HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis S2 Magister Manajemen Sumber Daya Manusia Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

  1. Pengaruh Independensi, Gaya Kepemimpinan, Komitmen Organisasi Dan Pemahaman Good Governance Terhadap Kinerja Auditor Pemerintah (Studi Empiris Pada Kantor Bpkp Perwakilan Yogyakarta)
  2. Pengaruh Pengembangan Karir Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan
  3. Pengaruh Stres Kerja, Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Turnover Intention Medical Representative
  4. Pengaruh Kompetensi Dan Kompensasi Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Hotel Di Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara
  5. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Dengan Motivasi Sebagai Variabel Mediating Di Lingkungan Dinas Penataan Ruang Dan Pemukiman Provinsi Sumatera Utara
  6. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai
  7. Pengaruh Kedisiplinan, Lingkungan Kerja Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Pengajar
  8. Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Hubungan Antara Partisipasi Anggaran Dan Kinerja Manajerial (Studi Empiris Pada Rumah Sakit Di Daerah Boyolali)
  9. Pengaruh Kompensasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja (Studi Terhadap Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
  10. Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Pt. Gelora Persada Mediatama Semarang
  11. Pengaruh Karakteristik Pekerjaan Dan Kompensasi Terhadap Komitmen Organisasi Pada Pt €Œx” Jakarta
  12. Dampak Pengawasan Dan Kepuasan Kerja Dalam Mempengaruhi Disiplin Kerja Karyawan Pt. Perkebunan Nusantara IV (Persero) Medan
  13. Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Iklim Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior (Ocb) Karyawan Pada Pt. Trubus Swadaya Depok
  14. Analisis Pengaruh Motivasi Kerja, Pengendalian Internal, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Empiris Pada Ajb Bumi Putera 1912 Kantor Cabang Solo Gladag)
  15. Kepuasan Kerja Dan Masa Kerja Sebagai Prediktor Komitmen Organisasi Pada Karyawan Pt Royal Korindah Di Purbalingga
  16. Pengaruh Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja, Dan Kinerja Karyawan Bank Sulselbar
  17. Hubungan Kelelahan Dengan Produktivitas Kerja Pada Pekerja Tenun Di PT. Alkatex Tegal
  18. Analisis Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Perawat Rumah Sakit Umum Daerah Maria Walanda Maramis Minahasa Utara
  19. Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Klinik Spesialis Bestari Medan Tahun 2007
  20. Pengaruh Karakteristik Pekerjaan, Pengembangan Karir dan Stres Kerja terhadap Komitmen Organisasional

 

 

Pengaruh Independensi, Gaya Kepemimpinan, Komitmen Organisasi Dan Pemahaman Good Governance Terhadap Kinerja Auditor Pemerintah (Studi Empiris Pada Kantor BPKP Perwakilan Yogyakarta)

Intisari

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu menganalisis pengaruh independensi, gaya kepemimpinan, komitmen organisasi dan pemahaman good governance terhadap kinerja auditor. Penelitian ini dilakukan pada kantor BPKP di Wilayah yogyakarta. Metode pengumpulan sempel dengan menggunakan teknik convenience sampling. Uji yang digunakan adalah regresi berganda

Hasil Penelitian

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada hipotesis pertama independensi tidak berpengaruh secara statistik terhadap kinerja auditor dengan nilai sebesar 0.504, hasil hipotesis kedua gaya kepemimpinan berpengaruh secara statistik terhadap kinerja auditor dengan nilai sebesar 0.002, hasil hipotesis ketiga komitmen organisasi berpengaruh statistik terhadap kinerja auditor dengan nilai sebesar 0.004 dan untuk hasil hipotesis yang keempat pemahaman good governance tidak berpengaruh secara statistik terhadap kinerja auditor dengan nilai sebesar 0.705.

Pengaruh Pengembangan Karir Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan

Intisari

Pengembangan karir adalah proses dan kegiatan untuk mempersiapkan karyawan untuk menempati posisi dalam suatu organisasi atau perusahaan, yang akan dilakukan di masa depan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pengembangan karier dan motivasi terhadap kepuasan kerja karyawan BPJS Kantor Cabang Pegawai Belawan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi, wawancara dan angket (angket). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis (uji t dan F) dan determinasi.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) pengembangan karier berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja yang berarti pengembangan karier dapat meningkatkan kepuasan kerja karyawan; (2) motivasi tidak mempengaruhi kepuasan kerja; dan (3) bahwa pengembangan dan motivasi karir secara signifikan mempengaruhi kepuasan kerja.

