HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Akutansi: Evaluasi Penerapan Penentuan Tarif Jasa Sewa Kamar Hotel

Judul Tesis : Evaluasi Penerapan Penentuan Tarif Jasa Sewa Kamar Hotel dengan Metode Cost – Plus Pricing pada Hotel Sahid Jaya Solo Tahun 2008

 

A. Latar Belakang

Penentuan tarif sewa kamar ini dilakukan agar manajemen hotel dapat mengetahui seberapa besar tarif yang akan ditentukan dengan menghitung dari semua departemen – departemen yang ada sehingga, dapat dihasilkan tarif yang tepat dan sesuai dengan setiap tipe kamar yang tersedia. Harga jual yang kompetitif merupakan faktor yang strategis karena jika harga yang ditawarkan terlalu tinggi maka hotel akan mengalami kesulitan dalam memasarkan produknya. Di sisi lain, bila harga ditentukan terlalu rendah maka hotel akan mengalami kesulitan dalam menutup biaya operasionalnya dan sekaligus tidak dapat memberikan imbal hasil (return) yang diharapkan.

Penentuan tarif sewa kamar pada hotel merupakan salah satu tugas manajemen hotel, Dengan adanya tarif tersebut maka, manajemen hotel dapat menentukan tarif yang tepat dan sesuai dengan setiap tipe kamar yang tersedia dan dapat bersaing dengan hotel – hotel lainya dengan tarif yang kompetitif. Hotel Sahid Jaya Solo yang sekarang ini merupakan salah satu hotel berbintang lima di kota Solo juga harus bersaing ketat dalam menentukan tarif sewa kamar dengan hotel hotel yang lain. Penentuan tarif sewa kamar pada Hotel Sahid Jaya Solo ini masih belum tepat dan sesuai dengan tingkat tipe tiap kamar yang tersedia karena penentuan tarif yang digunakan hanya berdasarkan perhitungan biaya operasional per unit dan tarif hanya ditentukan dari para pesaing. Penetapan seperti ini belum tepat karena biaya operasional setiap hotel berbeda satu dengan yang lainnya. Maka, penulis ingin mencoba menerapkan penentuan tarif jasa sewa kamar hotel dengan metode cost – plus pricing yang juga sering disebut metode harga normal pada Hotel Sahid Jaya Solo pada tahun 2008.

 

B. Rumusan Masalah

Bagaimana penerapan penentuan tarif jasa sewa kamar hotel dengan metode cost – plus pricing pada Hotel Sahid Jaya Solo pada tahun 2008 ?

 

B. Landasan Teori

Pengertian Hotel

Secara harfiah, kata Hotel dulunya berasal dari kata HOSPITIUM (bahasa Latin), artinya ruang tamu. Dalam jangka waktu lama kata hospitium mengalami proses perubahan pengertian dan untuk membedakan antara Guest House dengan Mansion House (rumah besar) yang berkembang pada saat itu, maka rumah-rumah besar disebut dengan HOSTEL.

Pengertian Biaya

Mulyadi (1990:7) mengemukakan biaya adalah pengorbanan sumber ekonomi, yang diukur dalam satuan uang, yang telah terjadi atau yang kemungkinan akan terjadi untuk tujuan tertentu. Simamora (1999 : 36) mengungkapkan biaya adalah kas atau nilai setara kas yang dikeluarkan untuk barang atau jasa yang diharapkan memberikan manfaat pada saat ini atau di masa mendatang bagi organisasi.

Pengertian Tarif

Tarif merupakan elemen penting dalam usaha jasa sewa kamar pada bisnis perhotelan ini. Hotel Sahid Jaya Solo menerapkan sisitem akuntansi cash basis. Sedangkan dalam pencatatan akuntansi fokus pada semua kegiatan transaksi keuangan yang mangakibatkan terjadinya perubahan pada harta, utang, modal serta pada pendapatan dan beban. Hasil laporan keuangan terdiri dari neraca, laporan sisa hasil usaha serta catatan – catatan yang diperlukan untuk mendukung angka – angka pada laporan keuangan.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian dilakukan di lingkungan Hotel Sahid Jaya Jalan Gajah Mada No. 82 Solo 57132, Jawa Tengah Indonesia, telepon (0271) 644144 / fax (0271) 644133.

Data Primer adalah data yang diperoleh secara langsung dari lokasi / objek penelitian.

Data yang diperoleh penulis secara langsung dan tidak langsung dari perusahaan.

Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.

 

E. Kesimpulan Tesis

Hotel Sahid Jaya Solo merupakan salah satu hotel berbintang lima di Kota Solo yang memberikan berbagai fasilitas – fasilitas dan pelayanan yang terbaik, yang membuat para pelanggan merasa puas dan nyaman bila berada di Hotel Sahid Jaya Solo. Hotel Sahid Jaya Solo merupakan anak cabang dari Hotel Sahid Group yang sudah mempunyai anak cabang hingga di seluruh kota – kota besar di Indonesia bahkan hingga di Luar negeri yang terletak di Mekkah dan Medinah, sehingga tidak dapat diragukan bahwa fasilitas dan pelayanannya sudah sangat profesional. Struktur organisasinya juga sudah terstruktur jelas dengan pembagian tugas yang sudah tersistem tegas pula. Secara umum, penetapan penentuan tarif sewa kamar pada Hotel Sahid Jaya Solo tahun 2008 sudah tepat dan sesuai dengan biaya operasional tiap tipe kamar, meskipun masih menentukan dengan hanya membandingkan pada tarif pesaing tidak berdasarkan pada tarif tiap tipe kamar tersebut. Akan tetapi apabila menggunakan metode cost – plus pricing temuan yang dipeoleh bahwa pada perhitungan dengan menggunakan metode full costing, ditemukan selisih kurang yang cukup signifikan antara tarif usulan yang diperoleh dengan tarif hotel sesungguhnya.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Penerapan Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor Per66/ Pb/2005 Pada Prosedur Pencairan Dana Di Kppn Surakarta (Studi Kasus Pada Pencairan Dana Up, Tup, Dan Gup)
  2. Evaluasi Penerapan Penentuan Tarif Jasa Sewa Kamar Hotel Dengan Metode Cost
  3. Meminimalkan Kredit Bermasalah Melalui Fungsi Analis Kredit Sebagai Salah Satu Fungsi Pengendalian Intern (Studi Kasus Pada Pt. Xxx Finance Indonesia, Tbk Cabang Solo)
  4. Relevansi Nilai Laba dan Arus Kas Studi Siklus Hidup Perusahaan (Mode Cash Flow Patterns)
  5. Reaksi Pasar Terhadap Pengumuman Stock Split Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

 

Leave a Reply