HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis S2 Magister Manajemen Sumber Daya Manusia Universitas Halu Oleo Kendari Sulawesi Tenggara

  1. Pengaruh Kualitas Pelayanan Karyawan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Colombus Kota Kendari
  2. Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Perangkat Pendukung Terhadap Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Pada Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah Kota Kendari)
  3. Analisis Stres Kerja Pegawai Vertikal Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Tenggara (Bptp Sultra)
  4. Strategi Pengembangan Kapasitas Kepemimpinan Dalam Mewujudkan Peningkatan Kinerja Pengelolah Jabatan Pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara
  5. Pemberian Insentif Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi Pada Bagian Instalasi Gizi Rsud Kota Kendari)
  6. Pengaruh Penempatan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kejaksaan Negeri Kendari
  7. Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Perawat Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari Tahun 2018
  8. Pengaruh Sumber Daya Manusia, Sistem Informasi, Orientasi Tujuan, Pengukuran Kinerja, Budaya Organisasi Terhadap Implementasi Anggaran Berbasis Kinerja Dan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Opd Provinsi Sulawesi Tenggara)
  9. Pengaruh Karakteristik Individu Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pegawai
  10. Peningkatan Kompetensi Pegawai Dalam Menunjang Prestasi Kerja Pegawai Pada Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tenggara
  11. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Motivasi Spiritual Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Perkebunan Dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tenggara
  12. Pelaksanaan Fungsi Manajemen Dalam Menunjang Tertib Administrasi Pada Dinas Pendidikan Kepemudaan Dan Olahraga Kota Kendari
  13. Pengaruh Motivasi Agamis Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Bank Muamalat Cabang Kendari
  14. Peran Motivasi Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara
  15. Pengaruh Kemampuan Manajerial Dan Lingkungan Industri Terhadap Kemampuan Organisasi, Strategi Bersaing, Dan Kinerja Perusahaan (Studi Pada Industri Kecil Meubel Kayu Di Sulawesi Tenggara)
  16. Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Budaya Organisasi, Komitmen Kerja, Perilaku Kerja Dan Kinerja Pegawai (Studi Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Propinsi Sulawesi Tenggara)
  17. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Terhadap Pengembangan Karir Yang Di Mediasi Oleh Motivasi Pada Bidang Persidangan Sekretariat Dprd Provinsi Sulawesi Tenggara
  18. Pengaruh Pengendalian Intern Terhadap Kinerja Karyawan Studi Pada Pt Bank Panin Tbk Cabang Kendari
  19. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Usaha Ternak Sapi Bali Pada Peternak Transmigran Dan Non Transmigran Di Pulau Kabaena Kabupaten Bombana
  20. Analisis Kepemimpinan Transformasional Dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulawesi Tenggara

 

Pengaruh Kualitas Pelayanan Karyawan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Colombus Kota Kendari

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan karyawan (SERQUAL) yaitu : bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy) terhadap kepuasan konsumen pada Toko Colombus Kota Kendari dan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan yang dominan terhadap kepuasan pelangaan pada Toko Colombus Kota Kendari Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan uji F dan uji t.

Hasil Penelitian

Hasil analisis secara simultan menunjukan bahwa variable bukti fisik (tangibles) X1, keandalan (reliability) X2, daya tanggap (responsiveness) X3, jaminan (assurance) X4, dan empati (empathy) X5, berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) dengan nilai Fhitung = 6,864 > Ftabel = 2,430. Secara parsial variable bebas yang berpengaruh bukti fisik (tangibles) X1, keandalan (reliability)  X2, daya tanggap (responsiveness) X3, jaminan (assurance) X4, sedangkan variable empati (empathy) X5, tidak bepengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y).

Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Perangkat Pendukung Terhadap Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Pada Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah Kota Kendari)

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas sumber daya manusia dan perangkat pendukung terhadap pembentukan laporan keuangan pemerintah daerah (Studi pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kendari).