Pengaruh Stres Kerja, Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Turnover Intention Medical Representative

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara stres kerja terhadap kepuasan kerja, stres kerja terhadap komitmen organisasi, kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi, stres kerja terhadap turnover intention, kepuasan kerja terhadap turnover intention, komitmen organisasi terhadap turnover intention, pengaruh tidak langsung antara stres kerja terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja, stress kerja terhadap turnover intention melalui kepuasan kerja dan stres kerja terhadap turnover intention melaui komitmen organisasi medical representative. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 medical representative PT. Gracia Pharmindo Pharmaceutical Industry Cabang Sumatera Utara, teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Jalur.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian ini menunjukkan stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasi, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi, stres kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap turnover intention, kepuasan kerja dan komitmen organisasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention, stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja, stres kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap turnover intention melalui kepuasan kerja, stres kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap turnover intention melalui komitmen organisasi.

Pengaruh Kompetensi Dan Kompensasi Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Hotel Di Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengaruh kompetensi dasar dan kompensasi motovasi karyawan di Karo, Sumatera Utara, dan untuk menguji seberapa besar pengaruh kompetensi dan kompensasi karyawan motovasi hotel. Dan hasil penelitian ini diharapkan dapat berfungsi sebagai input berharga bagi penulis melakukan tugas pokok dosen dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan menjadi input bagi Akademi Pariwisata Medan dan menjadi input bagi manajemen hotel di Sumatera Utara, terutama yang di distrik Karo.

Pendekatan Penelitian

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa kuesioner dengan populasi karyawan hotel di Karo. Namun, karena jumlah hotel dan karyawan di sana terlalu banyak sampel diambil secara acak (acak) dan mempekerjakan 45 orang. Data yang digunakan adalah data primer dan diolah menggunakan uji statistik regresi linier berganda dengan alat SPSS.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi sudah positif dan dampak signifikan terhadap motivasi kerja karyawan hotel dengan tingkat signifikan 2% pada ? = 5%. Sedangkan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja karyawan hotel dengan tingkat signifikan 7,2% pada ? = 5%.

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Dengan Motivasi Sebagai Variabel Mediating Di Lingkungan Dinas Penataan Ruang Dan Pemukiman Provinsi Sumatera Utara

Intisari

Pengukuran kinerja adalah proses penilaian kemajuan pekerjaan menuju target yang ditentukan. Pengukuran kinerja adalah perangkat manajemen untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dan akuntabilitas. Kinerja karyawan yang baik akan secara langsung memengaruhi kinerja lembaganya, dan meningkatkan kinerja karyawan akan memakan waktu dan proses yang panjang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memverifikasi beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan dengan motivasi sebagai variabel mediasi dalam Layout and Settlement Service di Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini adalah jenis penelitian penjelasan. Data terdiri dari data primer dan dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Hipotesis diuji dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), menggunakan program Amos versi 18. Sampel terdiri dari 150 karyawan, menggunakan purposive sampling dan teknik stratified random sampling proporsional.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan berpengaruh negatif terhadap motivasi dan kinerja karyawan. Komunikasi memiliki pengaruh positif terhadap motivasi dan kinerja karyawan. Iklim organisasi berpengaruh positif terhadap motivasi dan kinerja karyawan. Disiplin kerja berpengaruh positif terhadap motivasi dan kinerja karyawan. Motivasi sebagai variabel mediasi memiliki pengaruh negatif terhadap kinerja karyawan.

Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai

Intisari

Budaya organisasi adalah pola perilaku yang dikembangkan oleh seorang karyawan organisasi belajar ketika menghadapi masalah eksternal adaptasi dan integrasi internal, yang telah terbukti cukup baik untuk disetujui dan diajarkan kepada anggota baru sebagai cara untuk menyadari, berpikir dan merasakan. Tambahan, budaya organisasi mengacu pada sistem makna bersama yang dipegang oleh anggota itu membedakan organisasi dari organisasi lain. Budaya organisasi dalam suatu organisasi biasanya dikaitkan dengan nilai, norma, sikap dan etos kerja ditahan bersama oleh masing-masing komponen organisasi. Jika budaya organisasi akan dapat meningkatkan kinerja tinggi dan akan berkontribusi pada kesuksesan perusahaan.

