HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Teori Lengkap tentang Sistem Informasi Penjualan/Pemasaran menurut Para Ahli dan Contoh Sistem Informasi Penjualan/Pemasaran

Gambaran dari Sistem Informasi Penjualan/Pemasaran

Definisi Sistem Informasi Penjualan

Sistem informasi pemasaran merupakan sistem yang memanajemen perusahaan terutama dalam menyelesaikan bagian pemasaran perusahaan secara terkomputerisasi. Selain itu sistem yang menyediakan informasi untuk penjualan, promosi penjualan, kegiatan-kegiatan pemasaran, kegiatan-kegiatan penelitian pasar dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pemasaran.

Teori Lengkap tentang Sistem Informasi Penjualan/Pemasaran  menurut Para Ahli dan Contoh Sistem Informasi Penjualan/Pemasaran

 

 

Sistem Informasi Penjualan adalah sub sistem informasi bisnis yang mencakup kumpulan prosedure yang melaksanakan, mencatat, mengkalkulasi, membuat dokumen dan informasi penjualan untuk keperluan manajemen dan bagian lain yang berkepentingan, mulai dari diterimanya order penjualan sampai mencatat timbulnya Tagihan/Piutang Dagang.

Input Sistem Penjualan

  • Order konsumen. Order yang dikirim oleh konsumen.
  • Order penjualan. Sarana untuk merekam order konsumen yang dibuat oleh perusahaan.
  • Order acknowledgment. Rangkap dari order penjualan yang dikirim ke konsumen untuk memberi tahu konsumen bahwa ordernya telah diterima.
  • Picking list. Rangkap dari order penjualan yang dikirim ke bagian gudang sebagai sara untuk menyiapkan barang yang dipesan.
  • Packing slip. Rangkap dari order penjualan yang disertakan dengan paket barang yang akan dikirim ke konsumen.
  • Billing of ladding. Sarana untuk meminta agen transportasi (kurir) untuk mengirimkan barang perusahaan ke konsumen.
  • Shipping notice. Rangkap dari order penjualan atau dokumen lain yang berfungsi sebagai bukti bahwa barang memang telah dikirimkan.
  • Sales invoice. Faktur penjualan dikirimkan ke konsumen untuk menagih penjualan.
  • Remittance advice. Dokumen yang menunjukkan jumlah kas yang diterima dari konsumen.
  • Deposit slip. Slip setoran di bank.
  • Back order. Dokumen yang dibuat pada saat jumlah persediaan tidak dapat memenuhi permintaan pesanan dari konsumen.
  • Memo kredit. Dokumen yang berfungsi sebagai bukti kredit atas piutang konsumen, akibat retur penjualan.
  • Aplikasi kredit. Formulir untuk merekam data dan informasi konsumen baru yang hendak mengajukan kredit.
  • Salesperson call report. Formulir yang digunakan untuk merekam telpon yang dilakukan salesman untuk memprospek konsumen.
  • Deliquent notice. Dokumen dikirimkan ke konsumen yang piutangnya telah lewat tanggal jatuh tempo.
  • Write Off Notice. Dokumen yang dibuat oleh manajer kredit pada saat sebuah piutang sudah benar-benar macet.
  • Cash register receipt. Formulir yang digunakan oleh toko pengecer untuk merekam kas yang diterima.

Output Penjualan

  • Order konsumen yang belum terpenuhi.
  • Jurnal penjualan (daftar faktur penjualan, urut nomor faktur).
  • Daftar pengiriman barang urut per tanggal kirim.
  • Jurnal penerimaan kas.
  • Daftar memo kredit.
  • Daftar umur piutang.

Teori-teori dari gambar Sistem Informasi Penjualan/Pemasaran

Model Pemasaran

Model digunakan untuk menghasilkan informasi yang relevan yang sesuai dengan kebutuhan pemakai sistemnya.

Teori Lengkap tentang Sistem Informasi Penjualan/Pemasaran  menurut Para Ahli dan Contoh Sistem Informasi Penjualan/Pemasaran

 

Sistem informasi pemasaran yang mengelola informasi perusahaan memegang peranan penting untuk masa depan perusahaan tersebut. oleh karena itu perusahaan harus menggunakan sistem informasi yang baik, tujuannya tak lain adalah agar perusahaan tersebut dapat mengontrol bagaimana perkembangan berbagai bidang di perusahaan tersebut dengan baik terutama untuk sektor pemasaran.

Keuntungan dari sistem informasi pemasaran

  • Perusahaan dapat memproses setiap informasi yang ada pada perusahaan tersebut.
  • Memudahkan manajemen waktu.
  • Perusahaan akan lebih sigap dengan kekeliruan data yang ada.
  • Perusahaan dapat mengontrol perkembangan bisnis.
  • Sistem informasi perusahaan akan menghindari kesalah fatal yang disebabkan oleh manusia.

