HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis S2 Magister Manajemen Sumber Daya Manusia Universitas Internasional Batam (UIB)

  1. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja (Studi Kasus Pada Pengantar Pos Di Sentral Pengolahan Pos Jalan Imam Barjo Semarang)
  2. Analisis Pengaruh Praktik Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan
  3. Komunikasi Interpersonal Dan Kinerja Pegawai Badan
  4. Kepegawaian Daerah Provinsi Bengkulu
  5. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Tiga Perusahaan Fabrikasi Lepas Pantai Di Batam Dan Karimun)
  6. Analisis Pengaruh Kepribadian, Motivasi Dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Kreatif
  7. Analisis Pengaruh Perekrutan, Pelatihan, Kompensasi Dan Penghargaan Terhadap Kinerja Karyawan Di Hotel Bintang 3 Dan 4 Kota Batam
  8. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Restoran Cepat Saji Di Batam
  9. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Dengan Keterlibatan Karyawan Sebagai Mediasi Pada Pt.Sumber Alfaria Trijaya Yang Ada Di Batam
  10. Pengaruh Praktik Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan
  11. Analisis Iklim Organisasi Di Kepolisian Resort Kendal
  12. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keinginan Untuk Pindah Kerja pada Kantor Akuntan Publik dan Kantor Konsultan Pajak di Batam
  13. Optimalisasi Kemudahan Pelayanan Investasi melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)
  14. di Mal Pelayanan Publik Kota Batam
  15. Analisis Pengaruh Blended Learning dan Sertifikasi Terhadap Kompetensi Mahasiswa
  16. Kinerja Tenaga Administrasi Akademik Dalam Pelayanan Mahasiswa Pada Fakultas Teknik Universitas Sulawesi Tenggara
  17. Analisis Penilaian Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah (BUS) Dengan Menggunakan Pendekatan Islamicity Performance Index
  18. (Studi Pada Laporan Keuangan BUS Periode 2012-2016)
  19. Analisis perbandingan kinerja perbankan syariah indonesia dan malaysia dengan pendekatan indeks maqashid syariah dan profitabilitas bank syariah
  20. Analisis Pengaruh Praktik Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Hotel Bintang Empat Di Batam)
  21. Pengaruh Upah, Motivasi Kerja, dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja
  22. Pekerja pada Industri Manufaktur di Kota Makassar
  23. Pengaruh Praktik Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan
  24. Analisis Pengaruh Tata Kelola Perusahaan dan Karakteristik Perusahaan terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

 

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja (Studi Kasus Pada Pengantar Pos Di Sentral Pengolahan Pos Jalan Imam Barjo Semarang)

Intisari

Kepuasan Kerja adalah suatu faktor penting yang sering menyebabkan adanya masalah di lingkungan kerja. Seringkali masalah ini timbul dikalangan struktur kepegawaian yang paling bawah. Penelitian ini hendak meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja di kalangan pengantar pos Sentral Pengolahan Pos Jalan Imam Barjo Semarang, yang merupakan ujung tombak stratejik fungsional. Sebagai pengantar pos, mereka selalu berhubungan langsung dengan konsumen dan juga para atasan. Keduanya memberikan tekanan luar biasa kepada para pengantar pos dan harus ditanggapi dengan penuh perhitungan dan tanggung jawab.

Pendekatan Penelitian

Ada tiga variabel bebas dan satu variabel terikat yang dimasukkan dalam penelitian ini, yaitu: Perilaku Pimpinan, Komitmen Organisasi, dan Kemampuan Kerja; dan juga variabel terikat, yaitu: Kepuasan Kerja. Keempat variabel tersebut merupakan pengembangan dad beberapa penelitian terdahulu. Dengan menggunakan acuan jurnal-jurnal penelitian terdahulu yang berkaitan dengan penelitian ini, dibangunlah sebuah kerangka pemikiran teoritis penelitian ini.