Pengaruh Kedisiplinan, Lingkungan Kerja Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Pengajar

Intisari

Pengaruh Kedisiplinan, Lingkungan Kerja dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Pengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kedisiplinan kerja, lingkungan kerja dan budaya kerja terhadap kinerja tenaga pengajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga pengajar Yaspenlub Demak. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan regresi linear ganda.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedisiplinan kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja, lingkungan kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja, budaya kerja berpengaruh positif terhadap kinerja tenaga pengajar, dan secara bersama-sama kedisiplinan kerja, lingkungan kerja dan budaya kerja berpengaruh positif terhadap kinerja tenaga pengajar.

Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Hubungan Antara Partisipasi Anggaran Dan Kinerja Manajerial (Studi Empiris Pada Rumah Sakit Di Daerah Boyolali)

Intisari

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi dan gaya kepemimpinan sebagai variabel moderating terhadap hubungan antara partisipasi dalam penyusunan anggaran dan kinerja manajerial. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menggunkan data primer dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah Rumah Sakit di Daerah Boyolali. Sampel dalam penelitian ini adalah manajer tingkat menengah dan tingkat bawah diantaranya kepala bagian, kepala sub bagian dan kepala unit. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 58 orang dan diambil dengan teknik purposive sampling. Uji validitas menggunakan peason product moment dan uji reabilitas menggunakan cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji t, uji F, Koefisien determinasi (R2) serta uji asumsi klasik.

Hasil Penelitian

Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukan bahwa partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh terhadap kinerja manajerial dengan Hasil uji t memperoleh nilai thitung (3,547) dan p-value 0,001 karena nilai p<0,005 maka H1 diterima. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukan bahwa interaksi PPA*KO sebesar (-2,133) dan p-value sebesar 0,038 karena nilai p < 0,05, maka H2 diterima, artinya komitmen organisasi memoderasi terhadap hubungan partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja manajerial. Sedangkan untuk interaksi PPA*GK sebesar (-0,033) dan p-value sebesar 0,974 karena nilai p > 0,05 maka H3 ditolak, artinya Gaya kepemimpinan tidak memoderasi terhadap hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja manajerial.

Pengaruh Kompensasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja (Studi Terhadap Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)

Intisari

Keberhasilan pembangunan sangat ditentukan oleh faktor manusia yang kemampuan membangun. Kemampuan ini hanya dapa dibina melalui pendidikan. Untuk sumber daya manusia yang berkaulitas, pemerintah berusaha menyelenggarakan pendidikan salah satunya UMSU melalui Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Penelitian bertujuan untuk membuktikan secara empiris, mengenai besarnya pengaruh kompensasi terhadap kinerja dosen FKIP UMSU. Mengidentifikasi dan menganalisis besarnya pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja dosen FKIP UMSU. Mengindentifikasi dan menganalisis mengenai besarnya pengaruh secara simultan kompensasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja dosen FKIP UMSU. Penelitian dilaksanakan di FKIP UMSU dengan menggunakan  metode bersifat kuantitif. Objek penelitian yang diteliti yakni, kompensasi, kepuasan kerja dan kinerja dosen. Populasi berjumlah 197 dosen tetap dan tidak tetap FKIP UMSU sedangkan menggunakan Slovin yaitu sampel 65 orang responden. Teknis analisis data regresi linier berganda dengan hasil persamaan Y= 106.423+0.140+0,381+e.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial Kompensasi terhadap Kinerja Dosen tidak memiliki pengaruh, Kepuasan Kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap  Kinerja Dosen. Kompensasi dan Kepuasan Kerja, secara simultan tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja dosen.

Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada PT. Gelora Persada Mediatama Semarang

Intisari

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior. 2) Untuk menganalisis pengaruh komitmen organisasi terhadap Perilaku Kewarganegaraan Organisasi. 3) Untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan 4) Untuk menganalisis pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan. 5) Untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja, komitmen organisasi terhadap Perilaku Kewarganegaraan Organisasi dan kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Gelora Persada Mediatama Semarang, dengan jumlah 50 orang. Analisis data yang digunakan adalah validitas, uji reliabilitas, regresi, uji t dan koefisien determinasi.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa: (1) pengaruh negatif terhadap kepuasan kerja, perilaku warga organisasi (OCB), yang ditunjukkan dari hasil regresi ? = -0,291, dan nilai signifikansi dari 0,042; di mana signifikansi kurang dari 0,05 (0,042 <0,05), (2) pengaruh positif terhadap komitmen organisasi, perilaku warga organisasi (OCB), yang ditunjukkan dari hasil regresi ? = 0,400, dan nilai signifikan 0,822; di mana signifikansinya lebih besar dari 0,05 (0,098> 0,05); (3) Kepuasan kerja dan perilaku warga organisasi (OCB) berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan, seperti yang ditunjukkan oleh hasil regresi Kepuasan Kerja ? = 0,133 (tanda 0,159> 0,05) dan perilaku warga organisasi (OCB) ? = 0,738 (tanda 0, 06> 0,05) sedangkan komitmen Organisasi berpengaruh negatif terhadap kinerja karyawan, seperti yang ditunjukkan oleh hasil regresi Komitmen organisasi ? = -0,222 (tanda 0,160> 0,05). Dinilai R ² Kontribusi kepuasan kerja, komitmen organisasi dan perilaku warga organisasi (OCB) untuk menjelaskan peningkatan kinerja karyawan PT. Gelora Persada Mediatama dari (?R²) 0581.

