HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Akuntansi : Sistem Akuntasi Penjualan pd Minimarket Primer Koperasi

Judul Tesis : Sistem Akuntasi Penjualan pada Minimarket Primer Koperasi Polwiltabes Semarang

A. Latar Belakang

Dalam meningkatkan kesejahteraan anggota, koperasi tidak hanya dituntut mempromosikan usaha-usaha ekonomi anggota, tetapi juga mengembangkan sumber daya anggota melalui pendidikan dan pelatihan khusus yang dilaksanakan secara terus menerus dan berkelanjutan sehingga anggota semakin professional dan mampu mengikuti perkembangan bidang usahanya. Sebagai penggerak ekonomi rakyat dan soko guru perekonomian nasional, pemerintah sangat berkepentingan terhadap keberhasilan koperasi.

Oleh karena itu, pemerintah berperan dal memberikan pembinaan, perlindungan dan peluang usaha pada koperasi. Dalam pelaksanakan pembinaan, perlindungan dan peluang usaha tersebut koperasi perlu berpedoman pada ketentuan-ketentuan yang ditetapkan pemerintah. Ketentuan-ketentuan tersebut juga berpengaruh terhadap perlakuan akuntansi pada koperasi. ( PSAK 2002:27.2 )

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagian –bagian yang terkait dalam sistem akuntansi penjualan
  2. Dokumen yang digunakan dalam sistem akuntansi penjualan
  3. Catatan akuntansi yang digunakan dalam sistem akuntansi penjualan

 

C. Landasan Teori

Pengertian Akuntansi Penjualan

Akuntansi penjualan merupakan proses mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan informasi-informasi keuangan secara chonologis dan sistematis, beserta penyusunan laporan keuangan dan analisisnya dalam penjualan barang dagangan sebagai usaha pokok perusahaan yang dilakukan secara teratur.

Dokumen yang Digunakan dalam Sistem Akuntansi Penjualan

Formulir atau dokumen merupakan media untuk merekam suatu transaksi keuangan yang terjadi, maka akan berfungsi sebagai bukti adanya transaksi. Dari pengertian diatas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa formulir juga merupakan dokumen. Dokumen juga merupakan blangko yang digunakan untuk melaksanakan catatan dari suatu transaksi. Misalnya untuk mencatat dalam jurnal atau memosting kedalam buku besar.

Jurnal Penjualan

Jurnal penjualan yang digunakan oleh fungsi akuntansi untuk mencatat dan meringkas data penjualan dan jika manejemen memerlukan informasi penjualan selama jangka waktu tertentu, dalam jurnal ini disediakan satu kolom untuk setiap jenis produk untuk meringkasnya.

 

D. Metode Penelitian

Dalam penyusunan Tugas Akhir ini, lokasi penelitian yang dipilih adalah di PRIMER KOPERASI POLWILTABES SEMARANG tepatnya di jalan Kali Garang I.A.

Objek kajian yang ditiliti adalah Sistem Akuntansi.

Penjualan pada Minimarket Primer Koperasi polwiltabes Semarang.

Metode ini akan dapat menunjang kelengkapan data.

Wawancara adalah teknik pengumpulan data dimana peneliti mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang segala sesuatu kepada informan.

Observasi dilakukan penulis dengan mengamati secara langsung kegiatan penjualan di perusahaan.

 

E. Kesimpulan Tesis

  1. Dalam Sistem Akuntansi Penjualan tunai maupun penjualan kredit, bagian yang terkait pada Primkop Polwiltabes Semarang pada dasarnya telah melaksanakan tugas dan tanggung jawab masing-masing sesuai dengan tugasnya, namun didalamnya masih terdapat kekurangan yaitu belum adanya bagian pengiriman yang menangani pengiriman barang apabila pembelian barangnya dengan jumlah yang besar.
  2. Pada setiap kegiatan transaksi dokumen yang digunakan pada Primkoppol dalam sistem akuntansi penjualan tunai maupaun penjualan kredit sudah sesuai dengan prosedur yang ada dan pengerjaannya sudah berjalan dengan lancar sesuai dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing bagian yang bersangkutan. Adapun dalam pembuatan dokumen penjualan tunai masih ada kekurangan untuk dijadikan bukti dalam transaksi penjualan. Sedangkan pada dokumen penjualan kredit juga masih terdapat kelemahan dalam pembuatan faktur dan kwitansi yang tidak terdapat nomor urut yang tercetak dan bentuknya masih terlalu biasa.
  3. Pencatatan akuntansi penjualan pada Primkoppol sudah sesuai dengan teori dan prosedur yang ada, walaupun bila dibandingkan dengan teori catatan akuntasi penjualan pada Primkoppol masih dibilang sederhana atau biasa, urutannya tidak berbelit-belit, sehingga memperlancar jalannya proses penjualan. Namun masih ada kelemahan yang perlu dibenahi yaitu masih ada perangkapan dalam pencatatan penjualan pada bagian akuntansi yang merangkap tugasnya dalam membukukan kas harian yang mempunyai fungsi ganda yaitu sebagai pencatatan penerimaan kas dan sebagai pencatatan pengeluaran kas yang dapat mengakibatkan kesalahan atau kecurangan dalam pencatatan transaksi penjualan.

 

Contoh Tesis Akuntansi

  1. Sistem Akuntansi Pembelian Barang Dagangan pada Koperasi Karyawan RS Telogorejo Semarang
  2. Sistem Akuntansi Penerimaan Kas pada Pada BPR Blora Kota Cabang Jepon
  3. Sistem Akuntansi Penggajian Pada PT Sinabro Java Garment Bawen Kabupaten Semarang
  4. Sistem Akuntansi Penjualan Pada Minimarket Primer Koperasi Polwiltabes Semarang
  5. Sistem Pemberian Kredit Pada PT BPR Mekar Bunga Nugraha Klepu

 

 

Leave a Reply

×
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?