Hasil Penelitian

Penelitian ini dilakukan di Kantor Sentral Pengolahan Pos Jalan Imam Barjo Semarang, dengan mengambil responden seluruh pengantar pos (pak pos pengantar surat), sebanyak 106 orang. Jenis dan sumber data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data Primer, yaitu yang diperoleh langsung dari responden di lapangan melalui metode kuesioner yang diberikan kepada responden berupa: angket terbuka dan angket tertutup.Dengan menggunakan Uji F, dapat dilihat bahwa Perilaku Pimpinan, Komitmen Organisasi, dan Kemampuan Kerja, secara bersama — sama berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja. Dengan menggunakan Uji t, dapat dilihat bahwa Perilaku Pimpinan dan Kemampuan Kerja berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja, sedangkan Komitmen Organisasi berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja. Perilaku Pimpinan memberikan pengaruh paling besar terhadap Kepuasan Kerja.

Analisis Pengaruh Praktik Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan

Intisari

Fokus dari penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh praktik manajemen sumber daya manusia pada karyawan sektor perhotelan di Kota Batam. Sampel diambil dari 299 karyawan hotel dari 5 hotel bintang empat di Kabupaten Batu Ampar. Data penelitian yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan program Partial Least Squares Path Modeling (PLS-SEM) versi 3.

Hasil Penelitian

Hasil dari penelitian ini menunjukkan pertama, perekrutan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Kedua, pemilihan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Ketiga, pelatihan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Keempat, kompensasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Kelima, promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.

Komunikasi Interpersonal Dan Kinerja Pegawai Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Bengkulu

Intisari

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan komunikasi internal kantor “ry p” r7atau saat ini di Petugas Daerah Boar, C Provinsi Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.

Pendekatan Penelitian

Metode deskriptif adalah metode inirn tu menggambarkan data akurat ond aktual, di mana dota tersebut kemudian dibahas dan dijelaskan secara sistematis dan disimpulkan untuk mendapatkan solusi dari masalah yang diteliti. Dasi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yang diperoleh melalui distribusi kuesioner dan wawancara. Responden dalam penelitian ini adalah pejabat Dewan Pejabat Daerah Provinsi Bengkulu. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: [1) komunikasi antarpribadi pada Dewan Afiliasi Lokal Provinsi Bengkulu berada pada kategori baik dan (2) kinerja petugas di Dinas Locai 1 Provinsi Bengkulu memiliki kategori baik kategori.

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Tiga Perusahaan Fabrikasi Lepas Pantai Di Batam Dan Karimun)

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan yang merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam peningkatan kinerja perusahaan, sehingga memudahkan perusahaan untuk fokus pada faktor-faktor yang signifikan pengaruhnya terhadap kinerja karyawan dan sebagai referensi bagian sumber daya manusia dalam menentukan kebijakan strategis dalam menangani kinerja karyawan.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa faktor penghargaan karyawan, kepuasan karyawan, perilaku karyawan dan gaya kepemimpinan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini juga menjelaskan bahwa faktor motivasi karyawan, pengembangan karyawan dan lingkungan kerja pada perusahaan yang bergerak di bidang fabrikasi lepas pantai pengaruhnya tidak signifikan terhadap kinerja karyawan.

Analisis Pengaruh Kepribadian, Motivasi Dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Kreatif

Intisari

Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh kepribadian, motivasi dan kepemimpinan terhadap kinerja kreatif di perusahaan manufaktur dengan jumlah karyawan tertinggi di Batam.

Pendekatan Penelitian

Sampel diambil dari 300 karyawan pria dan wanita dengan menggunakan regresi multikol yang diterapkan pada data dengan SPSS 21.0.