Pengaruh Karakteristik Pekerjaan Dan Kompensasi Terhadap Komitmen Organisasi Pada PT €Œx” Jakarta

Intisari

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk menggambarkan karakteristik pekerjaan, kompensasi, dan komitmen organisasi, 2) untuk menganalisis pengaruh karakteristik pekerjaan terhadap komitmen organisasi, 3) untuk menganalisis pengaruh kompensasi terhadap komitmen organisasi, 4) untuk menganalisis pengaruh karakteristik pekerjaan dan kompensasi secara bersamaan terhadap komitmen organisasi. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT â € œXâ €, Jakarta. Sampel penelitian adalah 74 karyawan tetap. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan metode yang digunakan adalah explanatory survey. Hasil analisis deskriptif menunjukkan: a) 49% total staf tetap PT “X” bukan realisasi yang sesuai dengan karakteristik pekerjaan, b) 51% total staf permanen PT “X” memperoleh kompensasi yang diberikan oleh organisasi. tidak cukup baik, c) 61% karyawan tetap PT “X” memiliki komitmen organisasi yang relatif buruk.

Hasil Penelitian

Hasil pengujian hipotesis: 1) terdapat pengaruh yang signifikan karakteristik pekerjaan terhadap komitmen organisasi, 2) ada pengaruh kompensasi yang signifikan terhadap komitmen organisasi, 3) karakteristik pekerjaan dan kompensasi secara simultan berpengaruh terhadap komitmen organisasi. Nilai koefisien determinasi (R2) untuk X1 dan X2 adalah 0,127, artinya komitmen organisasi dapat dipengaruhi oleh karakteristik pekerjaan dan kompensasi sekitar 12,7%, kemudian faktor lain sekitar 87,3%.

Dampak Pengawasan Dan Kepuasan Kerja Dalam Mempengaruhi Disiplin Kerja Karyawan PT. Perkebunan Nusantara IV (Persero) Medan

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengawasan dan kepuasan kerja terhadap disiplin kerja karyawan pada PT. Perkebunan Nusantara IV (Persero) Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan tetap pada bagian sekretaris perusahaan dan umum yang berjumlah 50 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, melalui pendekatan asosiatif untuk mengetahui pengaruh dari dua variabel atau lebih.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian menemukan bahwa pengawasan dan kepuasan kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap disiplin kerja karyawan, namun hasil uji parsial menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh terhadap disiplin kerja karyawan adalah kepuasan kerja, sedangkan pengawasan tidak berpengaruh terhadap disiplin kerja.

Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Iklim Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Karyawan Pada PT. Trubus Swadaya Depok

Intisari

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui gambaran kepuasan kerja, iklim organisasi, dan OCB di PT. Trubus Swadaya. 2) Uji empiris pengaruh kepuasan kerja terhadap OCB di PT. Trubus Swadaya. 3) Uji secara empiris pengaruh iklim organisasi terhadap OCB di PT. Trubus swadaya. 4) Uji secara empiris pengaruh kepuasan kerja dan iklim organisasi terhadap OCB di PT. Trubus Swadaya. Analisis yang diterapkan dalam penelitian ini adalah regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Metode penelitian ini adalah simple random sampling, yang diambil 59 karyawan, sedangkan pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner dan diolah menggunakan SPSS 16.0.

Hasil Penelitian

Hasil uji t untuk kepuasan kerja adalah 2,386, dan signifikansi 0,020. Ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara kepuasan kerja terhadap OCB. Hasil uji t untuk iklim organisasi adalah 2,288, dan signifikansinya adalah 0,026. Ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara iklim organisasi terhadap OCB. Hasil uji F adalah 5,196, dan signifikansinya 0,009. Ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara kepuasan kerja dan iklim organisasi terhadap OCB. Hasil R2 adalah 0,157 atau 15,7%. Ini berarti OCB dipengaruhi oleh kepuasan kerja dan iklim organisasi sebanyak 15,7%.