Pendekatan Penelitian

Hipotesis dalam penelitian ini adalah kualitas sumber daya manusia dan perangkat pendukung memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan keuangan pemerintah daerah. Jumlah sampel yang digunakan untuk analisis ini adalah 26 responden dalam laporan keuangan tim pemerintah daerah. Teknik penarikan sampel dengan metode purposive sampling. Untuk menjawab hipotesis digunakan analisis regresi linier berganda digabung dengan SPSS 29.

T-test menunjukkan bahwa kualitas sumber daya manusia t hitung 2.526 lebih besar dari t-tabel 1.713 dan perangkat pendukung memiliki t hitung 5.727 lebih besar dari t tabel. Hal ini mengindikasikan bahwa semua variabel independen berpengaruh signifikan terhadap pembentukan laporan keuangan pemerintah daerah. Koefisien penyesuaian R Square hasil regresi sebesar 0,720. Hal ini menunjukkan variasi variabel yaitu kualitas sumber daya manusia dan perangkat pendukung dapat menjelaskan 72% dari variabel dependen. Sedangkan 28% dijelaskan oleh variabel independen lain yang tidak diteliti.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sumber daya manusia berpengaruh signifikan terhadap pembentukan laporan keuangan pemerintah daerah, demikian juga perangkat pendukung berpengaruh signifikan terhadap pembentukan laporan keuangan pemerintah daerah.

 

Analisis Stres Kerja Pegawai Vertikal Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Tenggara (BPTP Sultra)

Intisari

Penelitiani ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Stres Kerja Pegawai Vertikal Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Tenggara (Bptp Sultra). Penelitian ini menggunakan 40 pegawai di BPTP Sulawesi Tenggara sebagai sampel penelitian Teknik pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner tehnik. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan kuantitatif.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian ini menunjukan, stress kerja berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai BPTP Sulawesi Tenggara khususnya laki-laki.

Strategi Pengembangan Kapasitas Kepemimpinan Dalam Mewujudkan Peningkatan Kinerja Pengelolah Jabatan Pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pemberian insentif kepada pegawai pada Bagian Instalasi Gizi RSUD Kota Kendari dan untuk mengetahui kinerja pegawai pada Bagian Instalasi Gizi RSUD Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif dengan jumlah informan berjumlah 5 orang. Pengumpulan data ini dilakukan melalui studi kepustakaan dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis secara kualitatif.

Hasil Penelitian

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan pemberian insentif berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kerja pegawai pada Bagian Instalasi Gizi RSUD Kota Kendari, karena pemberian insentif merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memberikan insentif yang lebih menyeluruh kepada para pegawai, sehingga para pegawai akan merasa kebutuhannya dapat terpenuhi dengan maksimal, dengan demikian akan berdampak pada meningkatnya kinerja pegawai tersebut.

Pemberian Insentif Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi Pada Bagian Instalasi Gizi RSUD Kota Kendari)

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penempatan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kejaksaan Negeri Kendari. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 37 responden yang merupakan pegawai negeri yang bekerja pada Kantor Kejaksaan Negeri Kendari. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dan menggunakan data yang bersumber dari responden dan dokumentasi Kantor Kejaksaan Negeri Kendari.

Hasil Penelitian

Hasil uji regresi linear sederhana diperoleh bahwa penempatan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kejaksaan Negeri Kendari, sehingga hipotesi diterima.

 

Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Perawat Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari Tahun 2018

Intisari

Perawat adalah merupakan tenaga profesional yang mempunyai kemampuan baik intelektual, teknikal, interpersonal dan moral, bertanggung jawab serta berwenang melaksanakan asuhan keperawatan pelayanan kesehatan. Motivasi dapat mempengaruhi dan meningkatkan kinerja seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi kerja dengan kinerja perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari. Jenis penelitian adalah survey analitik dengan pendekatan studi potong lintang. Jumlah sampel sebanyak 101 responden dengan populasi sebanyak 136 perawat. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi square.

Hasil Penelitian

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan ada hubungan bermakna antara variabel insentif, kondisi kerja, promosi kerja dan tanggung jawab kerja dengan kinerja perawat di RSUD Kota Kendari tahun 2018. Setelah dilakukan penelitian motivasi kerja dengan kinerja perawat di RSUD Kota Kendari semua variabel kinerja perawat berhubungan yang perlu diperhatikan dan dijadikan tolak ukur dalam pengambilan kebijakan kedepannya di institusi rumah sakit.