Hasil Penelitian

Hasil dari penelitian ini menunjukkan pengaruh yang signifikan dan juga tidak signifikan dari variabel independen terhadap dependen. Pertama, kepribadian memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja kreatif. Kedua, motivasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja kreatif. Ketiga, kepemimpinan berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja kreatif

Analisis Pengaruh Perekrutan, Pelatihan, Kompensasi Dan Penghargaan Terhadap Kinerja Karyawan Di Hotel Bintang 3 Dan 4 Kota Batam

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perekrutan, pelatihan, kompensasi dan penghargaan terhadap kinerja karyawan pada karyawan hotel berbintang tiga dan empat yang ada di Batam. Penelitian ini menggunakan variabel independen seperti, perekrutan, pelatihan, kompensasi dan penghargaan terhadap kinerja karyawan.

Pendekatan Penelitian

Penelitian ini menggunakan sampel dari 4 hotel berbintang empat yang ada di Batam. Pemilihan data sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah multiple regression. Data penelitian telah dikumpulkan dan akan dianalisis menggunakan program Statistical Package for the Social Science (SPSS).

Hasil Penelitian

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perekrutan, pelatihan, kompensasi dan penghargaan memiliki pengaruh signifikan positif terhadap kinerja karyawan perusahaan berbintang tiga dan empat yang ada di Batam.

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Restoran Cepat Saji Di Batam

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja karyawan cepat saji di Batam. Penelitian ini menggunakan variabel independen seperti kepuasan kerja, peatihan, lingkungan kerja, dan kompensasi.

Pendekatan Penelitian

Penelitian ini menggunakan sampel dari restoran cepat saji di Batam. Pemilihan data sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah multiple regression. Data penelitian telah dikumpulkan dan akan dianalisis menggunakan program Statistical Package for the Social Science (SPSS).

Hasil Penelitian

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja, pelatihan, lingkungan kerja dan kompensasi memiliki pengaruh signifikan positif terhadap kinerja karyawan restoran cepat saji yang ada di Batam.

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Dengan Keterlibatan Karyawan Sebagai Mediasi Pada Pt.Sumber Alfaria Trijaya Yang Ada Di Batam

Intsari

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh kepemimpinan, keadilan organisasi, kompensasi & manfaat, kebijakan & prosedur kerja, pelatihan & pengembangan terhadap kinerja karyawan dengan keterlibatan karyawan sebagai variabel mediasi.

Pendekatan Penelitian

Populasi penelitian ini adalah karyawan Alfamart yang berada di Batam. Sampel yang digunakan sebanyak 300 karyawan pada lima (5) kecamatan di Batam diantaranya Sekupang, Batam Kota, Batu Aji, Sagulung, dan Lubuk Baja. Penelitian tersebut menggunakan aplikasi perangkat lunak Partial Least Square (PLS) untuk menganalisis pengaruh variabel dependen untuk menganalisis pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen melalui variabel mediasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan, keadilan organisasi, kebijakan & prosedur kerja dan pelatihan & pengembangan berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja karyawan.

Hasil Penelitian

Dalam temuan ini variabel kompensasi & manfaat berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil temuan ini juga menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan, keadilan organisasi menunjukkan pengaruh signifikan terhadap variabel mediasi keterlibatan karyawan dan variabel kompenasai & manfaat, kebijakan & prosedur kerja, serta pelatihan dan pengembangan menunjukkan tidak signifikan terhadap variabel mediasi keterlibatan karyawan.

Pengaruh Praktik Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan

Intisari

Studi ini berfokus pada efek yang dimiliki praktik manajemen sumber daya manusia (SDM) terhadap kinerja karyawan. Studi ini berusaha untuk mengetahui pengaruh pelatihan, upah terkait kinerja, pemberdayaan karyawan, desain pekerjaan dan keamanan kerja terhadap kinerja karyawan sektor industri di Pulau Batam.

