HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Administrasi : Efektivitas Kerja Pegawai di Dinas Lalu Lintas Angkutan

Judul Tesis : Efektivitas Kerja Pegawai di Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan Kota Surakarta

 

A. Latar Belakang

Kinerja dari DLLAJ dapat terlihat dari kelancaran arus lalu lintas yang ada di wilayah kerjanya. Di wilayah Surakarta, kinerja DLLAJ Kota Surakarta dapat dilihat dari arus lalu lintas di jalan-jalan di wilayah kota Surakarta. Saat ini, kota Surakarta merupakan kota yang memiliki penduduk yang cukup padat, yang tentunya juga mempengaruhi kepadatan arus lalu lintas. Kepadatan arus lalu lintas tersebut tentunya akan mengakibatkan kelancaran arus lalu lintas menjadi terganggu. Untuk menangani masalah kelancaran arus lalu lintas yang terganggu tersebut, maka kinerja DLLAJ sangat penting. Kinerja DLLAJ yang tinggi tentunya dapat dilihat dengan lancarnya arus lalu lintas jalan.

Hasil pengamatan tentang arus lalu lintas di sebagian wilayah kota Surakarta menemukan adanya fenomena-fenomena yang menunjukkan kinerja lembaga yang kurang maksimal. Kinerja lembaga yang kurang maksimal tentunya disebabkan oleh kinerja para pegawainya yang juga tidak maksimal. Kinerja yang tidak maksimal menunjukkan bahwa efektivitas kerja pegawai juga tidak maksimal.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimanakah efektivitas kerja pegawai di DLLAJ Kota Surakarta?
  2. Apakah faktor-faktor yang menghambat efektivitas kerja pegawai di DLLAJ Surakarta?

 

C. Kajian Teori

Pengertian Efektivitas Kerja

Efektivitas kerja merupakan salah satu tujuan dari setiap pelaksanaan pekerjaan. Efektivitas kerja dapat dicapai jika pelaksanaan kerja sesuai dengan syarat-syarat yang diperlukan oleh pekerjaan tersebut. Syarat-syarat pelaksanaan kerja sudah ditetapkan dalam setiap perencanaan pekerjaan. Dengan adanya syarat-syarat tersebut, maka pembagian kerja akan lebih mudah dilakukan. Pembagian kerja tentunya terkait dengan kemampuan kerja setiap pegawai atau bagian. Dengan demikian pimpinan akan lebih mudah menyerahkan wewenangnya kepada setiap pegawai. Untuk memahami tentang efektifitas kerja, maka perlu memahami dulu tentang pengertian efektivitas kerja.

Pandangan tentang Efektivitas

Efektivitas merupakan pencapaian suatu kegiatan sesuai dengan rencana. Suatu pekerjaan dikatakan efektif apabila dapat mencapai tujuan sebagaimana yang direncanakan dengan menggunakan segala sumber daya yang telah direncanakan pula. Suatu pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang, akan menunjang pencapaian tujuan secara kelompok. Hal ini dikarenakan setiap organisasi terbagi menjadi beberapa bagian atau kelompok. Sementara itu, pencapaian tujuan kelompok akan mendukung pencapaian tujuan organisasi secara keseluruhan.

Peningkatan prestasi kerja

Menurut Anwar Prabu Mangkunegara (2004: 67) disebutkan bahwa prestasi kerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya”. Prestasi kerja merupakan hasil dari pelaksanaan pekerjaan yang dapat dilihat dari segi kuantitas maupun kualitas.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini mengambil lokasi di Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan Kota Surakarta.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari wawancara.

Sumber data diperoleh dari dokumen dan informan. Informan penelitian yaitu pimpinan dan pegawai dinas lalu lintas angkutan jalan kota surakarta dan warga masyarakat.

Analisis data dilakukan dengan teknik analisis interaktif, yang meliputi pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan.

 

E. Kesimpulan Tesis

  1. Efektivitas kerja pegawai di DLLAJ Kota Surakarta cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari:
  2. Hasil kerja dan pelaksanaannya. Pegawai DLLAJ Kota Surakarta dapat melaksanakan tugas sebagaimana rencana yang telah ditentukan. Namun efektivitas kerja pegawai belum maksimal, karena masih ada pekerjaanpekerjaan yang tidak dapat diselesaikan tepat waktu karena adanya kendala-kendala. Hasil dan pelaksanaan kerja juga dapat dilihat dari penyelesaian tugas mendadak dan kreativitas pegawai.
  3. Jumlah pegawai di DLLAJ mencukupi untuk melaksanakan tugas pekerjaan, apalagi ada peralatan canggih yang digunakan yang dapat mempercepat waktu pelaksanaan pekerjaan. Berkurangnya jumlah pegawai karena tidak masuk kerja tidak terlalu menggangu efektivitas kerja. Tanggung jawab pegawai di DLLAJ juga cukup tinggi, yang ditunjang oleh kemampuan atau skill pegawai yang sesuai dengan bidang tugasnya dan koordinasi antar bagian maupun antar unit kerja yang dapat berjalan dengan lancar.
  4. Faktor-faktor yang menghambat efektivitas kerja pegawai di DLLAJ Surakarta

Faktor-faktor yang memhambat efektivitas kerja pegawai di DLLAJ Kota Surakarta antara lain :

  1. Tingkat absensi
  2. Ketidakdisiplinan pegawai terutama dalam mengontrol formulir, salah ketik, dan kegiatan yang dilakukan dalam waktu yang bersamaan.
  3. Faktor luar seperti adanya tugas di luar tupoksi, gangguan teknis dan non teknis, gangguan sarana kerja, dan koordinasi dengan unit atau instansi lain yang tidak lancar.

 

Contoh Tesis Administrasi

  1. Efektivitas Kerja Pegawai di Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan Kota Surakarta
  2. Kinerja Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta dalam Sertifikasi Guru 2007
  3. Hubungan Gaya Kepemimpinan Demokratis Kapolres Dan Pelatihan Dengan Peningkatan Disiplin Kerja Anggota Kepolisian Resor Wonogiri
  4. Kinerja PT.PLN (Persero) UPJ Surakarta Kota dalam Memberikan Pelayanan Prima
  5. Pemberdayaan Masyarakat dalam Pemanfaatan Alokasi Dana Desa

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)