Analisis Pengaruh Motivasi Kerja, Pengendalian Internal, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Empiris Pada AJB Bumi Putera 1912 Kantor Cabang Solo Gladag)

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi kerja, pengendalian internal, dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan data primer dengan metode survey kuisioner pada AJB Bumi Putera 1912 Kantor Cabang Solo Gladag. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode covinience sampling berdasarkan kemudahan. Jumlah kuisioner yang terkumpul sebanyak 52. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, Uji F, Uji t (ttest), dan Uji Koefisien determinasi (R2), Uji asumsi klasik juga digunakan dalam penelitian ini, antara lain: uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas. Data diolah dengan bantuan software SPSS 16.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. Kedua pengendalian internal berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dengan nilai signifikansi 0,009 < 0,05. Ketiga komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Kepuasan Kerja Dan Masa Kerja Sebagai Prediktor Komitmen Organisasi Pada Karyawan PT Royal Korindah Di Purbalingga

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk memverifikasi secara empiris hubungan antara kepuasan kerja dan masa kerja dengan komitmen organisasi, mengetahui seberapa besar kontribusi kepuasan kerja, komitmen organisasi dan mengetahui seberapa besar kontribusi masa kerja dengan komitmen organisasi. Populasi dalam penelitian ini sebagai bagian dari karyawan tetap dengan sampel bulanan 50 karyawan departemen dan penggunaan kuota purposive sampling. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala. Ada tiga hipotesis. Hipotesis utama dari penelitian ini adalah ada hubungan antara kepuasan kerja dan masa kerja dengan komitmen organisasi terhadap karyawan Royal Korindah di Purbalingga. Hipotesis pertama minor dari penelitian ini adalah ada hubungan positif antara kepuasan kerja, komitmen organisasi dengan karyawan Royal Korindah di Purbalingga. Hipotesis kedua minor dari penelitian ini adalah ada hubungan antara masa kerja dengan komitmen organisasi terhadap karyawan Royal Korindah di Purbalingga.

Hasil Penelitian

Kesimpulan Hasil menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kepuasan kerja dan masa kerja dengan komitmen organisasi kepada karyawan Royal Korindah di Purbalingga, ada hubungan positif yang signifikan antara kepuasan kerja dan komitmen organisasi dan ada hubungan positif yang signifikan antara tahun pelayanan dengan komitmen organisasi.

Pengaruh Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja, Dan Kinerja Karyawan Bank Sulselbar

Intisari

Studi ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kepemimpinan dan pengembangan sumber daya manusia terhadap kepuasan kerja, motivasi kerja serta kinerja karyawan. Analisis dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan alpha 5% untuk menguji signifikansi variabel peneletian. Data diperoleh dari karyawan tetap Bank Sulselbar yang ditetapkan sebagai sampel berdasarkan teknik cluster random sampling. Total responden adalah 184 karyawan. Pengumpu lan data menggunakan kuesioner (sebagai instrumen utama), wawancara, pengamatan, dan dokumen tasi.

Hasil Penelitian

Hasil analisis (pada tingkat signifikansi 5%) menunjukkan bahwa: 1) kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, 2) pengembangan sumber daya manusia berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, 3) kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja, 4) pengembangan sumber daya manusia berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja, 5) kepemim- pinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, 6) pengembangan sumber daya manusia berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, 7) kepuasan kerja berpengaruh signifikan ter- hadap motivasi kerja, 8) kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, dan 9) motivasi kerja berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja karyawan.

Hubungan Kelelahan Dengan Produktivitas Kerja Pada Pekerja Tenun Di PT. Alkatex Tegal

Intisari

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kelelahan kerja dengan produktivitas kerja pada tenaga kerja bagian tenun di PT. ALKATEX Tegal. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan metode survey analitik rancangan cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh pekerja bagian tenun di PT. ALKATEX Tegal yang berjumlah 50 orang. Sampel penelitian adalah 28 orang dengan metode simple random sampling. Instrumen penelitian berupa reaction timer, dan lembar observasional.

 

Hasil Penelitian

Hasil tabulasi silang hubungan antara kelelahan kerja dengan produktivitas kerja pada tingkat kepercayaan 95% dan tingkat kesalahan (?) 0,05 diketahui bahwa terdapat hubungan antara variable bebas dan variable terikat dengan nilai p 0,001. Kepada tenaga kerja bagian tenun di PT. ALKATEX Tegal supaya membiasakan diri untuk melakukan peregangan otot disela pekerjaan atau pun pada saat istirahat.