Pendekatan Penelitian

Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian survei deskriptif. Populasi target adalah semua karyawan sektor industri. Teknik purposive sampling digunakan. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif seperti frekuensi dan persentase. Analisis korelasi dan regresi dilakukan untuk membangun hubungan antara berbagai praktik HRM dan kinerja karyawan. Data disajikan dalam bentuk tabel, grafik, dan grafik. Berdasarkan temuan, desain pekerjaan memiliki dampak terbesar pada peningkatan tingkat kinerja karyawan. Pemberdayaan karyawan juga memiliki efek meningkatkan tingkat kinerja karyawan. Pelatihan dan pengembangan, keamanan kerja dan kinerja terkait upah tidak berdampak pada kinerja karyawan.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pekerjaan dan pemberdayaan karyawan memiliki makna positif untuk meningkatkan kinerja karyawan.

Analisis Iklim Organisasi Di Kepolisian Resort Kendal

Intisari

Dalam rangka mewujudkan pelaksanaan tugas yang profesional, Polres Kendal sangat membutuhkan iklim organisasi yang kondusif, yang memungkinkan para anggotanya melaksanakan tugas sesuai standard profesi maupun ketentuan hukum yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kuatnya hubungan dan dan besarnya pengaruh faktor-faktor kepemimpinan, pengawasan dan konflik terhadap iklim organisasi ; baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang didukung kualitatif. Data- data kuantitatif yang diperoleh didiskripsikan secara sistematis dengan tabel tunggal, tabel silang ; kemudian digunakan rurnus Koefisien Korelasi Kendall, Koefisien Konkordansi Kendall dan Koefisien Determinasi. Analisis kualitatif digunakan untuk lebih memperjelas hasil analisis kuantitatif.

Hasil Penelitian

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan nilai-nilai koefisien korelasi yang diperoleh dapat disimpulkan : 1). Adanya hubungan yang positif dan sangat signifikan antara kepemimpinan dengan iklim organisasi. 2). Adanya hubungan yang positif dan sangat signifikan antara pengawasan dengan iklim organisasi. 3). Adanya hubungan yang positif dan signifikan antara konflik dengan iklim organisasi. Berdasarkan Kefisien Korelasi Konkordansi Kendall dapat disimpulkan adanya hubungan yang positif dan sangat signifikan antara kepemimpinan, pengawasan dan konflik secara bersama-sama dengan iklim organisasi. Berdasarkan Koefisien Determinasi sebesar : 0,2802 atau sama dengan r : 0,078, dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan, pengawasan dan konflik secara bersarna-sama memberikan pengaruh sebesar : 7,8 % terhadap iklim organisasi.

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keinginan Untuk Pindah Kerja pada Kantor Akuntan Publik dan Kantor Konsultan Pajak di Batam

Intisari

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dampak komitmen organisasi, pekerjaan kepuasan, kepuasan gaji, iklim organisasi dan tekanan kerja pada turnover intention dan juga keadilan organisasi terhadap komitmen organisasi, kepuasan kerja, gaji kepuasan, dan keinginan berpindah. Sebanyak 218 karyawan Kantor Akuntan Publik dan Pajak Konsultan di Batam dipilih menggunakan simple random sampling.

Pendekatan Penelitian

Penelitian ini berdasarkan Thomas dan Nagalingappa (2012), Ahmad et al. (2012), Saungweme dan Gwandure (2011). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kombinasi dari variabel itu ada di ketiga model. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hipotesis semua variabel independen dan intervensi signifikan untuk diprediksi niat berpindah.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komitmen organisasi, membayar kepuasan, dan keadilan organisasional memiliki pengaruh signifikan terhadap intensi turnover sementara organisasi iklim, kepuasan kerja, dan stres kerja tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap niat berpindah. Keadilan organisasi juga memiliki pengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi, pekerjaan kepuasan dan membayar kepuasan. Optimalisasi Kemudahan Pelayanan Investasi melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Mal Pelayanan Publik Kota Batam