Contoh Tesis yang membahas tentang Sistem Informasi Penjualan/Pemasaran

Contoh Tesis 1 : Sistem Informasi Penjualan Berbasis  E-Commerce  dengan Php dan  Mysql  Pada Euro Sport Madiun

Tujuan penelitian ini adalah merancang sebuah sistem informasi berbasis e-commerce pada Euro Sport untuk membantu dan meningkatkan penjualan agar dapat melakukan pemesanan secara online dan memberikan informasi produk terbaru yang dijual kepada pelanggan melalui halaman website. Metode penelitian dilakukan dengan dua metode yakni, metode analisis data dan perancangan sistem informasi. Metode analisis data dilakukan dalam menemukan informasi yang dibutuhkan dengan kegiatan penelitian, analisis terhadap temuan dari penelitian, studi pustaka dan identifikasi persyaratan sistem. Metode perancangan sistem informasi digunakan dalam penilaian mengenai masalah dalam analisis data, metode ini berupa rancangan database, pembuatan struktur menu, pembuatan spesifikasi database dan pembuatan tampilan layar. Hasil yang dicapai bahwa sistem e-commerce membutuhkan sistem penjualan yang berbasis website e-commerce, dengan adanya website e-commerce ini diharapkan dapat mempermudah baik bagi pihak Euro Sport dalam mengelola transaksi penjualan  produk maupun pelanggan dalam melakukan pemesanan produk dengan memanfaatkan media internet  sehingga dapat bekerja secara efektif dan efisien sehingga target penjualan dapat berkembang. Kesimpulan yang dapat diambil adalah internet merupakan sebuah media yang dapat membantu dan mendukung dalam pengembangan bisnis.

 

Contoh Tesis 2 : Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pemasaran Berbasis Web Pada Toko Billy Program Studi Magister Sistem Informasi STIKOM

Saat ini pemasaran yang ada pada Toko Billy dilakukan secara manual yaitu melaluin telpon, sms dan datang langsung ke rumah kepelanggan untuk menawarkan produk/barang yang ditawarkan, sehingga dapat menghemat waktu (pemasaran 24jam) dan mengurangin biaya sehingga dapat menambah omset pendapatan toko billy. Adapun tujuan penelitian ini penulis Menganalisis serta merancang sistem informasi pemasaran berbasis web pada Toko Billy untuk meningkatkan pemasaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode prototype sesuai judul yang diambil yaitu analisis dan perancangan sistem informasi pemasaran pada toko Billy. Sistem pemasaran berbasis web / Online adalah salah satu fasilitas layanan pemasaran yang harus digunakan secara terus menerus oleh pihak Toko agar tercapainya pemasaran produk yang baik, sesuai kemajuan teknologi informasi, dimana user dapat mengetahui informasi pemasaran secara langsung tentang produk yang dipasarkan toko tersebut. Untuk peneliti selanjutnya disarankan menambah jumlah link, gambar produk pemasaran untuk menarik pengunjung dan menggunakan jasa advertising marketing.

 

Contoh Tesis 3 : Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Emas pada PT. Pegadaian Cabang Mall Kapuk Jambi

PT Pegadaian Cabang Mall Kapuk Jambi belum memiliki teknologi sistem informasi penjualan emas yang berbasiskan website untuk mempermudah dalam pengolahan data produk, pemasaran dan transaksi online. Dalam melakukan promosi pemasaran dan penyampaian informasi berupa surat, telepon, sms dan brosur. Untuk mengetahui informasi harga emas, proses pendaftaran pengisian formulir pembelian emas, dan pembayaran baik secara tunai maupun angsuran kredit masih secara manual yaitu nasabah datang secara langsung. Maka penulis bertujuan untuk menganalisa dan merancangan sistem informasi penjualan emas dengan menerapkan sistem informasi penjualan berbasis web diharapkan dapat memperluas daerah pemasaran serta meningkatkan penjualan, Kerangka kerja penelitian ini terdiri dari studi literatur, pengumpulan data, analisis data, pengembangan sistem, dan pembuatan laporan. Metode pengembangan sistem penulis melakukan rancangan use case, activity diagram, class diagram serta model waterfall dan prototype sistem yang mengacu pada bidang ilmu rekayasa perangkat lunak (RPL). Sistem informasi penjualan ini dapat mengelola data produk emas dengan baik agar mengefektifkan dan mengefisiensikan kinerja dan mempercepat waktu serta meminimalisasi tingkat kesalahan saat memasukkan data.Penulis juga mengharapkan sistem ini adanya pengembangan lagi dan petugas yang dapat bertangung jawab dalam mengoperasikan sistem untuk mencegah fraud.

