HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Perancangan Sistem: Perancangan Sistem Planning dan Budgeting Berbasis Web

Judul Tesis : Analisis dan Perancangan Sistem Planning dan Budgeting Berbasis Web Studi Kasus pada PT Astra Honda Motor

 

A. Latar Belakang

Pesaingan dunia usaha sekarang ini membutuhkan reaksi perusahaan yang cepat untuk menanggapi perubahan kondisi di pasar. Untuk mengatasi perubahan tersebut perusahaan harus memiliki strategi yang dapat bersaing di dunia usaha. Strategi ini dijabarkan dalam tujuan jangka panjang, dimana dari tujuan jangka panjang akan dibuatkan perencanaan jangka panjang. Perencanaan jangka panjang berkaitan dengan Capital Budgeting, dimana Capital Budgeting merupakan proses mengevaluasi dan menganalisis proyek jangka panjang yang akan dijalankan. Proyek jangka panjang dapat berupa pembuatan pabrik baru, pembelian mesin baru, atau penambahan jenis produk baru.

Strategi perusahaan dan tujuan jangka panjang serta perencanaan jangka panjang akan dijabarkan lebih detail dalam perencanaan jangka pendek. Dan perencanaan jangka pendek akan didetailkan menjadi aktivitas yang lebih rinci dalam periode waktu yang lebih singkat pada umumnya satu tahun. Perencanaan jangka pendek yang sudah didetailkan dalam aktivitas tersebut dilengkapi dengan kebutuhan keuangan dan dijabarkan dalam Master Budget.

 

B. Batasan Masalah

  1. Dibutuhkannya waktu yang lama untuk menyiapkan perencanaan dalam bentuk financial karena tidak adanya sistem yang terintegrasi.
  2. Kurang akuratnya perencanaan karena tidak didukung oleh perhitungan yang komplek hal ini dikarenakan sistem yang ada sekarang sederhana, tidak dirancang untuk mengolah dengan berbagai kondisi
  3. Dibutuhkan sumber daya manusia yang lebih banyak untuk mengolah data yang diperlukan dan menghasilkan informasi yang diharapkan.

 

C. Landasan Teori

Sistem Informasi dan Kerangka Analisis

Sistem menurut Romney (2003) merupakan suatu kumpulan dari dua atau lebih komponen yang saling terkait dimana mereka akan berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan tertentu. Sistem umumnya terdiri dari subsistem dan masing-masing subsistem mengandung fungsi penting secara spesifik dan mendukung sistem yang lebih besar.

System Development Process

Dalam menjabarkan System Development Process, perlu dipelajari lebih dulu apa yang mendorong untuk adanya project system. Hal yang mendorong munculnya project adalah kombinasi dari :

-Problems : situasi yang tidak diinginkan yang mencegah organisasi untuk mencapai optimal misi, visi, goals dan objective-nya.

-Opportunities : kesempatan yang muncul bagi organisasi untuk meningkatkan hasil yang ingin dicapai diluar dari masalah yang ada. -Directives : permintaan baru yang merupakan inisiatif pihak manajemen, pemerintah, ataupun pengaruh pihak luar.

Use Case

Use Case Modelling merupakan proses membuat model dari fungsi sistem yang menyangkut kejadian bisnis, siapa yang berinteraksi dengan kejadian tersebut dan bagaimana sistem tersebut merespon terhadap kejadian tersebut. Ada dua hal utama yang harus dilakukan dalam membuat Use Case Modelling yaitu membuat Use Case Diagram dan Use Case Narrative.

 

D. Metodelogi Penelitian Tesis 

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.

Metode yang digunakan untuk mendapatkan data primer adalah dengan observasi dan wawancara langsung.

Metode wawancara dilakukan peneliti dengan menggali informasi dari para pengguna sistem serta pihak yang terlibat dalam proses Planning & Budgeting.

 

E. Kesimpulan

  1. Sistem Informasi yang ada selama ini di PT Astra Honda Motor masih bersifat manual dan belum terintegrasi dalam suatu database, hal ini menimbulkan berbagai masalah serta berakibat terhadap proses pengambilan keputusan pihak manajemen. Oleh karena itu perlu dikembangkan suatu sistem yang dapat menjawab permasalahan yang terjadi.
  2. Dari hasil analisis yang dilakukan dalam BAB IV karya akhir ini, penulis mengambil kesimpulan bahwa sistem Planning & Budgeting PT Astra Honda Motor yang dirancang merupakan sistem informasi yang cukup kompleks. Sistem Planning & Budgeting ini diharapkan sangat membantu perusahaan dalam melaksanakan Planning & Budgeting. Selain itu, dengan adanya sistem Planning & Budgeting yang terkomputerisasi ini diharapkan proses Planning & Budgeting dapat dilaksanakan dalam waktu yang lebih singkat.
  3. Dalam rancangan Entity Relationship Diagram System Planning & Budgeting dalam karya akhir ini cukup sederhana sehingga untuk diaplikasikan dalam database oleh seorang system builder akan sangat mudah dilakukan.

 

Contoh Tesis Perancangan Sistem

  1. Analisis dan Perancangan Sistem Planning dan Budgeting Berbasis Web Studi Kasus pada PT Astra Honda Motor
  2. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi pada Perusahaan Jasa Berbasis Internet (Studi Kasus pada Standguide Online)
  3. Analisis dan Perancangan Sistem Inventori Unit X Universitas Y
  4. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi pada Siklus Pendapatan PT ABC (Perusahaan Konstruksi)
  5. Analisa dan Perancangan Sistem Informasi (Pelayanan Logistik untuk Mendukung Proyek Turn Around)
Incoming search terms:

Leave a Reply