HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Administrasi Negara: Peranan Poda Sagu-Sagu Marlangan dlm Mempertahankan Kekerabatan

Judul Tesis : Peranan Poda Sagu-Sagu Marlangan dalam Mempertahankan Hubungan Kekerabatan Marga Silahi Sabungan (Studi Kasus di Silalahi Nabolak Kecamatan Silahi Sabungan Kabupaten Dairi)

 

A. Latar Belakang

Di antara marga suku bangsa Batak yang memakai nama nenek moyang itu adalah marga silahi sabungan, Silahi berarti sorang laki-laki , dan sabungan berarti petarung atau pendekar . Silahi Sabungan dapat diartikan menjadi seorang laki-laki yang pandai / siap bertarung . Silahi Sabungan memilik dua istri , istri pertamanya si pinggan matio dan mempunyai tujuh keturunan yaitu Loho Raja, Tungkir Raja, Sondi Raja, Butar Raja, Dabariba Raja, Debang Raja, Batu Raja, dan istri kedua si boru Nailing Nairasaon, dari istri kedua mempunyai satu keturunan yaitu tambun raja. Kemudian turun-temurun dari generasi kegenrasisemakin terpiah hingga menjadi beberapamarga yaitu Loho raja keturunannya menjadi Ruma Sondi, Butar Raja Keturunannya menjadi Sidabutar, Dabariba Raja keturunannya menjadi Sidabariba, Debang raja keturunannya menjadi Sidebang, Batu Raja keturunannya menjadi Pintu Batu dan TambunRaja keturunannya menjadi Tambunan.

Setiap keturunan Silahi Sabungan memakai marga tersendiri yaitu Sihaloho,Situngkir, Sondi Raja, Sidabutar Sinabutar, Sidabariba, Sidebang, Pintu Batu, dan Tambun Raja/Tambunan.marga Sidabutar yang berada di bona pasogit(Silalahi Nabolak)adalah temasuk salah satu marga keturunan dari Silahi Sabungan dan nama ini masih di gunakan,sementara marga Sidabutar yang bertempat tinggsl di luar bona pasogit memakai marga Sinabutar, hal ini di karenakan adanya kesamaan marga di Toba. Marga sidabutar bisa disebut juga Sinabutar.Kemudian kedelapan marga tersebut menjadi berkembang salah satu di antaranya adalah anak Ruma Sondi yaitu si Raja Bunga-Bunga(Parmahan)yang memakai marga Silalahi , marga Silalahi ini dapat si Raja Bunga-Bunga untuk mengingat leluhurnya yang telah lama tinggal di Balige.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apa latar belakang di buatnya Poda Sagu- Sagu Marlangan terhadap Silahi Sabungan.
  2. Apa sanksi yng diberikan jika melanggar Poda Sagu- Sagu marlangan.
  3. Bagaimana Kepatuhan keturunan Silahi Sabungan Terhadap Poda Sagu- Sagu Marlangan

 

C. Landasan Teori

Sejarah singkat desa Silalahi Nabolak

Desa Silalahi Nabolak merupakan salah satu bagian dari wilayah Kecamatan Silahi Sabungan Kabupaten Dairi. Mengenai nama Silalahi Nabolak, menurut hasil wawancara dengan raja adat Aloan Tambunan, mengatakan nama desa ini berasal dari nama nenek moyang, yaitu Silahi Sabungan. Setelah mengalami transformasi, kata Silahi Sabungan berubah menjadi desa lahir dan disempurnakan lagi menjadi Silalahi, yang digunakan sebagai nama untuk mengidentifikasikan satu kelompok masyarakat dan suatu kawasan tertentu yang merupakan wilayah kehidupan masyarakat yang bersangkutan di Dairi. Karena desa ini begitu luas namanya bertambah menjadi Silalahi Nabolak (yang luas).

Komposisi Penduduk Menurut Jenis Kelamin

Komposisi penduduk menurut jenis kelamin adalah untuk mengetahui perbandingan antara perempuan dan laki-laki. Jumlah penduduk total masyarakat Silalahi Nabolak adalah 4.919 jiwa. Untuk mengetahui jumlah penduduk laki-laki dan perempuan yang mendiami wilayah ini, maka terlebih dahulu dilakukan pengelompokan penduduk berdasarkan jenis kelamin. Dari hasil penelitian bahwa jumlah penduduk perempuan lebih besar dibandingkan dengan jumlah penduduk laki-laki.