 

Contoh Tesis 4 : Sistem Informasi Penjualan Berbasis Website pada Toko Meta Online

E-commerce merupakan suatu kontak trasaksi perdagangan antara penjual dan pembeli dengan menggunakan media internet. Keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan transaksi melalui e-commerce adalah untuk meningkatkan pendapatan dengan mengunakan penjualan online yang biayanya lebih murah dan juga sekaligus biaya-biaya operasional seperti kertas, pencetakan katalog. Adapun sistem yang digunakan adalah PHP,MYSQL,XAMPP yang berbasis CMS (Content Management System). Pada skripsi ini akan dibahas tentang informasi penjualan berbasis web atau e-commerce yaitu bagaimana proses pemesanan produk yang diinginkan oleh konsumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa perancangan sistem informasi penjualan dan pemesanan berbasis web dapat membantu konsumen dalam mengakses informasi mengenai produk yang dijual dan dalam melakukan pemesanan dalam mengakses informasi mengenai produk yang dijual dan dalam melakukan pemesanan produk, mengimplementasikan sistem informasi yang meliputi implementasi perangkat lunak, perangkat keras, basis data serta antarmuka dari aplikasi yang dihasilkan.

 

Contoh Tesis 5 : Rancang Bangun Sistem Informasi Pemasaran dan Penjualan Televisi Berbasis Web Pada Toko Podomoro

Sistem penjualan pada Toko Podomoro masih menggunakan sistem yang sederhana, pencatatan dan pengolahan data penjualan masih dilakukan secara konvensional. Hal ini dapat dikatakan kurang efektif dan efisien, dikarenakan sulit untuk mencatat dan menghitung banyaknya jenis barang yang ada, banyaknya jumlah barang, maupun besarnya jumlah harga, serta untuk pencarian data barang memerlukan waktu yang cukup lama, dan tidak adanya backup data sehingga jika terjadi kehilangan, maka seluruh informasi yang ada tidak dapat diketahui dengan jelas dan rinci. Toko Podomoro merupakan sebuah badan usaha yang bergerak di bidang penjualan barang elektronik yang beralamat di Ruko Villa Nusa Indah V Ciangsana Bogor. Pada penulisan ini, penulis mencoba membuat sistem penjualan barang yang diperuntukan untuk toko Podomoro yang diharapkan dapat membantu memperluas pemasaran produk dan pelayanan terhadap pelanggan dari Toko Podomoro. Sistem pemasaran dan penjualan berbasis web ini dibuat dengan bahasa pemrograman PHP. dilengkapi dengan perancangan database, relasi antar table, dan struktur table, untuk membuat rancangan sistemnya menggunakan menggunakan UML (unified modeling language). Sistem yang dibuat secara user friendly dapat membantu pihak perusahaan dalam mengolah data yang ada secara lebih cepat dan efisien.

 

Contoh Tesis 6 : Analisis Desain Sistem Informasi Penjualan dan Manajemen Data Pembayaran Berbasis Online (Studi Kasus pada Amazon.com)

Kemunculan internet dan world wide web sebagai dasar berkembangnya perdagangan elektronik atau electronic commerce telah menimbulkan permasalahan yang cukup pelik bagi seorang akuntan dalam menjalankan penugasannya. Dalam lingkungan perdagangan yang sudah memanfaatkan jaringan komputer, baik dalam kapasitasnya sebagai intranet, extranet, maupun internet, sistem pengendalian internal menjadi semakin rumit. Beberapa isu seperti keamanan dan keaslian transaksi yang dulunya nampak sederhana dalam lingkungan yang tidak berbasis komputer, sekarang menjadi sangat kompleks.

Dalam electronic commerce, isu-isu tersebut dikenal dengan istilah confidentiality, integrity, authenticity, non-repudiation dan sebagainya. Kekompleksan ini dikarenakan hal-hal tersebut tidak bisa lagi dilihat hanya dari disiplin akuntansi atau bisnis semata, tetapi juga mengarah dan melibatkan pemahaman permasalah teknis yang menginjak disiplin ilmu di luar akuntansi. Hal ini tidak jarang menimbulkan kegagapan akuntan dalam menghadapi masalah-masalah pengendalian internal dalam lingkungan sistem akuntansi berbasis komputer, apalagi jika bisnis telah memanfaatkan jaringan komputer dalam melakukan aktifitas utama dan aktifitas pendukung administratif akuntansinya. Artikel ini akan membahas materi-materi yang terkait dengan isuisu baru diseputar pengendalian internal, implikasi e-commerce terhadap pengendalian internal dan peluang yang dimiliki oleh akuntan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu sistem showroom virtual pada suatu showroom mobil sehingga dapat dilakukan pemasaran dan penjualan mobil disertai dengan informasi pembayaran customernya melalui Web.