Pengaruh Sumber Daya Manusia, Sistem Informasi, Orientasi Tujuan, Pengukuran Kinerja, Budaya Organisasi Terhadap Implementasi Anggaran Berbasis Kinerja Dan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Opd Provinsi Sulawesi Tenggara)

Intisari

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh sumber daya manusia, sistem informasi, orientasi tujuan, pengukuran kinerja, budaya organisasi terhadap implementasi anggaran berbasis kinerja dan komitmen organisasi sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas dan obyek penelitian adalah 25 OPD Provinsi Sulawesi Tenggara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuisioner, wawancara dan mengumpulkan dokumentasi, dengan bantuan pengelolaan analisis data SPSS versi 24.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi, Sistem informasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap komitmen organisasi, Orientasi tujuan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap komitmen organisasi, Pengukuran kinerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi, Budaya organisasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap komitmen organisasi, Sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap implementasi anggaran berbasis kinerja, Sisten informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap implementasi anggaran berbasis kinerja, Orientasi Tujuan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap implementasi anggaran berbasis kinerja, Pengukuran kinerja berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap implementasi anggaran berbasis kinerja, Budaya organisasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap implementasi anggaran berbasis kinerja, Komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap implementasi anggaran berbasis kinerja. Komitmen organisasi mampu bertindak sebagai variabel mediasi antara sumber daya manusia terhadap implementasi anggaran berbasis kinerja, Komitmen organisasi tidak mampu bertindak sebagai variabel mediasi antara sistem inforamsi terhadap implementasi anggaran berbasis kinerja, Komitmen organisasi tidak mampu bertindak sebagai variabel mediasi antara orientasi tujuan terhadap implementasi anggaran berbasis kinerja, Komitmen organisasi mampu bertindak sebagai variabel mediasi antara pengukuran kinerja terhadap implementasi anggaran berbasis kinerja dan Komitmen organisasi tidak mampu bertindak sebagai variabel mediasi antara budaya organisasi terhadap implementasi anggaran berbasis kinerja.

Pengaruh Karakteristik Individu Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pegawai

Intisari

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh karakteristik individu dan pengembangan karier terhadap kinerja staf pada Badan Pemberdayaan Sosial dan Pemerintah Desa Sulawesi Tenggara. (2) Untuk mengetahui pengaruh karakteristik individu terhadap kinerja staf pada Badan Pemberdayaan Sosial dan Pemerintah Desa Sulawesi Tenggara. (3) Untuk mengetahui pengaruh pengembangan karier terhadap kinerja staf pada Badan Pemberdayaan Sosial dan Pemerintah Desa Sulawesi Tenggara.

Pendekatan Penelitian

Metode analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 99 responden, yang merupakan staf pada Badan Pemberdayaan Sosial dan Pemerintah Desa Sulawesi Tenggara.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh positif, signifikan karakteristik individu (X1) dan pengembangan karier (X2) terhadap kinerja staf pada Badan Pemberdayaan Sosial dan Pemerintah Desa Sulawesi Tenggara. (2) Karakteristik individu (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja staf di Dewan Pemberdayaan Sosial dan Pemerintah Desa Sulawesi Tenggara. (3) Pengembangan Karir (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja staf pada Badan Pemberdayaan Sosial dan Pemerintah Desa Sulawesi Tenggara.

