IT Governance menyangkut sebuah disipin yang terdiri dari seluruh pihak yang berkepentingan, termasuk BOD, konsumen internal dan area yang mempunyai relasi seperti keuangan, dimana mempunyai kepentingan dalam memberikan input untuk pengambilan keputusan.

 

D. Metodelogi Penelitian

Rancangan penelitian yang dilakukan adalah dengan melakukan studi lapangan dan wawancara pada Bii Finance Center guna mendapatkan kondisi perusahaan dalam mengelola TI.

 

E. Kesimpulan

Penelitian ini ditujukan untuk membuat saran perbaikan pengelolaan TI pada perusahaan Bii Finance Center. Proses pertama yang dilakukan adalah memetakan kondisi perusahaan pada teori-teori pengelolaan TI dan teori-teori strategi SI/TI.

Pengelompokkan kondisi perusahaan didasarkan pada teori Van Grembergen, De Haes dan Guldentops, secara struktur, proses dan mekanisme relasional. Secara teoritis, Bii Finance Center sudah cukup baik dalam mengelola TI-nya. Struktur yang ada pada Bii Finance Center, sudah terdefinisi dengan jelas dalam pengelolaan TI, dimana hal tersebut tercermin pada struktur organisasi TI-nya yang dirancang baik untuk menanggulangi permasalahan TI pada perusahaan.

Sedangkan pada bagian proses dan mekanisme relasional mempunyai beberapa kekurangan seperti strategi IT yang masih ad-hoc serta kurang meratanya pengetahuan antara bisnis dan TI antara kedua belah pihak.

Setelah mendapatkan kondisi perusahaan, dilakukan analisa permasalahan pada perusahaan dengan membandingkan kondisi perusahaan pada praktek-praktek best practices pada teori yang sudah disebutkan.

 

Contoh Tesis Teknologi Informasi

  1. Analisa Pengelolaan Teknologi Informasi dalam Memaksimalkan Nilai Bisnis pada Perusahaan Multi Finance- Studi Kasus PT. BII Finance Center
  2. Analisa Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Pengguna Paket Informasi Teknologi Industri dan Pelanggan Fokus Informasi Indonesia di PDII-LIPI
  3. Analisis Pengaruh Penerapan Sistem Teknologi Informasi dan Reorganisasi Direktorat Jenderal Pajak terhadap Produktivitas Aparat Pajak
  4. Analisis Pengaruh Penerapan Sistem Teknologi Informasi dan Reorganisasi Direktorat Jendral Pajak terhadap Produktivitas Kerja Aparat Pajak

 

Leave a Reply