Analisis Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Perawat Rumah Sakit Umum Daerah Maria Walanda Maramis Minahasa Utara

Intisari

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan efek budaya organisasi, kepemimpinan, dan motivasi sebagian dan secara bersamaan pada kinerja perawat Rumah Sakit Umum Daerah Maria Walanda Maramis Utara Minahasa. Data yang digunakan dalam penelitian ini melalui wawancara dan kuesioner. Populasi dari studi ini adalah paramedis perawat (perawat dan bidan) di Rumah Sakit Umum Daerah Maria Walanda Maramis, berjumlah 73 orang. Metode sampling pengukuran yang digunakan adalah teknik sampling disengaja dengan jumlah sampel responden 44. Data dianalisis menggunakan beberapa teknik analisis regresi.

Hasil Penelitian

Hasilnya menunjukkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan budaya organisasi, kepemimpinan, dan motivasi terhadap kinerja perawat. Selanjutnya, budaya organisasi, kepemimpinan, dan motivasi secara simultan berpengaruh perawat kinerja yang signifikan.

Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Klinik Spesialis Bestari Medan Tahun 2007

Intisari

Klinik Spesilis Bestari Medan merupakan salah satu sarana pelayanan kesehatan yang dibentuk untuk memudahkan masyarakat mengakses pelayanan dokter spesialis, namun hingga kini kinerjanya masih rendah. Hasil observasi dan survei awal , rendahnya kinerja diketahui seringnya pegawai khususnya para dokter obgyn tidak hadir pada waktunya karena rendahnya perhatian dan pengawasan / supervisi dari atasan serta adanya kesempatan untuk memperoleh penghasilan lebih besar di tempat lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap peningkatan kinerja pegawai Klinik Spesialis Bestari Dinas Kesehatan Kota Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian survai bersifat analitik deskriptif dengan pendekatan cross sectional study dengan jumlah responden sebanyak 39 orang dengan kriteria sampel bersedia dan hadir pad saat penelitian dilakukan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji regresi linear berganda pada tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel indikator kepuasan pegawai di klinikSpesialis Bestari Medan yang mempunyai hubungan signifikan dengan kinerja adalah variabel kepuasan terhadap pekerjaan (p=0,046), kepuasan terhadap pengawasan (p=0,020), kepuasan terhadap gaji (p=0,016) dan kepuasan terhadap hubungan kerabat kerja (p=0,019), sedangkan variabel kepuasan kepuasan terhadap promosi (p=0,927), kepuasan terhadap manajemen (p=0,639), kepuasan terhadap kondisi kerja (p=0,739) dan kepuasan terhadap sistem penilaian prestasi (p=0,615) tidak mempunyai hubungan signifikan dengan kinerja (p>0,05).

Hasil Penelitian

Hasil uji regresi berganda tahap kedua, ternyata variabel kepuasan terhadap pengawasan mempunyai pengaruh signifikan dengan kinerja pegawai Klinik Bestari Medan dengan nilai p=-0,007 dengan R Square yaitu 0,232 dan berpola positif, artinya kinerja pegawai klinik Bestari Medan dipengaruhi oleh pengawasan sebesar 23,2% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti yang kemungkinan dari faktor motivasi, kompensasi lainnya. Disarankan manajemen Klinik Spesialis Bestari hendaknya memperhatikan peningkatan kinerja diawali dengan kesepakatan untuk penentuan visi,misi serta tahapan kegiatan , monitoring dan evaluasi. Dan untuk peningkatan kinerja disarankan dengan peningkatan pengawasan / supervisi dan pembinaan terhadap evaluasi kinerja pegawai dengan menggunakan daftar pengawasan yang telah dipersiapkan, pelatihan dan peningkatan disiplin bagi terhadap staf klinik Bestari.

Pengaruh Karakteristik Pekerjaan, Pengembangan Karir dan Stres Kerja terhadap Komitmen Organisasional

Intisari

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh karakteristik pekerjaan, pengembangan karir dan stres kerja terhadap komitmen organisasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PDAM Tirta Moedal Semarang adalah 531. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 85 karyawan. Model analisis adalah regresi berganda dengan menggunakan program SPSS 16.0.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik pekerjaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi, develepmont karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi, stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap komitmen organisasi.

 

 

Leave a Reply

Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?
Powered by