Peningkatan Kompetensi Pegawai Dalam Menunjang Prestasi Kerja Pegawai Pada Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tenggara

Intisari

Informan penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling yaitu menetapkan informan dengan teknik acak berdasarkan homogenitas informan dan menurut kriteria tertentu. Untuk melengkapi data penelitian, maka ditetapkan informan penelitian berjumlah 8 orang yang terdiri dari Kepala Dinas, Sekretaris, Kasubag Kepegawaian, dan 5 orang Pegawai Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kompetensi Pegawai Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tenggara secara umum dalam kategori baik. Kompetensi teknis pegawai dalam kategori cukup baik karena ada beberapa pegawai yang belum mampu menguasai fasilitas kerja. Kompetensi manajerial dalam kategori cukup baik karena pimpinan jarang melakukan pengawasan kerja pegawai. Kategori kompetensi sosial dalam kategori baik karena pegawai mampu berkomunikasi dengan baik. Kemudian kompetensi intelektual ditunjukkan dengan pengetahuan yang baik dalam prosedur pelayanan. Prestasi kerja Pegawai Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tenggara dalam kategori baik. Hal ini terlihat dari pengalaman kerja pegawai yang memadai, inisitaif pegawai dalam bekerja tanpa selalu diperintah oleh atasan, serta hasil kerja yang ditunjukkan pegawai. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi kerja meliputi kemampuan pegawai dan motivasi. Kemampuan pegawai dalam kategori baik walaupun mayoritas pegawai berpendidikan rendah. Selanjutnya untuk motivasi kerja pegawai dalam kategori baik yang ditunjukkan dengan semangat kerja dalam organisasi.

Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Motivasi Spiritual Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Perkebunan Dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tenggara

Intisari

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan peran gaya kepemimpinan transformasional dan motivasi spiritual terhadap kinerja karyawan baik secara parsial maupun simultan pada Balai Perlindungan Tanaman Perkebunan (Kementerian Pertanian) Departemen Perkebunan dan Hortikultura di Sulawesi Tenggara.

Pendekatan Penelitian

Unit analisis adalah studi Balai Servis Perlindungan Tanaman Perkebunan (Departemen Pertanian) Departemen Tanaman dan Hortikultura di Sulawesi Tenggara. Responden yang dijadikan sampel sebanyak 44 karyawan. Data dikumpulkan dengan kuesioner diikuti oleh wawancara mendalam. Metode analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah regresi linier berganda. Informasi kualitatif digunakan untuk menggali informasi tambahan terkait dengan hasil pengujian hipotesis.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara gaya kepemimpinan transformasional dan motivasi spiritual terhadap peningkatan kinerja karyawan. Peningkatan kepemimpinan transformasional dapat secara signifikan mempengaruhi peningkatan kinerja karyawan serta peningkatan motivasi spiritual dapat secara signifikan mempengaruhi peningkatan kinerja karyawan.

Pelaksanaan Fungsi Manajemen Dalam Menunjang Tertib Administrasi Pada Dinas Pendidikan Kepemudaan Dan Olahraga Kota Kendari

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh motivasi agamis terhadap kinerja karyawan sehingga dapat memberikan wawasan baru dan masukan bagi pengembangan ilmu pengetahuan tentang pentingnya motivasi agamis dalam meningkatkan kinerja karyawan. Variabel independen adalah Motivasi Agamis (X) dan variabel depanden adalah kinerja karyawan (Y). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 orang dengan menggunakan tekhnik sensus dengan meneliti seluruh jumlah karyawan yang ada pada PT.Bank Muamalat Cabang Kendari. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi, kemudian data mentah dikumpulkan dan dianalisis dengan regresi linear sederhana menggunakan SPSS 16.0.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi agamis berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji t pada tingkat kepercayaan atau taraf nyata ? = 0,05 derajat bebas 42 dimana thitung = 2.689 >  Ttabel  yaitu 2,018 atau dengan nilai probabilitas = 0,010 < 0,05. Dengan demikian maka hipotesis dalam penelitian ini yaitu motivasi agamis berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan PT.Bank Muamalat Cabang Kandari dapat diterima.

