HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Pendidikan: Hubungan antr Kekuatan Otot Perut n Kelentukan Togok

Judul Tesis : Hubungan antr Kekuatan Otot Perut n Kelentukan Togok dgn Kemampuan Menyundul Bola Posisi Berdiri Kaki Sejajar pada Pemain Sepakbola Ps. Untag Semarang Tahun 2007

 

A. Latar Belakang

Dalam usaha meningkatkan mutu permainan sepakbola kearah prestasi maka masalah penguasaan teknik dasar merupakan salah satu persyaratan yang sangat menentukan. Dari beberapa teknik dasar sepakbola antara lain:menendang (kicking), Menghentikan bola (stoping/control), menggiring (dribling), menyundul bola (heading), teknik melempar bola (throw-in), mengumpan (passing), dan teknik menangkap bola (bagi penjaga gawang). Dari beberapa tehnik di atas, menyundul bola merupakan teknik dasar yang khas dan penting dalam permainan sepakbola. pemain sepakbola haris mahir menyundul boal dengan berbagai cara, sebab menyundul bola merupakan ketrampilan yang khas sepakbola (Widdow, 1981:43).

Dengan menyundul bola pemain dapat menciptakan gol ke gawang lawan saat menyerang dan sebaliknya saat bertahan ketrampilan menyundul bola sangat diperlukan salam menghalau serangan lawan melalui udara. Oleh karena itu para pemain baik pemain depan, tengah, belakang, bahkan penjaga gawang harus menguasai teknik menyundul bola dengan berbagai cara sesuai dengan kebutuhannya. Pada dasarnya, fungsi dan tujuan menyundul bola adalah untuk:1) memberi umpan kepada teman, 2) untuk membuat gol, 3) untuk menghentikan bola hanya kalau sangat perlu (Djawad, 1981:23). Pada perkembanganya, permainan sepakbola sekarang sering memanfaatkan serangan lewat sayap baik kanan maupun kiri dan menggunakan umpan tarik kedaerah pinalti. Dan untuk memanfaatkan peluang dari umpan tarik tersebut hanya dengan teknik sundulanlah teknik yang tepat didalam situasi yang begitu cepat dan atau untuk menghalau bola bagi pemain bertahan.

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah ada hubungan kekuatan otot perut dengan kemampuan menyundul bola posisi berdiri kaki sejajar pada pemain sepakbola PS. UNTAG Semarang tahun 2007?
  2. Apakah ada hubungan kelentukan togok dengan kemampuan menyundul bola posisi berdiri kaki sejajar pemain sepakbola PS. UNTAG Semarang tahun 2007?
  3. Apakah ada hubungan antara kekuatan otot perut dan kelentukan togok dengan kemampuan menyundul bola posisi berdiri kaki sejajar pemain sepakbola PS. UNTAG Semarang tahun 2007?

 

C. Landasan Teori

Permainan Sepakbola

Pertandingan sepakbola dimainkan oleh dua team yang masing-masing beranggotakan sebelas pemain. Masing-masing team mempertahankan sebuah gawang dan mencoba memasukkan bola kegawang lawan. Setiap team memiliki kipper yang diperbolehkan mengontrol bola dengan tangannya didaerah pinalti yaitu daerah yang ber ukuran lebar 44 yard dan 18 yard pada garis akhir. Pemain lainnya tidak diperbolehkan menggunakan tangan dan lengan mereka untuk mengambil bola, tapi mereka dapat menggunakan kaki, tungkai dan kepala. Gol diciptakan dengan menendang atau menanduk bola kedalam gawang lawan. Setiap gol dihitung dengan skor satu dan team yang paling banyak menciptakan gol memenangkan permainan. (Luxbacher, 1997:2)

Teknik Dasar Permainan Sepakbola

Menurut Sukatamsi (1984:34) teknik-teknik sepakbola dibagi menjadi dua golongan, yaitu teknik dasar dengan bola dan teknik dasar tanpa bola.

Tinjauan Teknik Menyundul Bola

Tehnik dasar menyundul bola merupakan salah satu tehnik dasar yang penting dalam permainan sepakbola, oleh karena itu harus dikuasai oleh setiap pemain.

D. Metode Penelitian Tesis

Populasi penelitian ini adalah pemain klub sepakbola PS. UNTAG Semarang yang terdaftar pada kompetisi tahun lalu yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling, yaitu seluruh populasi dalam penelitian diambil sebagai sampel, sehingga sampel penelitian ini sebanyak 30 orang. Variabel dalam penelitian ini yaitu kekuatan otot perut dan kelentukan togok sebagai variabel bebas serta kemampuan menyundul bola sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan survei dengan teknik tes dan pengukuran. Selanjutnya data yang diperoleh dari tes dan pengukuran tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis regresi.

E. Kesimpulan

  1. Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot perut dengan kemampuan menyundul bola posisi berdiri kaki sejajar pada pemain sepakbola PS UNTAG Semarang tahun 2007.
  2. Ada hubungan yang signifikan antara kelentukan otot togok dengan kemampuan menyundul bola posisi berdiri kaki sejajar pada pemain sepakbola PS UNTAG Semarang tahun 2007.
  3. Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot perut dan kelentukan otot togok dengan kemampuan menyundul bola posisi berdiri kaki sejajar pada pemain sepakbola PS UNTAG Semarang tahun 2007.

 

Contoh Tesis Pendidikan

  1. Hubungan antara kekuatan otot lengan bahu dan daya ledak otot lengan bahu terhadap hasil servis atas dalam bola voli Pada siswa putra kelas x Di sma muhammadiyah gubug Tahun ajaran 2006/2007.
  2. Hubungan antara Kekuatan Otot Lengan dan Tinggi Badan dengan Kecepatan renang gaya crawl 25 meter pada Mahasiswa Putera Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang Angkatan Tahun 2005.
  3. Hubungan antara Kekuatan Otot Perut dan Kelentukan Togok dengan Kemampuan Menyundul Bola Posisi Berdiri Kaki Sejajar pada Pemain Sepakbola Ps. Untag Semarang Tahun 2007.
  4. Hubungan antara Kekuatan Otot Perut dan Keterampilan Timang -Timang bola terhadap Ketepatan Tendangan kearah gawang pada Mahasiswa pemain sepak bola PKLO FIK Unnes tahun 2004.
  5. Hubungan antara Kekuatan Otot Tungkai dan Kelentukan Pergelangan kaki dengan Keterampilan Menggiring Bola pada Permainan Sepakbola bagi pemain Klub investindo Purbalingga Tahun 2004.

 

Leave a Reply