 

Sarana Kesehatan

Kesehatan merupakan salah satu faktor penting dalam menjalani aktivitas kehidupan sehari-hari. Faktor kesehatan juga menentukan kualitas masyarakat dalam kesadaran akan kebersihan, kemauan, dan kemampuan masyarakat untuk hidup sehat. Perkembangan kesehatan diarahkan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, serta mutu dan kemudahan pelayanan kesehatan yang harus semakin terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat dan meningkatkan gizi dan pembudidayaan sikap hidup bersih dan sehat didukung dengan perumahan dan pemukiman yang banyak.

 

D. Metode Penelitian

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui penelitian lapangan (Field Research).

Populasi dalam penelitan ini adalah keseluruhan keturunan marga Silahi Sabungan Di Silalahi Nabolak Kecamatan Silahi Sabungan Kabupaten Dairi , sedangkan sampelnya, penulis mengambil sesuai dengan kebutuhan penelitian dan untuk memilih informan dilakukan secara purposive sampling kepada orang –orang yang mampu memberikan informasi misalnya tokoh adat , tokoh masyarakat dan keturunan Silahi Sabungan Di Silalahi Nabolak.Alat pengumpulan Data yang digunakan untuk memperoleh data lapangan adalah melalui wawancara dengan melakukan tanya jawab langsung dengan informan.

Dari hasil penelitian dapat di kemukakan bahwa latar belakang di buatnya Poda Sagu-Sagu Marlangan diakibatkan karena adanya perselisihan antara keturunan Silahi Sabungan dari isteri Pertama yang bernama Pinggan Matio boru Padang Batang hari (Sihaloho.Situngkir,Sondi Raja, Sidabutar/Sinabutar, Sidabariba, sidebang, dan Pintu Batu) dengan keturunan isteri kedua yang bernam nailing nairasaon (Tambun Raja), untuk itu raja Silahi Sabungan membuat suatu amanah (Poda) untuk mempersatukan semua katurunan Silahi Sabungan dimasa mendatang sampai generasi berikutnya dan menjadikan poda Sagu-Sagu Marlangan menjadi dasar pendangan hidup kekeluargaan bagi seluruh keturunan Silahi Sabungan.

 

E. Kesimpulan

Poda Sagu-sagu Marlangan adalah suatu nasehat/amanah yang mengikat hubungan tatanan kekeluargaan antara keturunan Raja Silahi Sabungan yang dilahirkan dari kedua isterinya, kedelapan putera dan puterinya Si Boru Deang Namora diatas sebuah lepat yang besar (Sagu-sagu Marlangan). Dengan poda trsebut, Raja Silahi Sabungan mengharpkan agar anak-anaknya senantiasa hidup rukun dan damai serta saling hormat-menghormati sampai kepada keturunannya sampai kegenerasi berikutnya. Dan keturunan Silahi Sabungan saling menyayangi terutama antara kerukunan dari isteri pertama dengan isteri kedua. Acara ini dilaksanakan dengan meletakkan Sagu-Sagu dalam ampang di hadapan Raja Silahi Sabungan bersama isterinya Pinggan Matio boru Padang Batanghari, kedelapan puteranya dan si Boru Deang Namora dan tempa ini dinamai Simanampang (lokasi tugu Raja Silahi Sabungan) di Silalahi Nabolak.

 

Contoh Tesis Administrasi Negara

  1. Kopi Si Galar Utang (Kehidupan Sosial Ekonomi Keluarga Petani Kopi Di Dusun Sibangun Meriah Desa Bangun Seribu Kec Silimakuta Kab Simalungun)
  2. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Studi Tentang Pelayanan STNK di Kantor Bersama Samsat Pematang Siantar)
  3. Peranan Camat alam Upaya Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan (PNPM Mandiri Pedesaan)
  4. Peranan Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kab Tapanuli Selatan dalam Mengelola Pendapatan Retribusi Pasar
  5. Peranan Kepemimpinan dalam Pemberdayaan Pegawai

 

Leave a Reply