Sistem dikembangkan berdasarkan kebutuhan pengguna terhadap sistem dan prosedur penjualan pada showroom tersebut saat ini. Dari hasil tersebut, dilakukan analisis, desain, dan implementasi sistem yang dibutuhkan. Uji coba terhadap sistem yang dibuat menunjukkan bahwa sistem yang dibuat sudah memiliki seluruh fasilitas yang dibutuhkan pengguna sistem.

 

Contoh Tesis 7 : Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Perlengkapan Bayi Berbasis Web Pada Toko Rizquna Baby Shop Madiun

Perkembangan teknologi informasi sekarang ini telah berkembang pesat, hampir semua bidang aplikasi bisnis telah memakai dan mengembangkan sistem informasi dengan sedemikian rupa sehingga mampu memajukan dan mengembangkan usaha dengan sangat baik.

Dengan kemajuan teknologi informasi saat ini banyak mendorong manusia untuk menciptakan inovasi-inovasi baru untuk membantu dalam mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah.

Rizquna Baby Shop adalah toko yang bergerak dibidang pemasaran yaitu penjualan barang perlengkapan bayi. Dalam pemasaran dan penjualan produkproduknya, Rizquna Baby Shop masih kurang maksimal. Hal ini dikarenakan produk-produk Rizquna Baby Shop masih kurang dikenal oleh masyarakat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan membangun suatu sistem berbasis online agar pemasaran dan penjualan produk-produk di Rizquna Baby Shop bekerja secara maksimal dan dapat mempermudah masyarakat dalam mendapatkan informasi.

 

Contoh Tesis 8 : SIStem Informasi Penjualan Arloji Berbasis Web Pada CV.SINAR TERANG SEMARANG

Perkembangan dunia internet sangat diharapkan untuk masa sekarang ini karena semakin banyak perusahaan swasta, instansi dan institusi pendidikan sangatlah tinggi akan kebutuhannya untuk dijadikan layanan informasi. Dalam penelitian ini akan mencoba membuat Sistem Informasi Penjualan Arloji Berbasis Web yang beralamatkan di Toko Sinar Terang-Semarang saat ini masih menggunakan sistem penjualan secara manual. Diantara faktor yang terkait dari sistem manual tersebuat adalah kurangnya informasi secara luas, sistem analisis penjualan yang kurang efisien dan beberapa faktor lainnya.

Metode yang digunakan dalam perancangan dan pembuatan perangkat lunak ini adalah metode Waterfall, bahasa pemrograman yang digunakan sebagai server-side scripting adalah PHP 5.2.2, HTML, dan Flash MX sebagai efek multimedia. Cascading Style Sheet (CSS) sebagai representasi content, Macromedia Dreamweaver MX, database MySQL sebagai penyimpanan data.

Penelitian ini akan menghasilkan suatu Sistem Informasi Penjualan Arloji Berbasis Web pada CV.Sinar Terang–Semarang yang memiliki interface sesuai sehingga dapat memberikan informasi secara luas dan bisa mempermudah proses transaksi penjualan arloji secara praktis.

 

Contoh Tesis 9 : Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Studi Kasus Tokoku

E-commerce merupakan salah satu dari perkembangan teknologi dan internet. Yaitu sebuah layanan internet yang dimanfaatkan untuk jual-beli secara online. E-commerce atau Perdagangan elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Dalam penelitian ini yang dipergunakan oleh penulis adalah data primer dan data sekunder. Jenis penelitian yang digunakan dalam proses penulisan ini adalah studi kasus yang dilakukan dengan mempelajari kasus penerapan suatu aktivitas di lapangan, mengamati dan melakukan wawancara kepada pihak-pihak yang terkait. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yakni dengan cara melakukan penelitian studi kasus yang menganalisis bagaimana Tokoku dapat menjual produknya kepada customer. Dengan adanya sistem informasi penjualan online ini dapat membantu Tokoku untuk meningkatkan penjualannya.

 

Contoh Tesis 10 : Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjualanberbasiskan Web Pada PT. DAIRYFOOD INTERNUSA

Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan mengembangkan sistem penjualan online yang bersifat aweb-base dan memberikan berbagai informasi mengenai PT. Dairyfood Internusa. Metode yang diterapkan meliputi analisis dan desain. Sistem ini dirancang berdasarkan web sehingga pelanggan IT Dairyfood Internusa dapat. Ajarkan informasi perusahaan kapan saja. Menggunakan aplikasi, pelanggan dapat melakukan transaksi online. Implementasi ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan perusahaan

 

Leave a Reply

×
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?