HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Ekonomi: Pengaruh Kredit Bagi Hasil BTM Surya Mentari trhdp Peningkatan Pendapatan

Tesis Ekonomi : Pengaruh Kredit Bagi Hasil BTM Surya Mentari terhadap Peningkatan Pendapatan Pedagang Kecil di Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan

 

A. Latar Belakang

Dalam keberadaannya sebagai sistem pembiayaan bank syariah, sistem bagi hasil dapat memotivasi dan meningkatkan keuletan berusaha, hal tersebut dikarenakan adanya bimbingan pengelolaan modal maupun usaha yang dibandingkan dengan bank konvensional, sehingga dimungkinkan dengan pembiayaan yang diiringi dengan bimbingan pengelolaan modal dan usaha dapat membantu meningkatkan produktivitas usaha, yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan pedagang kecil.

Baitul Tamwil Muhammadiyah merupakan lembaga keuangan alternatif berdasarkan pada prinsip bagi hasil atau syariah, yang diharapkan mampu membantu pedagang kecil untuk dapat meningkatkan pendapatannya dengan memberikan pinjaman modal. Oleh karena itu perlu adanya kebijakan – kebijakan yang lebih baik dan prasarana yang mendukung supaya proses pengembangan pedagang kecil berjalan secara efesien dan berkesinambungan sehingga peningkatan pendapatan yang tercapai semakin meningkat. Namun demikian perlu ditinjau lebih jauh lagi mengenai pengaruh kredit bagi hasil terhadap peningkatan pendapatan.

 

B. Rumusan Masalah

“Seberapa besar pengaruh kredit bagi hasil BTM Surya Mentari terhadap peningkatan pendapatan pedagang kecil di Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan”

 

C. Landasan Teori

Pengertian Pendapatan

Pendapatan adalah peningkatan jumlah aktiva atau penurunan jumlah kewajiban suatu badan usaha yang timbul dari penyerahaan barang dan jasa atau aktifitas usaha yang lainnya dalam suatu periode. (IAI, 1991:17).

 

Pengertian Kredit

Istilah kredit berasal dari suatu kata dalam bahasa latin yang berbunyi Credere yang berarti kepercayaan. Dalam pengertian seseorang memperoleh kredit, maka berarti ia telah memperoleh kepercayaan. Jadi dapat diartikan, bahwa dalam suatu pemberian kredit, di dalamnya terkandung adanya kepercayaan orang atau badan yang memberikannya kepada orang lain atau badan yang diberinya, dengan ikatan perjanjian harus memenuhi segala kewajiban yang dijanjikan untuk dipenuhi pada waktu yang akan datang (Hadi Widjaja, 1991:4).

 

Pengertian BTM

BTM ialah sebuah lembaga pendukung kegiatan ekonomi masyarakat kecil yang berorientasi keanggotaan. BTM adalah milik masyarakat yang didirikan oleh masyarakat dan dipergunakan atau dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan seluruh anggotanya.

 

D. Metode Penelitian

Populasi penelitian ini adalah nasabah BTM Surya Mentari yang memperoleh kredit bagi hasil jenis Mudhorobah, yang populasinya berjumlah 130 nasabah, sampelnya berjumlah 60 dan teknik samplingnya menngunakan teknik cluster proporsional random sampling.

Adapun metode pengumpulan data yang digunakan metode adalah kuesioner dan dokumentasi.

Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana satu prediktor.

 

E. Kesimpulan

“Ada pengaruh kredit bagi hasil BTM Surya Mentari terhadap peningkatan pendapatan pedagang kecil di Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan”. Adapun kontribusi kredit bagi hasil terhadap peningkatan pendapatan adalah sebesar 18,2 % sedangkan sisanya sebesar 81,8 % dimungkinkan berasal dari pengaruh variabel kesempatan kerja yang tersedia, kecakapan dan keahlian, motivasi kerja dan keuletan bekerja.”

 

Contoh Tesis Ekonomi

  1. Pengaruh Kredit Bagi Hasil BTM Surya Mentari terhadap Peningkatan Pendapatan Pedagang Kecil
  2. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Semangat Kerja Pegawai terhadap Kepuasan Masyarakat yang dilayani
  3. Pengaruh Modal Kerja dan Perputaran Modal Kerja terhadap Return On Equity pada Perusahaan
  4. Pengaruh Modal Kerja dan Satuan Jam Kerja terhadap Pendapatan pada Industri Kecil Pengrajin Genting
  5. Pengaruh Modal Terhadap Peningkatan Perolehan SHU Anggota pada KPRI ‘Al Ikhlas’ Man 1 Semarang
  6. Pengaruh Motivasi Mengajar terhadap Persepsi Guru Mengenai Implementasi Muatan Lokal Ekonomi
  7. Pengaruh Motivasi, Dukungan Orang Tua dan Asal Sekolah terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran
  8. Pengaruh Partisipasi Anggota Koperasi terhadap Sisa Hasil Usaha di Koperasi
  9. Pengaruh Pemberian Kredit Produksi terhadap Pendapatan Anggota Koperasi
  10. Pengaruh Persepsi Nasabah tentang Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah pada BMT
Incoming search terms:

Leave a Reply