Analisis Pengaruh Blended Learning dan Sertifikasi Terhadap Kompetensi Mahasiswa

Intisari

Pembelajaran dengan tambahan e-Learning lebih dikenal dengan nama Blended Learning. Pembelajaran ini dilakukan dengan mengkombinasikan perkuliahan reguler dengan perkuliahan secara online. Pembelajaran Blended Learning di perguruan tinggi, dikombinasikan dengan kebutuhan sertifikasi dari industri sehingga diharapkan dapat menunjang kompetensi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang analisis pengaruh Blended Learning dan sertifikasi terhadap kompetensi mahasiswa. Target khusus yang ingin dicapai adalah memberikan masukan yang komprehensif terhadap perguruan tinggi mengenai peningkatan kompetensi mahasiswa dengan dukungan metode pembelajaran yang sesuai.

Pendekatan Penelitian

Metode yang akan dipakai adalah metode penelitian kuantitatif survei terhadap mahasiswa perguruan tinggi di Provinsi Kepulauan Riau; dibarengi dengan melakukan studi pustaka terhadap Aplikasi Pembelajaran Blended Learning dan sertifikasi dalam hubungannya dengan kompetensi mahasiswa. Manfaat utama dari penelitian ini adalah dapat memberikan kontribusi bagi manajemen perguruan tinggi dalam kaitannya dengan pengembangan sumber daya manusia, khususnya di Kepulauan Riau, sebagai provinsi terluar dari negara Kesatuan Republik Indonesia, agar tercapai kompetensi yang diharapkan.

Hasil Penelitian

Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Blended Learning dan Sertifikasi secara simultan berpengaruh terhadap variabel Kompetensi.

Kinerja Tenaga Administrasi Akademik Dalam Pelayanan Mahasiswa Pada Fakultas Teknik Universitas Sulawesi Tenggara

Intisari

Penelitian ini berkenaan dengan kinerja tenaga administrasi akademik dalam pelayanan mahasiswa pada Fakultas Teknik Sipil Universitas Sulawesi Tenggara. Dengan rumusan masalah (a) Bagaimana pengelolaan kinerja tenaga administrasi akademik terhadap pelayanan mahasiswa di Fakultas Teknik Sipil Universitas Sulawesi Tenggara? (b) Faktor penghambat apa saja yang sangat mempengaruhi kinerja administrasi akademik Fakultas Teknik Universitas Sulawesi Tenggara? Penelitian ini bertujuan mengetahui Kinerja Tenaga Administrasi Akademik dalam Pelayanan Administrasi Akademik Fakultas Teknik Universitas Sulawesi Tenggara, secara khusus penelitian ini bertujuan (a) Pengelolaan kinerja tenaga administrasi akademik terhadap pelayanan administrasi akademik Fakultas Teknik Universtitas Sulawesi Tenggara (b) Faktor-faktor penghambat yang sangat mempengaruhi kinerja administrasi akademik Fakultas Teknik Universitas Sulawesi Tenggara.

Pendekatan Penelitian

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk pendapat, pandangan atau ungakapan pemikiran lain yang diperoleh melalui hasil wawancara atau interview. Sedangkan metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi (pengamatan), interview/wawancara, dokumentasi.Sedang sumber data penelitian ini meliputi, Ketua Prodi, Kepala Tata Usaha, Tenaga Administrasi, dan juga mahasiswa Fakultas Teknik Sipil Universitas Sulawesi Tenggara. Dijadikannya mereka sebagai obyek informan sebab peneliti menilai bahwa mereka inilah yang berkompeten memberikan keterangan atau data yang berhubungan erat dengan masalah yang diteliti.