Pengaruh Motivasi Agamis Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Bank Muamalat Cabang Kendari

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh motivasi agamis terhadap kinerja karyawan sehingga dapat memberikan wawasan baru dan masukan bagi pengembangan ilmu pengetahuan tentang pentingnya motivasi agamis dalam meningkatkan kinerja karyawan. Variabel independen adalah Motivasi Agamis (X) dan variabel depanden adalah kinerja karyawan (Y). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 orang dengan menggunakan tekhnik sensus dengan meneliti seluruh jumlah karyawan yang ada pada PT.Bank Muamalat Cabang Kendari. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi, kemudian data mentah dikumpulkan dan dianalisis dengan regresi linear sederhana menggunakan SPSS 16.0.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi agamis berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji t pada tingkat kepercayaan atau taraf nyata ? = 0,05 derajat bebas 42 dimana thitung = 2.689 >  Ttabel  yaitu 2,018 atau dengan nilai probabilitas = 0,010 < 0,05. Dengan demikian maka hipotesis dalam penelitian ini yaitu motivasi agamis berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan PT.Bank Muamalat Cabang Kandari dapat diterima.

Peran Motivasi Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja karyawan. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode data yang disebut purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 85 responden. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui perangkat lunak SmartPLS. Selain itu, untuk percobaan hipotesis kedua dan ketiga uji Sobel dilakukan untuk operasi variabel intervo intervensi dalam hipotesis.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan hubungan langsung dan positif dengan motivasi. Selanjutnya, kepemimpinan memiliki efek positif pada kinerja karyawan. Kemudian hasil lainnya menunjukkan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan kepemimpinan yang positif terhadap kinerja karyawan melalui motivasi di Kantor Sekretariat Provinsi Sulawesi Tenggara.

Pengaruh Kemampuan Manajerial Dan Lingkungan Industri Terhadap Kemampuan Organisasi, Strategi Bersaing, Dan Kinerja Perusahaan (Studi Pada Industri Kecil Meubel Kayu Di Sulawesi Tenggara)

Intisari

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur dan menganalisis pengaruh kemampuan manajerial dan lingkungan industri pada kemampuan organisasi, strategi kompetitif dan kinerja perusahaan. Penelitian dilakukan pada industri kecil mebel kayu di Sulawesi Tenggara dengan sampel sebanyak 143 manajer / pemilik perusahaan sebagai responden. Alat analisis penelitian adalah Partial Least Square (PLS).

Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan manajerial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan organisasi, strategi kompetitif, dan kinerja perusahaan. Lingkungan industri berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemampuan organisasi dan kinerja perusahaan. Lingkungan industri berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap strategi bersaing. Kemampuan organisasi berpengaruh positif dan signifikan. berpengaruh pada strategi kompetitif dan kinerja perusahaan. Strategi kompetitif berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan.

Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Budaya Organisasi, Komitmen Kerja, Perilaku Kerja Dan Kinerja Pegawai (Studi Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Propinsi Sulawesi Tenggara)

Intisari

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi pengaruh dari kepemimpinan pada budaya organisasi, komitmen pekerjaan, perilaku bekerja, dan kinerja pegawai di Propinsi Sulawesi Tenggara. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner dan melakukan wawancara mendalam. Sampel dari penelitian ini adalah 166 pegawai di 9 SKPN di Sulawesi Tenggara.

Pendekatan Penelitian

Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk menentukan karakteristik dan deskriptif dr responden untuk masing2 indikator variabel. Sementara itu, untuk menguji hubungan antar variabel digunakan alat analisis inferensial dengan metode SEM dan pendekatan AMOS 7.

Hasil Penelitian

Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa kepemimpinan yang baik dapat meningkatkan kinerja pegawai dengan mempertimbangkan factor-faktor seperti budaya organisasi, komitmen pekerjaan, dan perilaku bekerja di SKPD di Propinsi Sulawesi Tenggara. Selain itu, hasil menunjukkan bahwa dalam rangka meningkatkan perilaku bekerja pegawai yang lebih baik, pemimpin harus mempertimbangkan faktor budaya organisasi dan komitmen pekerjaan.

Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Terhadap Pengembangan Karir Yang Di Mediasi Oleh Motivasi Pada Bidang Persidangan Sekretariat Dprd Provinsi Sulawesi Tenggara

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh gaya kepemimpinan situasional terhadap motivasi kerja, Pengaruh gaya kepemimpinan situasional terhadap pengembangan karier, Pengaruh motivasi kerja terhadap pengembangan karier, Pengaruh motivasi yang dimediasi untuk memperkuat pengaruh gaya kepemimpinan situasional pada karier. Objek penelitian ini adalah pengembangan karir karyawan di Bidang Trial Sekretariat DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara. Populasinya adalah semua pegawai yang merupakan pegawai negeri sipil, sebanyak 59 orang diambil dengan menggunakan sensus. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan Partial Least Square (PLS).

Hasil Penelitian

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Gaya kepemimpinan situasional berpengaruh signifikan terhadap motivasi karyawan; Gaya kepemimpinan situasional berpengaruh signifikan terhadap pengembangan karier karyawan, Motivasi berpengaruh signifikan terhadap pengembangan karier karyawan, Motivasi memediasi pengaruh gaya kepemimpinan situasional terhadap pengembangan karier.

Pengaruh Pengendalian Intern Terhadap Kinerja Karyawan Studi Pada Pt Bank Panin Tbk Cabang Kendari

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengendalian internal terhadap kinerja pegawai (Studi pada PT. Bank PanbKabankabendari). Data primer penelitian ini diperoleh dari persepsi semua karyawan di Bank Cabang Bank Surabaya. Persepsi koresponden diukur dengan angket dan menjawab pertanyaan menggunakan angket pengukuran standar dengan skala Likert 5 poin. Metode statistik yang digunakan untuk menguji masing-masing hipotesis adalah analisis penyederhanaan.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontrol internal berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Lebih Baik Disesuaikan Hasil Squares dari regresi 0,824 atau 82,4% .Tetap 17,6% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diujicobakan.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Usaha Ternak Sapi Bali Pada Peternak Transmigran Dan Non Transmigran Di Pulau Kabaena Kabupaten Bombana

Intisari

Pengembangan usaha ternak Sapi Bali di Kecamatan Kabaena Utara perlu ditingkatkan dengan pola manajemen pemeliharaan yang baik dan terarah. Data faktor-faktor yang mempengaruhinya belum diketahui secara pasti. Oleh karena itu perlu penelitian dengan tujuan mengetahui produktivitas usaha ternak Sapi Bali baik peternak transmigran maupun non transmigran di Pulau Kabaena serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Materi penelitian adalah peternak sapi Bali baik transmigran maupun non transmigran yang memiliki ternak sapi bali minimal 1 ekor induk yang sudah pernah melahirkan atau 1 ekor jantan umur > 2 tahun dan minimal telah memelihara ternak selama 1 tahun. Penentuan lokasi dengan cara purposive sampling dan responden penelitian ditentukan secara simple random sampling sebanyak 60 responden, 30 peternak transmigran dan 30 peternak non transmigran. Analisis yang dugunakan adalah regresi linear berganda yang dijabarkan secara deskriptif.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan produktivitas usaha peternak non transmigran (36%) lebih tinggi dibandingkan peternak transmigran (24%). Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa produktivitas usaha ternak Sapi Bali sebagai variabel dependen secara keseluruhan berpengaruh terhadap variabel independen (pengalaman, umur, tenaga kerja keluarga, pendidikan, luas lahan, jenis pekerjaan, dan asal peternak) dengan ketepatan model regresi sebesar 29,4%.

Analisis Kepemimpinan Transformasional Dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulawesi Tenggara

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja karyawan. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode data yang disebut purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 85 responden. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui perangkat lunak SmartPLS. Selain itu, untuk percobaan hipotesis kedua dan ketiga uji Sobel dilakukan untuk operasi variabel intervo intervensi dalam hipotesis.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan hubungan langsung dan positif dengan motivasi. Selanjutnya, kepemimpinan memiliki efek positif pada kinerja karyawan. Kemudian hasil lainnya menunjukkan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan kepemimpinan yang positif terhadap kinerja karyawan melalui motivasi di Kantor Sekretariat Provinsi Sulawesi Tenggara.

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Leave a Reply

Open chat
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?
Powered by