Hasil Penelitian

Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa : (a) pengelolaan kinerja tenaga administrasi akademik terhadap pelayanan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Sulawesi Tenggara terbagi mejadi 3 yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengawasam dan pengarahan. (b) Faktor penghambat yang sangat mempengaruhi kinerja tenaga administrasi akademik adalah kurangnya keterampilan IT/komputer, jumlah tenaga yang masih minim, serta terdapatnya double job / pekerjaan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan pengelolaan kinerja tenaga admnistrasi akademik adalah hal yang sangat penting untuk pelayanan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Sulawesi Tenggara. Meskipun begitu kinerja tenaga adminstrasi akademik pastinya akan terdapat faktor-faktor penghambat yang akan mempengaruhi kinerja dari tenaga administrasi akademik Fakultas Teknik Universitas Sulawesi Tenggara.

 

Analisis Penilaian Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah (BUS) Dengan Menggunakan Pendekatan Islamicity Performance Index (Studi Pada Laporan Keuangan BUS Periode 2012-2016)

Intisari

Perkembanganperbankan syariah di Indonesia tengah mengalami pertumbuhan yang pesat. Bank syariah adalah lembaga keuangan yang berkerja berdasarkan prinsip syariah, berbeda dengan bank konvensional yang sama sekali tidak memperhitungkan prinsip-prinsip syariah.Islamicity performance index merupakan sebuah pendekatan yang dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja keuangan bank syariah yang tidak hanya dari segi kemampuannya dalam menghasilkan labaatau financial performance, akan tetapi juga mampu mengevaluasi kinerja bank syariah yang berkaitan dengan social performanceserta kehalalan pendapatan dan investasi dari bank syariah itu sendiri.

Pendekatan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan bank umum syariah di Indonesia periode 2012-2016 dengan menggunakan pendekatan islamicity performance index. Berkaitan dengan evaluasi financial performance, rasio yang digunakan adalah profit sharing ratio, islamic investement vs non islamic investment, dan islamic income vs non islamic income. Sementara berkaitan dengan social performance rasio yang digunakan adalah equitable distribution ratio, dan zakat peformance ratio.Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan data sekunder berupa laporan keuangan BUS periode 2012-2016.

Hasil Penelitian

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa financial performance BUS dalam rasio akad berbasis bagi hasil bank syariah mendapatkan predikat “kurang memuaskan”.Bank umum syariah juga telah menginvestasikan dananya pada investasi yang halal secara keseluruhan sehingga mendapatkan predikat “sangat memuaskan”, dan telah menerima pendapatan halal sebesar 99% dan mendapatkan predikat “sangat memuaskan”.

Sementara untuk kinerja sosial, dalam hal penyaluran zakat bank umum syariah mendapatkan predikat “tidak memuaskan”, sedangkan dalam hal pendistribusian pendapatan bagi para stakeholder, bank umum syariah mendapatkan predikat “cukup memuaskan”. Dari hasil yang telah didapatkan dalam penelitian ini, maka dapat disimpulakan bahwa bank umum syariah memiliki kineja bisnis yang lebih baik dibanding kinerja sosialnya.

Analisis Perbandingan Kinerja Perbankan Syariah Indonesia Dan Malaysia Dengan Pendekatan Indeks Maqashid Syariah Dan Profitabilitas Bank Syariah

Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai indeks maqashid syariah bank umum syariah Indonesia (29,91%) lebih tinggi dari Malaysia (28,06%). Hal sebaliknya, untuk kinerja profitabilitas bank umum syariah di Indonesia (28,02%) lebih rendah dari Malaysia(64,76%). Bank umum syariah di Indonesia yang menempati kuadran kanan atas (good maqashid shariah & high profitability) adalah BCAS, BSB dan BMI. Bank umum syariah di Malaysia yang menempati kuadran kanan atas (good maqashid shariah & high profitability) adalah HONGIB, PUBIBB, BIMS dan RHBIB. Hasil uji beda t-test indeks maqashid syariah menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan antara indeks

Analisis Pengaruh Praktik Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Hotel Bintang Empat Di Batam)

Intisari

Penelitian ini dilakukan untuk mengukur pengaruh praktik manajemen sumber daya manusia pada karyawan sektor perhotelan di Kota Batam. Sampel diambil dari 299 karyawan perhotelan dari 5 hotel Bintang 4 di Kecamatan Batu Ampar. Data penelitian yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan program Partial Least Squares Path Modelling (PLS-SEM) versi 3.

Hasil Penelitian

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari lima hipotesis hanya dua hipotesis yang diterima. Pertama, Perekrutan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Kedua, seleksi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Ketiga, pelatihan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Keempat pengupahan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Kelima promosi jabatan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan.

Pengaruh Upah, Motivasi Kerja, dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pekerja pada Industri Manufaktur di Kota Makassar

Intisari

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menilai (1) upah pengaruh motivasi kerja karyawan, (2) upah pengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan, (3) kerja pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan; (4 ) pekerjaan pengaruh kepuasan terhadap kinerja karyawan, (5) upah pengaruh terhadap kinerja karyawan, (6) pekerjaan pengaruh kepuasan motivasi kerja karyawan di industri manufaktur di Kawasan Industri Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua karyawan operasional (tingkat eksekutif) dari 20 industri manufaktur di Kawasan Industri Makassar. Sampel diambil dari 300 pekerja dengan random sampling. Data Model analisis dalam penelitian ini menggunakan SEM (Structural Equation Modeling).

Hasil Penelitian

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upah, motivasi kerja, dan kepuasan kerja karyawan secara signifikan dipengaruhi oleh kinerja karyawan di industri manufaktur di Kawasan Industri Makassar. Hal ini juga menunjukkan bahwa kepuasan kerja mempengaruhi motivasi kerja karyawan, positif.

Pengaruh Praktik Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan

Intisari

Studi ini berfokus pada efek yang dimiliki praktik manajemen sumber daya manusia (SDM) terhadap kinerja karyawan. Studi ini berusaha untuk mengetahui pengaruh pelatihan, upah terkait kinerja, pemberdayaan karyawan, desain pekerjaan dan keamanan kerja terhadap kinerja karyawan sektor industri di Pulau Batam. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian survei deskriptif.

Pendekatan Penelitian

Populasi target adalah semua karyawan sektor industri. Teknik purposive sampling digunakan. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif seperti frekuensi dan persentase. Analisis korelasi dan regresi dilakukan untuk membangun hubungan antara berbagai praktik HRM dan kinerja karyawan. Data disajikan dalam bentuk tabel, grafik, dan grafik. Berdasarkan temuan, desain pekerjaan memiliki dampak terbesar pada peningkatan tingkat kinerja karyawan. Pemberdayaan karyawan juga berdampak pada peningkatan tingkat kinerja karyawan. Pelatihan dan pengembangan, keamanan kerja dan kinerja terkait upah tidak berdampak pada kinerja karyawan.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pekerjaan dan pemberdayaan karyawan memiliki makna positif untuk meningkatkan kinerja karyawan.

Analisis Pengaruh Tata Kelola Perusahaan dan Karakteristik Perusahaan terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak tata kelola perusahaan yang baik dan karakteristik perusahaan pada sosial perusahaan pengungkapan tanggung jawab di Bursa Efek Indonesia (BEI). Variabel tata kelola perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah komisaris independen, kepemilikan individu, kepemilikan pemerintah, komite audit. Variabel karakteristik perusahaan adalah ukuran perusahaan, profitabilitas, margin penjualan, likuiditas, leverage, usia perusahaan dan ukuran perusahaan audit. Sampel dari penelitian ini menggunakan 211 perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode tersebut 2009-2013 dan dipilih menggunakan metode purposive sampling. Regresi data panel digunakan untuk memeriksa data.

Hasil Penelitian

Hasil menunjukkan bahwa kepemilikan individu, kepemilikan pemerintah, komite audit, ukuran perusahaan, profitabilitas, usia perusahaan dan audit. Ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.

 

 

Leave a Reply

Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?
Powered by